Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Amira Heksa

ANDA SERING MENGANTUK WASPADA GEJALA DIABETES

Eduaksi | Wednesday, 16 Mar 2022, 17:04 WIB

Jika ada informasi kalau sering mengantuk adalah pertanda diabetes mellitus maka harus sedikit diluruskan. Karena yang tepat, penderita diabetes bisa punya beberapa keluhan, dan sering mengantuk adalah salah satunya. Kondisi tersebut dapat menjadi pertanda gula darah sedang tinggi atau meningkat. Akan tetapi, hubungan antara diabetes dan mengantuk bukan hanya sekadar karena gula darah yang tinggi. Mengapa demikian? Simak ulasannya.

Penyebab Sering Mengantuk pada Penderita Diabetes Mellitus

Benar kalau diabetes menyebabkan kantuk dan kelelahan, baik ketika kadar gula tinggi maupun rendah. Mengapa hal ini bisa terjadi? Di bawah ini adalah beberapa penyebabnya.

- Glukosa darah tinggi

Gula darah tinggi bisa menyebabkan kantuk karena metabolisme tidak berjalan dengan seharusnya. Walaupun kadarnya tinggi, gula darah tidak dapat digunakan oleh sel penderita diabetes karena tidak ada insulin. Bahkan pada keadaan gula darah sangat tinggi, seseorang bisa mengalami penurunan kesadaran.

- Kadar gula rendah

Kadar gula darah yang rendah juga menyebabkan kelelahan. Ketika gula darah rendah, artinya tak ada cukup “bahan bakar” untuk sel-sel dapat bekerja dengan baik.

Tidak semua perasaan mengantuk disebabkan oleh diabetes. Banyak penyebab lain yang berhubungan dengan keluhan mengantuk dan lemas, seperti tekanan darah rendah atau anemia.

Ciri Mengantuk yang Disebabkan Diabetes

- Disertai gejala 3P. Penyandang diabetes umumnya menunjukkan gejala lain. Yakni, mudah lapar (polifagi), cepat haus (polidipsi) dan buang air kecil yang sering (poliuri).

- Adanya penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan penyebabnya.

- Ada riwayat diabetes di keluarga. Seorang dengan riwayat diabetes di keluarga memiliki risiko yang lebih tinggi untuk mengalami diabetes.

Keluhan mengantuk pastinya mengganggu aktivitas sehari-hari apalagi jika anda adalah seseorang dengan mobilitas harian yang padat, baik pekerja kantoran, pekerja lapangan atau ibu rumah tangga.

Berikut adalah beberapa cara mengatasi ngantuk pada penderita diabetes:

Ø Pastikan gula darah Anda terkontrol.

Mengontrol gula darah merupakan salah satu target utama untuk menangani diabetes. Kontrol gula darah yang baik akan menyebabkan penurunan berbagai keluhan yang dialami.

Ø Beraktivitas fisik secara aktif.

Aktivitas fisik aktif merupakan cara penting menjaga kesehatan fisik dan mengontrol gula darah. Olahraga rutin juga dapat membuat tubuh terasa segar dan mengurangi rasa kantuk.

Ø Jaga kecukupan cairan.

Pastikan bahwa Anda minum secara cukup. Kekurangan cairan dapat berdampak pada daya tahan tubuh Anda.

Jika Anda tidak mengidap diabetes, lakukan pemeriksaan kesehatan untuk mengetahui penyebab pastinya ya! (sumber klikdokter)

(Penulis Annisa H.)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image