Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Misbah Fikrianto

Pembahasan Kurikulum Merdeka untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran di Indonesia

Eduaksi | Friday, 18 Mar 2022, 05:50 WIB

Pelaksanaan pembelajaran sangat menentukan pencapaian hasil belajar yang berkualitas. Pengembangan program pendidikan, termasuk pembahasan kurikulum merdeka sebagai upaya peningkatan mutu sekolah. Kepala Sekolah SMP ISLAM YAPKUM, Wahyudin Halilintar mengatakan pentingnya guru-guru untuk mengetahui tentang Kurikulum Merdeka. Perubahan dan perbaikan terus dilakukan untuk meningkatkan kualitas guru, siswa, pembelajaran, dan hasil belajar ucap wahyudin. SMP ISLAM YAPKUM terus berupaya melakukan penyesuaian dengan perkembangan kebijakan pendidikan saat ini, jelas wahyudin. Kegiatan peningkatan kompetensi guru tersebut dilakukan pada tanggal 17 maret 2022 di aula SMP ISLAM YAPKUM yang dihadiri sekitar 30 guru, pengawas sekolah, dan tenaga kependidikan, dengan menghadirkan nara sumber Bapak Misbah Fikrianto.

Pembahasan tentang perkembangan kurikulum merdeka sampai kepada upaya yang holistik untuk peningkatan mutu pendidikan terus dilakukan. Misbah menjelaskan diperlukan peningkatan dan pengembangan kompetensi guru sehingga mengembangkan beberapa penyesuaian pada kurikulum yang ada. Bagaimana pencapaian profil pelajar pancasila melalui pembelajaran berbasis proyek, kolaboratif, mengembangkan materi yang esensial dengan lebih dalam, dan prinsip fleksibilitas dalam rancangan kurikulum serta rencana pembelajaran, jelas Misbah.
Peningkatan kompetensi guru, tenaga kependidikan, dan stakeholder pendidikan secara berkelanjutan dilakukan, sehingga memberikan penguatan dan penyegaran terhadap kondisi yang ada. Misbah menambahkan bahwa perubahan dan perbaikan pembelajaran dimulai dari bagaimana guru melakukan perubahan dan peningkatan mutu yang ada. Guru harus memberikan contoh yang baik, ucap Misbah. Guru mengembangkan capaian pembelajaran sesuai dengan kompetensi yang akan dicapai. Semoga komitmen untuk melakukan perubahan dan peningkatan mutu pembelajaran terus dilakukan. Sementara itu, pengawas sekolah, Ibu Desy mengingatkan untuk kita mempersiapkan pembelajaran dengan baik. Desy menambahkan bahwa tantangan bernalar kritis dan pencapaian capaian pembelajaran menjadi hal yang harus dikuasai semua komponen sekolah.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image