Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Redaksi Harian

Gaji UMR Jakarta Tahun 2022 Terkini dan Terkomplet

Bisnis | Friday, 18 Mar 2022, 16:06 WIB

 

Source : Republika.co.id

Untuk nilai gaji minimal propinsi (UMP) /tahun 2022, Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi memutuskan nilai UMR (Gaji Minimal Propinsi) terkini dan memulai diterapkan.

UMP 2022 ini diputuskan masing-masing gubernur di 34 propinsi, saat sebelum selanjutnya kepala wilayah baik wali kota atau bupati memutuskan gaji minimal kabupaten/kota.

Sebagai karyawan harus tahu keutamaan ketahui berapakah UMR yang pantas didapat. Maksudnya, supaya Anda lebih mengenal hak-hak Anda sebagai karyawan dan terbebas dari gaji tidak pantas.

Gaji UMR Jakarta Tahun 2022

Kota Jakarta : Rp4.641.854,00

Pemahaman UMR

UMR atau Gaji Minimal Regional ialah satu standard yang dipakai oleh beberapa pebisnis dan aktor industri dalam memberi gaji ke karyawan, pegawai atau pekerja dalam lingkungan usaha atau kerjanya.

Ada implementasi upah UMR dipakai membuat perlindungan hak beberapa tenaga kerja dalam memperoleh gaji yang pantas dan sesuai beban kerja.

Berdasar Permenaker No. 1 Tahun 1999 mengenai Gaji Minimal, UMR terdiri jadi dua yakni UMR tingkat I yang ada di Propinsi dan UMR tingkat II di Kota/ Kabupaten.

Tetapi karena ada Kepmenakertrans No. 226 Th 2000, UMR tingkat I sudah dirubah namanya jadi Gaji Minimal Propinsi (UMP); dan UMR tingkat II diganti jadi Gaji Minimal Kabupaten/ Kota (UMK).

Berdasar data nilai UMR tahun 2022 di atas, ibukota Indonesia DKI Jakarta masih jadi wilayah dengan nilai UMR paling tinggi dibanding dengan propinsi yang lain di Indonesia.

Tiap peningkatan itu sudah dilaksanakan berdasar proses penghitungan dan berdasar beberapa faktor dasar yang sudah diputuskan.

1. UMR Bukan Gaji Dasar

Biasanya, orang berpikiran nilai UMR itu sama dengan nilai gaji dasar. Kenyataannya, berbeda. Penuturannya, UMR ialah gaji yang sudah berisi upah dasar dan sokongan yang lain yang sudah diputuskan. Dalam pada itu, gaji dasar ialah nilai dari upah dasar saja.

Gaji dasar sendiri ialah upah yang banyaknya diaplikasikan sesuai ketentuan dan peraturan perusahaan. Gaji dasar banyaknya lebih kecil dari UMR karena belum terhitung nilai sokongan. Ketahui dan ketahui bedanya.

2. Penentuan UMR

Penentuan nilai UMR diputuskan berdasar dari penghitungan oleh Dewan Penggajian Wilayah (DPD). DPD mempunyai team survey untuk ke lapangan buat lakukan survey untuk cari tahu harga beberapa keperluan yang diperlukan oleh karyawan, pegawai dan pekerja.

Survey dari beberapa kota dalam propinsi itu jadi perwakilan untuk pemrosesan angka Keperluan Hidup Pantas (KHL) perseorangan yang belum menikah/memiliki keluarga setiap propinsi. Seterusnya, hasil dari KHL, DPD menyarankan gaji minimal propinsi atau yang kerap dikenali dengan istilah UMR, disodorkan ke Gubernur untuk ditetapkan.

3. Elemen UMR

Hal sebagai elemen dalam UMR berdasar Surat Selebaran Menteri Tenaga Kerja Republik Indonesia No. SE-07/MEN/1990 Tahun 1990 mengenai Pengelompokan Elemen Gaji Dan Penghasilan Non Gaji.

Jauhi Kesalahan Berkenaan UMR

Hal yang harus dipahami, saat Anda terima upah (upah dasar + sokongan masih tetap + sokongan tak tetap) itu bukan lah gaji minimal. Berdasar Undang-undang (UU) pasal 94 no.13 tahun 2003 mengenai tenaga kerja jika elemen gaji minimal cuman terbagi dalam upah dasar dan sokongan masih tetap.

Sokongan tidak tidak terhitung dalam elemen gaji minimal. Besarnya upah dasar minimum sejumlah 75% dari jumlahnya gaji minimal.

Gaji Minimal = Gaji Dasar (75% dari gaji minimal) + Sokongan Masih tetap (25% dari gaji minimal)

Satu kembali hal yang penting Anda kenali, saat Anda terima upah bulanan yang umumnya telah sebagai terbagi dalam jumlah upah dasar + sokongan masih tetap + sokongan tak tetap. Gaji yang Anda terima itu bukan termasuk gaji minimal.

Karena, menurut Undang-undang pasal 94 no.13 tahun 2003 mengenai Tenaga Kerja, mengatakan elemen gaji minimal cuman terbagi dalam upah dasar dan sokongan masih tetap. Dan, sokongan tidak tidak terhitung dalam elemen gaji minimal.

Demikian informasi mengenai Gaji UMR Jakarta tahun 2022. Sebagai seorang karyawan dan calon karyawan, Anda perlu pahami nilai UMR terbaru. Ini jadi poin utama supaya Anda memperoleh gaji yang pantas sama sesuai standard yang sudah diputuskan oleh pemerintahan dan terbebas dari gaji di bawah standard.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image