Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Rika Andriana

Tips Untuk Mengatasi Smartphone Android Lag dan Lambat

Teknologi | Monday, 14 Mar 2022, 17:50 WIB

Sangat menyebalkan ketika smartphone Android Anda bekerja sangat lambat, meskipun Android Anda berasal dari penyedia atau pabrikan terkenal.

Jangan khawatir jika smartphone Anda lambat itu normal, alasannya pasti Anda akan mengalami masalah dalam menggunakan smartphone Anda dari waktu ke waktu.

Nah, bagi pengguna smartphone Android yang sedang mengalami masalah ini, berikut beberapa tips yang bisa Anda coba untuk mengatasinya seperti yang dikutip dari android62 berikut ini.

Namun sebelum menerapkan tips ini, Anda harus mengetahui dulu perangkat keras ponsel cerdas Anda.

1. Uninstall aplikasi yang tidak perlu

Aplikasi yang Anda instal di smartphone Anda menghabiskan banyak memori dan RAM, terutama game berat yang Anda instal.

Instal aplikasi yang menurut Anda sangat berguna. Jika memungkinkan, pindahkan aplikasi dari penyimpanan internal ke penyimpanan eksternal smartphone. Sehingga ruang RAM di memori internal tetap memiliki “occupancy” yang besar.

2. OS Update

Tips selanjutnya adalah mengupdate OS atau OS Android ke versi terbaru. Manfaat memperbarui sistem operasi adalah memperbaiki bug dan mengoptimalkan perangkat keras Android agar lebih cepat dan stabil.

3. Tutup aplikasi yang tidak digunakan

Aplikasi yang diinstal di Android tidak hanya menghabiskan memori dan bahkan menguras kinerja, tetapi juga menghabiskan daya baterai. Akibatnya, kinerja smartphone tidak akan maksimal, bahkan terkadang tertunda.

Solusinya, nonaktifkan atau tutup aplikasi yang tidak digunakan. Jika Anda ingin menonaktifkan aplikasi di Android, Anda dapat membuka menu Pengaturan > Aplikasi > Manajer Aplikasi. Pilih aplikasi yang ingin Anda nonaktifkan lalu tekan tombol Nonaktifkan.

4. Perbarui aplikasi

Tidak hanya sistem operasi yang diperbarui, aplikasi juga sangat membutuhkan pembaruan. Untuk memperbarui aplikasi, Anda dapat melalui Google Play Store. Untuk memperbarui aplikasi, bug diperbaiki, kinerja ditingkatkan dan fitur baru ditambahkan.

5. Hindari menggunakan live wallpaper

Kesalahan yang dilakukan sebagian besar pengguna Android adalah memasang live wallpaper. Bahkan, live wallpaper akan mempercantik tampilan. Faktanya, wallpaper ini menghabiskan dan menghabiskan baterai yang sangat besar. Karena itu, Android Anda akan lambat.

Agar smartphone tidak terlalu lama loading saat membuka aplikasi, sebaiknya tidak menggunakan wallpaper bergerak. Gunakan wallpaper halus atau tidak bergerak untuk pemuatan cepat dan stabil.

Baca Selengkapnya >>> bettermind.id

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image