Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Yudha Manggala P Putra

Menuai Manfaat dari Guru Menulis, Guru Digital

Guru Menulis | Wednesday, 16 Mar 2022, 16:18 WIB

Meningkatkan kualitas guru salah satu modal penting dalam membangun bangsa yang kuat. Sebab, di tangan para pendidiklah, generasi muda tumbuh menjadi penopang utama negara. Nah, bagian dari kontribusi mendorong itu, Republika didukung Telkom Indonesia kembali menggelar workshop Guru Menulis, Rabu, 16 Maret 2022.

Kegiatan hari ini merupakan edisi pertama dari rangkaian lima workshop Guru Menulis yang digelar sepanjang Juli 2021. Digelar secara marathon, pelatihan ini diharapkan dapat memperkuat kompetensi para guru, terutama dalam menulis.

Pemimpin Redaksi Republika Irfan Junaedi mengatakan guru merupakan pilar penting dalam membangun generasi. Sebab itu, ada beberapa alasan mengapa guru harus menulis. Salah satunya karena aktivitas ini banyak manfaatnya. Yakni, untuk mengikat dan menyebarkan ilmu pengetahuan.

Tidak sekadar itu. Menulis, menurutnya, pasti diiringi dengan membaca. Nah dua aktivitas ini terbilang penting dalam memperkuat daya tahan sosial terhadap teks. Apalagi pada era sekarang yang serba digital dan instan.

"Era digital ini banyak melemahkan daya tahan sosial terhadap teks. Sehingga, menggiatkan terus aktivitas menulis (tentu juga membaca) bisa menguatkan kembali daya baca dan daya serap ide ide di dalam teks," ungkap Irfan.

Karena itu, Irfan pun menaruh harapan besar pada workshop Guru Menulis yang diselenggarakan Republika selama Juli 2021. Kegiatan yang khusus menyasar guru-guru dari berbagai wilayah Indonesia ini salah satunya ia harap bisa menjadi ajang para pendidik mengasah bakat dan minat dalam menulis.

"Lebih jauh, ini diharapkan bisa menumbuhkan budaya baca tulis di masyarakat," ungkapnya.

Guru Menulis berlangsung secara virtual sejak 13.00 WIB hingga 17.00 WIB. Ada tiga sesi materi yang disampaikan pada setiap edisinya.

Pertama ada Penulisan Opini & Populer yang dibimbing Redaktur Republika.co.id, Karta Raharja Ucu.

Sesi kedua ada Membuat Materi Pembelajaran Digital oleh Data Analyst Republika, Riky Romadon.

Sesi ketiga ada Blogging & Monetizing, yang dipandu langsung Kepala Republika.co.id

Workshop Guru Menulis, Guru Digital digelar lima edisi mulai dari 28 Februari 2022 hingga 23 Maret 2022. Sudah 250 peserta yang mengikuti acara sejauh ini.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image