Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Muhammad Ramadhani Dimyati

Mewujudkan Asas Muhammadiyah, Mahasiswa UMM Membantu Digitalisasi Pemasaran Sayur Desa Slamet Dengan

Bisnis | Sunday, 13 Mar 2022, 03:40 WIB

Berbagai permasalahan atau kendala membuat para petani kesulitan dalam memasarkan produk pertanian mereka. Kendala atau permasalahan tersebut merambat dan menimbulkan permasalahan lainnya seperti penurunan kualitas produk dan harga jual yang tidak optimal yang membuat para petani mengalami kerugian yang cukup tinggi. Dari permasalahan tersebut diperlukannya pengoptimalan pemasaran yang baik dan benar, salah satu cara pengoptimalan ini adalah dengan melakukan peralihan dan pemberdayaan pasar digital.

Hal tersebut membuat kelima mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang tergabung kedalam program Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) kelompok 44 gelombang 01 tergerak untuk mengatasi permasalahan pemasaran tersebut dengan pemberdayaan pasar digital pada kelompok tani Desa Slamet, Tumpang, Kab. Malang.

Mahasiswa PMM kelompok 44 gelombang 01 menjadikan TaniHub sebagai prospek pasar utama mereka, mengingat TaniHub adalah platform pasar online yang dikhususkan untuk produk-produk pertanian.

TaniHub sendiri telah beroprasi dari tahun 2016 hingga saat ini. Sejak awal beroprasi TaniHub senantiasa mempertahankan tujuan mereka, dimana kesejahteraan para petani harus di tingkatkan sehingga menghasilkan kualitas hasil pertanian yang baik dan berkualitas.

Koordinator dari PMM kelompok 44 gelombang 01, Maulana Sadewa, berpendapat jika dia sangat berharap mampu untuk memberikan bantuan kepada para kelompok tani Desa Slamet yang kesulitan dalam pemasaran produk mereka.

“Tujuan dan ide dari TaniHub ini sesuai dengan gagasan serta alasan kami yang ingin mengoptimalkan pemasaran para petani” ucapnya.

“Selain itu, kami juga ingin mewujudkan asas dan cita-cita dasar kemuhammadiyahan yang berlandaskan pada surat Al-Maun, dimana wajib hukumnya bagi seorang muslim untuk membantu sesama ummat yang mengalami kesulitan” tambah Maulana Sadewa ketika pembukaan program PMM kelompok 44 gelombang 01 di Dusun Wiroto, Desa Slamet (17/02/2022).

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Jadi yang pertama untuk berkomentar
 

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image