Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Endar Julian

APD Proyek Konstruksi yang Wajib Dikenakan Pekerja Proyek

Info Terkini | Thursday, 24 Mar 2022, 09:56 WIB
Sumber gambar: Pexels.com/Tima Miroshnichenko - Diedit oleh Endar Julian

Lokasi proyek konstruksi adalah salah satu tempat kerja yang memiliki resiko kecelakaan tinggi. Sejumlah kecelakaan fatal seperti terkena benda tajam, kejatuhan material hingga kontak dengan panas dapat terjadi di area konstruksi. Untuk itulah, semua pekerja konstruksi diwajibkan untuk menggunakan APD proyek konstruksi ketika menjalankan pekerjaannya.

Namun apa saja sebenarnya APD Proyek yang wajib dikenakan oleh para pekerja konstruksi?

Pada artikel kali ini, saya akan sedikit mengulas mengenai hal tersebut untuk anda. Langsung saja, simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

APD Proyek Konstruksi yang Wajib Dikenakan Para Pekerja

Melansir informasi dari halaman wika Beton, disebutkan bahwa terdapat beberapa APD proyek konstruksi yang wajib dikenakan oleh para pekerja. Adapun beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

APD Basic

Safety Helmet - Alat pelindung kepala yang melindungi kepala penggunanya dari resiko kejatuhan atau benturan benda tumpul/tajam.

Safety Shoes - Alat pelindung kaki (sepatu) yang berfungsi melindungi kaki penggunanya dari kontak dengan benda tajam, cairan kimia berbahaya dan benda bermuatan listrik).

Safety Vest - Alat pelindung berupa rompi yang berfungsi untuk membuat penggunanya dapat lebih mudah untuk dilihat saat bekerja, terutama saat pekerjaan di malam hari. Umumnya, safety vest ini dilengkapi dengan reflektor atau pemantul cahaya.

Safety Glasses - Alat pelindung mata yang berfungsi melindungi penggunanya dari kontak dengan debu, partikel, radiasi dan material lainnya yang berbahaya.

APD Khusus

Respirator/Masker - Alat pelindung pernapasan yang melindungi saluran pernapasan penggunanya dari kontak dengan debu, asap ataupun gas beracun.

SCBA (Self Contained Breathing Apparatus) - SCBA adalah alat pelindung pernapasan bertekanan. Alat ini membantu penggunanya untuk dapat tetap bernafas ketika dalam keadaan berbahaya seperti kebakaran, penuh asap dan di bawah air.

Full Body Harness - Alat pelindung untuk jenis pekerjaan di ketinggian. Alat ini dapat menahan tubuh penggunanya ketika naik dan turun, serta meminimalisir resiko terjatuh dari ketinggian.

Face Shield - Alat pelindung wajah yang berfungsi untuk melindungi wajah penggunanya dari percikan api dan benturan dengan benda tajam seperti pecahan material saat pengelasan dan penggerindaan.

Safety Gloves - Alat pelindung tangan (sarung tangan) yang berfungsi melindungi tangan penggunanya dari berbagai resiko kecelakaan seperti terkena percikan api, listrik dan lainnya (umumnya tergantung pada jenis sarung tangan yang digunakan).

Saat ini, semua APD proyek yang disebutkan di atas bukanlah barang langka. Hampir semua APD di atas dapat anda temukan di berbagai toko alat safety yang ada di Indonesia. Bahkan anda dapat memesannya secara online melalui sejumlah marketplace lokal.

Itulah sedikit ulasan dari saya mengenai APD Proyek konstruksi yang wajib dikenakan oleh para pekerja yang bekerja di lokasi proyek. Semoga bermanfaat.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image