Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Nugroho Nurani Azhar

Alhamdulillah, Pameran Industri Gaya Hidup Halal Muslim Life Fair 2022 Kembali Diadakan

Gaya Hidup | Saturday, 26 Mar 2022, 20:12 WIB
Muslim Life Fair 2022 sedang berlangsung di Istora Senayan, Jakarta Selatan (dokpri)

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Tanpa terasa bulan Rajab akan segera kita lalui, dan siap menyambut bulan suci Ramadan. Tinggal hitungan hari kira-kira apa saja yang perlu dipersiapkan sahabat Muslim jelang shaum selama 30 hari nanti? Bagi yang masih bingung, penulis punya referensi yang sangat direkomendasikan khususnya untuk para pembaca setia.

Akhir pekan ini yang belum punya agenda boleh mencari kegiatan yang berfaedah satu ini. Buat kalian yang memang memiliki waktu luang dan cukup dekat dengan lokasi, bisa berkunjung ke Istora Senayan. Sebab di sana sedang berlangsung pameran yang bertajuk Muslim Life Fair 2022. Acara berlangsung selama 3 hari dari tanggal 25-27 Maret. Sama seperti di event perdananya di tahun 2019 silam, ekshibisi yang mempertemukan para pelaku industri produk halal dengan pegiat Muslim lifestyle merupakan bagian dari rangkaian kegiatan puncak Muslim Life Fest.

Muslim LifeFair 2022 menghadirkan sekitar 195 ekshibitor dari berbagai pelaku UMKM produk halal dan ekonomi syariah di Indonesia mulai dari sektor modest fashion, islamic education, hobbies and communities, islamic book & publisher, halal travel, kuliner halal aman dan sehat, beauty & pharmaceutical hingga thibbun nabawi herbal. Dengan berkembangnya tren gaya hidup halal khususnya di masa pandemi, pameran ini menjadi bangkitnya kembali geliat para pelaku UMKM untuk menunjukkan masing-masing produk halal terbaik mereka.

Khusus untuk penikmat fashion Muslimah yang ingin mencari inspirasi pakaian muslimah, tersedia banyak koleksi dari beragam merek. Contohnya seperti busana Muslimah dari Pelangi Hijab atau Khadijah Indonesia yang bisa kalian kunjungi. Kebetulan produk UMKM fesyen terletak di lantai dasar. Kalian akan disuguhkan berbagai pakaian islami seperti jilbab, gamis, khimar dan bahkan bergo yang dapat menjawab kebutuhan para muslimah akan pakaian syar’i.

Sementara bagi pengunjung yang membutuhkan informasi dan berencana mengulik agen perjalanan travel umrah atau haji, bisa mengunjungi stand Al Mutazam Travel. Brand bisnis tour dan travel yang telah mendapatkan izin resmi dari Kemenag dan telah berdiri sejak 1999 tersebut akan siap memandu dan menjawab kebutuhan para calon jamaah untuk pergi ke Tanah Suci dengan harga yang bersahabat.

Nah, yang paling penulis incar jika menghadiri pameran adalah stand makanan dan minuman. Setelah lelah berkeliling dari lantai bawah hingga atas mustahil apabila tidak merasa lapar atau ingin berwisata kuliner. Apalagi Muslim LifeFair juga diikuti oleh banyak stand kuliner mulai dari lokal hingga konsep Timur Tengah pun siap memanjakan lidah para pengunjung. Terdapat Ajwad Resto yang menyajikan kuliner Arab mulai dari kudapan hingga hidangan utama.

Stand booth Kaktusqulucu di area pameran Muslim Life Fair 2022 (dokpri)

Tidak hanya itu saja, pengunjung yang sedang menggeluti dunia pertanaman, bisa juga mampir ke stand nomor 120 yaitu KaktusQulucu, atau tanem tanamart. Bahkan yang ingin sekedar ngopi, di lantai atas juga disediakan sejumlah stand gerai kopi, dan produk kreatif home décor, seperti Putu Art Shop, Rumah Kayu Klasik, SeniKoe dan stand marketplace Muslim Life Shop.

Di balik semarak ajang pameran produk UMKM, Muslim LifeFair 2022 juga menghadirkan berbagai booth pojok pendidikan seperti pesantren dan sekolah Islam. Beberapa di antaranya adalah Al Binaa IBS Bekasi, BQ Islamic Boarding School, Mahad Aisyah Binti Abu Bakar dan Pesantren Al Andalus. Benar-benar one stop halal lifestyle fair bukan?

