Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Mas Blogger

Mengenal Jenis Oli Motor dan Tips Memasangnya dengan Benar

Teknologi | Sunday, 13 Mar 2022, 02:10 WIB

Oli adalah pelumas pada mesin kendaraan. Setiap Oli memiliki fungsi yang berbeda-beda. Oleh sebab itu, perlu memahami apa saja jenis-jenis Oli yang sering digunakan.

Berikut Jenis-jenis Oli

1. Oli Vegetable

Dari namanya sudah bisa dikenali bahwa Oli jenis ini merupakan Oli yang dibuat dari bahan tumbuhan yang disuling hingga menjai minyak.

Oli jenis seperti ini banyak digunakan pada mesin kendaraan yang dipakai pada perlombaan atau balapan.

2. Oli Mineral

Oli jenis ini merupakan Oli yang dibuat dari proses penyulingan bahan Mineral. Adapun Kelebihan Oli jenis ini adalah bisa menjaga performa mesin motor lama agar lebih awet.

Getaran yang dihasilkan dari kinerja oli Mineral sangat halus. Dari segi harga, Oli Mineral jauh lebih murah dibandingkan jenis oli sintetik.Namun, dilihat dari kekurangannya, Oli mineral memiliki struktur molekul yang tidak seimbang. Penggunannya Oli Mineral cenderung meningalkan ampas kotoran pada mesin.

3. Oli Syntetic

Jenis Oli Syntetic merupakan oli hasil produk petroleum seperti halnya ettylee. Proses pemuatan Oli ini dilakukan secara kimiawi. Oleh sebab itu, Oli ini memiliki beberapa keunggulan yakni kinerjanya lebih stabil dan memiliki kemampuan pelumasan yang sangat baik.

Oli syntetic merupakan jenis oli yang tidak cepat menghitam warnanya. Oli ini juga mampu membersihkan mesin dari kerak karbon.

Penggunaan oli ini bisa menjaga mesin motor relatif dingin sehingga banyak disukai pengguna motor.

3. Oli Semi Syntetic

Khusus untuk Oli Semi Syntetic, bahan pembuatannya dari campuran antara oli mineral dan syntetic. Oli tersebut menghasilkan kemampuan pelumasan yang baik.

Selain itu, harganya juga relatif lebih murah dibandingkan dengan oli syntetic.

Dampak Lambatnya Mengganti Oli Motor

Nah, jika kamu ingin tahu dampak dari lambatnya mengganti Oli bisa membaca artikel berikut ini :

1. Kinerja mesin Kamu akan kurang optimal

2. Motor kamu tidak mampu memberikan proteksi maksimal pada mesin

3. Akan terjadi sludge atau endapan oli di bawah mesin

4. Mesin motor kamu bisa cepat mengalami kerusakan karena komponen mesin seperti piston, blok silinder dan sistem transmisi bekerja tanpa pelindungan dari oli yang bersih Motor bisa turun mesin dan harus mengganti komponen yang rusak

5. Mesin motor menjadi cepat panas Bahan bakar menjadi boros

Cara Mengganti Oli Motor Yang Benar

Jika kamu sudah memiliki kendaraan sendiri, maka wajib tahu bagaimana cara mengganti oli yang benar. Termasuk rekomendasi Oli Motor

1. Panaskan Mesin Motor Kamu Terlebih Dulu

Memanaskan Mesin Motor ini penting dilakukan agar kondisi kekentalan oli turun dan endapan sisa pembakaran bisa keluar bersama oli.

2. Coba diamkan Mesin sampai suhu mesin rendah.

Jika motor sudah siap, silakan buka baut oli dengan hati-hati. Lalu kuras olinya sampai bersih. Pastikan ada wadah penampung oli yang siap di bawah lubang pengeluaran oli.

3. Bukalah baut oli dengan kunci yang sesuai, biasanya kunci sok berukuran 14-17. Keluarkan semua oli dengan hati-hati dan pastikan keluar semua dan tidak meninggalkan bekas.

4. Cobalah Periksa filter oli

Jika mengalami kerusakan pada filter Oli, maka harus segera ganti dengan filter oli yang baru.

5. Pasang baut oli dengan Benar

Pastikan memasang baut dengan benar agar tidak terjadi kerusakan pada darat baut sehingga menyebabkan kerusakan dan kebocoran.

Demikian ulasan pentingnya Mengenal jenis-jenis oli dan cara memasang Oli dengan Benar. Semoga bermanfaat.

Referensi :

Oli Motor Terbaik di Indonesia

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image