Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Huude Hadime

Mengenal Diagram Alur dan Kegunaannya dalam Sebuah Program

Guru Menulis | Friday, 18 Mar 2022, 03:09 WIB

Diagram alur atau yang biasa disebut flowchart adalah jenis diagram yang dibuat dengan tujuan untuk menampilkan langkah yang dilalui pada suatu proses atau pekerjaan. Untuk membuat sebuah bagan alur dasar cukup mudah untuk dibuat. Bentuknya yang lebih sederhana dan bersifat visual sehingga pastinya didesain agar supaya lebih mudah untuk dipahami.

Untuk membuat diagram ini, Anda bisa menggunakan diagram Visualizer Data yang terdapat di Visio Pro for Office 365.

Langkah Membuat Diagram Alur dengan Mudah dan Cepat

Secara umum, jenis diagram ini akan digambarkan dengan menggunakan aneka macam simbol yang terhubung dengan tanda panah. Setiap simbol tersebut mempunyai nama yang berbeda sesuai dengan fungsi serta kegunaan yang dimilikinya.

Berikut ini beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk membuat bagan alur dengan menggunakan software Microsoft Word.

1. Gunakan fitur "Shape" atau "Drawing Canvas" untuk membuat bagan alur menggunakan Microsoft Word.

2. Buka dokumen word di komputer PC Anda

3. Kemudian klik "Insert" dan pilih opsi "Shape"

4. Lalu pilih jenis simbol yang ingin digunakan

5. Berikan teks deskripsi untuk menjelaskan simbol bagan alur dengan menggunakan text box.

6. Setelah itu Anda juga bisa melakukan penyesuaian tata letak, warna dan ukuran yang dibutuhkan dengan menggunakan fitur otomatis yang ada di software word.

Penjelasan di atas merupakan langkah yang harus ditempuh untuk membuat bagan alur dengan menggunakan fitur Shape. Dan berikut ini adalah beberapa langkah yang harus dilakukan jika ingin menggunakan fitur "Drawing Canvas" untuk membuat bagan alur dengan software Word. Berikut tahapan yang harus dilakukan.

1). Buka dokumen Word di komputer atau laptop Anda

2). Klik "Insert" lalu pilih opsi "Shape"

3). Pilih opsi "New Drawing Canvas" yang bisa Anda temukan di bagian bawah menu "Shape"

4). Setelah itu, pilih salah satu simbol yang akan Anda gunakan dalam bagan alur

5). Berikan penjelasan untuk bagan alur dengan menggunakan text box

6). Jangan lupa untuk menyesuaikan ukuran, tata letak serta warna yang diperlukan dengan beberapa fitur otomatis yang ada di word.

7). Anda bisa menggunakan simbol yang umum digunakan dalam bagan alur seperti simbol dengan bentuk persegi panjang, anak panah, tabung dengan posisi vertikal hingga jajar genjang.

Adapun bentuk bagan alur yang biasa dipakai ada beberapa, yaitu oval, persegi panjang, persegi empat dan lain sebagainya.

Kegunaan Bagan Alur dalam Sebuah Program

Keberadaan bagan alur memiliki peran yang cukup penting untuk memutuskan apakah akan diambil langkah atau strategi khusus untuk efektivitas dari proyek pembuatan program yang di dalamnya melibatkan banyak pihak. Disamping itu, penggunaan bagan alur akan membuat sebuah program terlihat lebih ringkas dan jelas sehingga bisa meminimalisir adanya multitafsir.

Beberapa kegunaan dari keberadaan bagan alur diantaranya adalah sebagai berikut.

Berguna untuk menampilkan dan menjelaskan secara gamblang sebuah prosedur dalam program

Memiliki peran sebagai dokumentasi proses yang mana akan dipakai untuk keperluan mendokumentasikan sebuah proses sehingga bisa berjalan dengan baik, sistematis dan terorganisir.

Bagan alur juga memiliki kegunaan khususnya dalam bidang pemrograman yaitu untuk memberikan gambaran sistem atau program yang sudah dibuat agar bisa dipahami dengan mudah oleh audiens

Bagan alur berguna sebagai petunjuk khusus. Tepatnya untuk membantu memecahkan masalah yang muncul dengan cara menguraikan poin masalah dengan menggunakan bagan alur

Jenis Bagan Alur yang Banyak Digunakan

Bagan alur atau flowchart memiliki 5 macam jenis yang mempunyai karakteristik tersendiri, yaitu:

a. Flowchart dokumen atau yang umum disebut dengan paperwork flowchart. Memiliki kegunaan untuk melakukan penelusuran alur form dari satu bagian ke bagian yang lainnya yang mencakup tentang bagaimana sebuah laporan diproses, dicatat serta disimpan.

b. Flowchart program yaitu sebuah bagan alur yang memberikan gambaran rinci sebuah prosedur dari proses program yang akan disajikan.

c. Flowchart proses merupakan sebuah cara menggambarkan rekayasa industri yang dilakukan dengan cara melakukan perincian dan analisis langkah yang akan diambil dalam sebuah sistem atau prosedur.

d. Flowchart sistem yaitu sebuah bagan alur yang menunjukkan tahapan atau proses kerja yang sedang diproses dalam sebuah program secara keseluruhan. Diagram ini juga memiliki kegunaan untuk menguraikan urutan dari masing-masing prosedur yang ada di dalam sistem tersebut.

e. Flowchart skematik adalah sebuah bagan alur yang menampilkan tahapan alur dari sebuah prosedur pada sebuah sistem. Diagram ini memakai gambar komputer dan perlengkapan lainnya untuk memudahkan pembacaan diagram oleh audiens.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image