Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ade Rizki Yulianto

8 Tips Jitu Agar Betah Belajar Di Rumah

Eduaksi | Saturday, 19 Mar 2022, 05:50 WIB

Saat belajar kalian pasti sering merasakan bosan. Buat kalian yang ingin merasa betah belajar dirumah, tentu sangat berharap tersedianya layanan dan fasilitas yang tersedia agar belajar kalian menjadi menyenangkan tanpa sedikitpun rasa bosan.

Kali ini ada beberapa tips menarik untuk kalian coba agar belajar kalian menyenangkan dan bikin betah.

Berikut 8 Tips Betah Belajar Di Rumah:

 

1. Siapkan Tempat Belajar Nyaman

Jika kalian ingin memulai belajar yang menyenangkan hal pertama kali yang harus kalian siapkan adalah ruang belajar yang nyaman. Pastikan suasana ruang belajar itu nyaman sesuai versi kalian ya.

Kondisi nyaman sangat relatif, kalian tidak harus belajar di ruang belajar saja. Akan tetapi kalian juga bisa belajar di taman, ruang tamu atau di balkon rumah kalian. Suasana yang berbeda dari biasanya akan menimbulkan kesan menarik dan jauh dari rasa bosan.

2. Susun Jadwal Belajar

Jadwal belajar seringkali terlupakan oleh kita. Asal kalian tahu, menyusun jadwal belajar sangat penting sebelum kita memulai belajar. Jadwal belajar akan menuntun kita untuk lebih disiplin dan tertib.

Pastikan hal-hal yang ingin kalian pelajari tercatat dan sudah kalian letakkan pada waktu yang tepat. Jangan sampai kalian membuat jadwal yang terlalu padat sehingga akan membuat kalian cepat bosan. Buat jadwal yang terukur dan tidak membosankan, serta buat komitmen agar belajar kalian tetap disiplin.

3. Sediakan Cemilan

Jika kalian tipe seseorang yang mudah cepat lelah karena belajar yang monoton maka menyediakan camilan di saat belajar adalah solusinya. Mengunyah makanan akan membantu kalian dalam meredam rasa kantuk dan bosan. Tentu kalian menyediakan camilan yang sehat dan bergizi ya.

Agar apa yang kalian makan kandungan nutrisi yang baik mampu menunjang kebutuhan nutrisi harian tubuh kalian. Sediakan susu, buah, biskuit sayuran dan makanan bergizi lainya sebagai menu camilan disaat kalian belajar.

4. Belajar Sambil mendengarkan Lagu Kesukaan kalian

Bagi sebagian orang, belajar sambil mendengarkan musik bisa menambah semangat serta meningkatkan konsentrasi belajar.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan University Health News, saat kalian mendengarkan musik, saraf-saraf yang ada di otak kalian akan menjadi lebih aktif sehingga hal tersebut mampu meningkatkan suasana hati dan kemampuan kognitif otak, terutama daya ingat. Karena selera musik tiap orang berbeda, maka saat sedang belajar pilihlah lagu kesukaan kalian yang bisa membangkitkan semangat ya.

5. Siapkan dan Buat Catatan

Agar belajar kalian tidak sia-sia, maka perlu kalian pastikan saat belajar untuk menyediakan buku catatan. Gunakan buku catatan untuk merekam hasil belajar kalian melalui tulisan. Itu akan sangat membantu saat kalian lupa dari hasil apa yang kalian pelajari sebelumnya.

Suatu saat setelah belajar dan kalian ingin mengingatnya kembali, maka buku catatan akan membantu kalian dan tinggal membukanya. Saat mencatat hasil belajar kalian juga harus pastikan bahwa apa yang kalian tulis adalah poin-poin penting saya ya.

6. Pastikan Jauh dari interaksi dengan Gadget dan Televisi

Gadget dan televisi sering kali menjadi salah satu penyebab terganggunya belajar kebanyakan orang. Jika kalian ingin fokus belajar, minimalisir menggunakan Smartphone dan Televisi agar belajar kalian maksimal.

Jika Smartphone dan televisi dirasa tidak ada kepentingan dalam proses belajar kalian, maka kalian bisa menjauhinya dan mencari tempat yang representatif seperti taman, kebun, kamar atau tempat yang kalian anggap cukup tenang.

7. Refreshing

Di saat sela-sela belajar, refreshing juga penting untuk dilakukan agar menjaga pikiran kalian tetap segar dan fokus. Coba kalian lakukan hobi kamu saat sedang istirahat belajar, misalnya menyiram bunga, memberi makan hewan peliharaan kalian, membaca komik yang menarik, menonton film atau melakukan meditasi.

8. Sediakan Media Pembelajaran

Tips yang terakhir adalah, menyediakan media pembelajaran yang menarik. Seperti membuka aplikasi belajar online yang sudah banyak tersedia di internet. Baik yang berbasis android maupun PC.

Bicara perihal belajar online, Sampoerna Academy mempunyai tips agar tetap dapat fokus saat mengikuti pembelajaran online.

Nah, terlebih lagi kini telah banyak media belajar online yang menyajikan konsep belajar yang seru dan menarik. Dari gaya visualisasi yang ditampilkan aplikasi yang menarik, hal itu mengundang rasa penasaran kalian untuk ingin terus belajar. Mau coba?

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Jadi yang pertama untuk berkomentar
 

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image