Event Muslim Life Fair 2022 Jadi Ajang Diperkenalkannya Layanan Urun Dana Berbasis Syariah

Foto Narasumber Press Launching LBS URUN DANA (sumber foto: Salman Faris)

Demi menyambut gairah layanan urun dana yang sedang bertumbuh sekaligus memenuhi kebutuhan para pelaku UMKM untuk dapat mengakses permodalan dengan cara yang terjamin kehalalannya, platform LBS Urun Dana turut diperkenalkan pada Muslim Life Fair 2022. Kontribusi layanan urun dana (Securities Crowdfunding) sedang mengalami pertumbuhan di Indonesia. Namun jumlah layanan urun dana yang mengusung konsep halal di Indonesia masih terbilang sedikit. Padahal sebagai negara dengan mayoritas penduduk muslim terbesar di dunia, konsep urun dana dengan cara yang halal dan tanpa riba amat sangat dibutuhkan di Indonesia.

Dengan mengusung tema “Investasi yang Bikin Nyaman” di sini para pemodal dari LBS Urun Dana tidak perlu mengkhawatirkan hal yang aneh-aneh karena layanan ini memiliki 3 faktor nyaman, yakni terdaftar dan diawasi oleh OJK; didukung oleh tenaga profesional berpengalaman lebih dari 15 tahun di bidangnya; serta langsung dibimbing, dibina dan diawasi secara ketat oleh Ustadz DR. Erwandi Tarmizi, M.A yang juga merupakan founder LBS Urun Dana sekaligus menjadi Ketua Dewan Komite Persetujuan Penerbit sehingga pasti lebih terjamin kehalalannya.

Perbedaan dengan layanan urun dana pada umumnya, LBS Urun Dana mendukung gaya hidup halal yang sedang menjadi tren pada masyarakat Indonesia demi mencari keberkahan dunia dan akhirat. Dengan mengusung prinsip dan kaidah Islam, LBS Urun Dana siap menjadi solusi bagi kaum muslimin untuk dapat mengembangkan harta yang dimiliki dengan cara yang 100% halal, tanpa Riba, Ghoror dan Dzhalim.

Berbagai kegiatan menarik yang diselenggarakan oleh Muslim Life Fair 2022. Selain menyelenggarakan launching Jum’at kemarin platform LBS Urun Dana juga mengadakan talkshow yang diisi oleh Ustadz DR Erwandi Tamizi, MA Hafidhohullahuta’ala, yang mengangkat topik tentang konsultasi bisnis bagi calon Penerbit serta konsultasi investment planning kepada calon Pemodal.

Bagi UMKM yang sedang membutuhkan modal, terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi. Syarat utamanya selain omset minimal Rp 1 Miliar per tahunnya secara riwayat usaha, setidaknya bisnis ini sendiri harus sudah berjalan minimal 1-2 tahun dan memiliki minimal 3 outlet di seluruh Indonesia untuk bisnis offline. Sementara itu, syarat pelengkap lainnya adalah UMKM wajib memiliki pencatatan Laporan Keuangan yang memenuhi standar akuntansi umum, karakter founder/Owner bisnis yang kuat dan berpengalaman di bidangnya serta memiliki landasan project berupa kontrak, invoice/PO dari pemerintah/BUMN/BUMD/Korporasi untuk skema obligasi/sukuk. Sementara bagi usaha yang memiliki tren penjualan dan kinerja meningkat di masa pandemi Covid-19 menjadi nilai tambah.

Bagi pelaku usaha yang ingin mendapatkan pemodalan untuk pertama kalinya, caranya mudah sekali. Cukup mendaftar dan membuka situs web https://www.LBS.id dan submit segala dokumen yang menjadi prasyarat dibutuhkan, maka pelaku usaha sudah berpeluang mendapatkan permodalan. Sementara bagi para investor, proses awalnya juga sama. Cukup membuka akun di halaman situs web LBS Urun Dana, maka pendaftar juga berpeluang jadi investor dan dapat memilih UKM yang telah terdaftar di platform untuk didanai.

Bagaimana? Sudah tepat rasanya jika Muslim Life Fair menjadi rekomendasi acara yang tepat untuk dihadiri bagi sahabat Muslim di akhir pekan dan pegiat produk halal jelang Ramadan. Harga tiket masuknya (HTM) untuk Muslim Life Fair 2022 terjangkau, hanya cukup merogoh kocek Rp20 ribu saja per orang. Namun sebagai sponsor utama, Hijrah Bank memberikan tiket gratis kepada para pengunjung secara terbatas terutama yang telah menjadi nasabah.

Melalui pameran ini, besar sekali harapan #KitaBersama untuk membangkitkan kembali geliat UMKM khususnya para pelaku usaha Muslim untuk terus tumbuh dan berkembang. Walaupun belanja online sudah menjadi tren, namun nyatanya pameran offline yang mempertemukan secara fisik antara penjual dan pembeli masih tetap digemari. Hal ini tetap diperlukan untuk melengkapi kebutuhan pasar dengan menjamurnya e-commerce di era digitalisasi.

Wassalam.

Salam literasi,

@nugroho.nazhar

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image