Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image FF Code

Mengapa Private Blog Network (PBN) Penting Untuk SEO?

Teknologi | Thursday, 10 Mar 2022, 06:42 WIB

Jika Anda ingin meningkatkan lalu lintas organik situs web Anda, Anda tidak dapat mengabaikan pentingnya membangun tautan . Google mengkonfirmasi kembali pada tahun 2016 bahwa backlink adalah salah satu dari tiga faktor peringkat teratas , di samping konten dan RankBrain.

Membangun tautan adalah taktik SEO yang kuat, dan tautan yang tepat dapat meningkatkan peringkat dan visibilitas organik Anda. Namun, mendapatkan backlink tidaklah mudah. Setidaknya bukan saat Anda menggunakan taktik yang tidak melanggar Pedoman Webmaster Google.

Beberapa SEO memilih untuk menggunakan taktik terhadap pedoman ini untuk mempercepat pertumbuhan organik situs web mereka, termasuk menggunakan jaringan blog pribadi (PBN).

Dalam panduan ini, kita akan menyelam jauh ke dalam taktik pembuatan tautan yang kontroversial ini dan membahas beberapa mitos umum yang melingkupinya, khususnya melihat:

Apa itu Private Blog Network (PBN)?

Jaringan blog pribadi (PBN) adalah jaringan situs web yang menempatkan tautan dalam jumlah besar ke situs web lain. Jaringan tautan ini terdiri dari tautan berkualitas rendah yang dirancang untuk memanipulasi peringkat mesin pencari.

SEO yang memilih untuk menggunakan PBN untuk membangun tautan biasanya menggunakan taktik ini sebagai cara untuk "mengendalikan penuh" upaya membangun tautan mereka. Taktik pembuatan tautan topi putih lainnya seperti PR digital, pembuatan tautan rusak , atau pembuatan tautan sumber daya melibatkan pihak ketiga yang menempatkan tautan secara editorial, dan SEO atau webmaster tidak selalu dapat "mengontrol" dari mana tautan tersebut berasal.

Untuk alasan ini, PBN sering dibuat menggunakan domain yang kedaluwarsa. Domain kedaluwarsa ini dulunya memiliki situs yang telah mendapatkan tautan dan telah membangun beberapa tingkat otoritas di mata mesin pencari. Domain kedaluwarsa ini dibeli dan diubah menjadi situs yang merupakan bagian dari jaringan blog pribadi, biasanya memiliki konten baru yang ditambahkan sehingga tautan keluarnya melewati PageRank .

SEO yang menggunakan taktik ini cenderung berusaha keras untuk mencegah Google mengidentifikasi bahwa situs mereka adalah bagian dari jaringan atau menemukan jejak apa pun di antara mereka, termasuk:

Hosting dengan penyedia hosting yang berbedaMendaftarkan domain dengan registrar yang berbedaMenggunakan ekstensi domain yang berbedaMenggunakan tema atau tata letak yang berbedaMembuat konten yang tidak tertaut ke situs uang dalam upaya untuk menyamarkan postingan yang terhubung

Meskipun situs PBN sering dibicarakan sebagai bagian dari jaringan, tujuannya adalah agar situs-situs tersebut tampak sebagai situs independen.

Pikirkan saja seperti ini ... daripada mendapatkan tautan, memiliki jaringan blog pribadi berarti Anda dapat menempatkan tautan ke situs Anda, dengan teks jangkar yang tepat yang ingin Anda gunakan kapan pun Anda mau, dan ke halaman mana pun perlu ditingkatkan.

Semua ini terdengar bagus, bukan? Salah. PBN jelas merupakan pelanggaran terhadap Pedoman Kualitas Webmaster Google dan dapat mengakibatkan situs Anda dihukum. Untuk alasan ini, ini bukan taktik yang kami maafkan atau rekomendasikan.

PBN Melanggar Pedoman Kualitas Webmaster Google

Menggunakan PBN bukanlah taktik pembuatan tautan yang disarankan. Jika kita melihat pedoman Skema Tautan Google , kita dapat melihat bahwa:

Tautan apa pun yang dimaksudkan untuk memanipulasi PageRank atau peringkat situs di hasil penelusuran Google dapat dianggap sebagai bagian dari skema tautan dan melanggar Pedoman Webmaster Google. Ini termasuk perilaku apa pun yang memanipulasi tautan ke situs Anda atau tautan keluar dari situs Anda.

Jaringan blog pribadi jelas termasuk dalam ini, karena tautan yang berasal dari situs tersebut dimaksudkan untuk memanipulasi hasil pencarian Google (tautan ini tidak diperoleh, melainkan ditempatkan oleh seseorang yang bertindak atas nama situs).

Masalah utamanya adalah bahwa PBN digunakan sebagai cara untuk 'menipu sistem'. Jika kita terus membaca pedoman ini, kita melihat bahwa:

Cara terbaik untuk membuat situs lain membuat tautan relevan dan berkualitas tinggi ke situs Anda adalah dengan membuat konten unik dan relevan yang secara alami dapat memperoleh popularitas di komunitas Internet. Membuat konten yang bagus terbayar: Tautan biasanya berupa suara editorial yang diberikan berdasarkan pilihan, dan semakin banyak konten bermanfaat yang Anda miliki, semakin besar kemungkinan orang lain akan menganggap konten itu berharga bagi pembaca mereka dan menautkannya.

Tautan PBN bukanlah tautan editorial yang ditempatkan sebagai hasil dari konten yang bagus. Mereka hanyalah cara untuk memengaruhi peringkat pencarian secara artifisial, dan itu bukan sesuatu yang akan berhasil dalam jangka panjang.

Risiko Terkait Dengan Jaringan Blog Pribadi

Jadi, jika tautan PBN melanggar pedoman Google, apa risikonya? Kita dapat membaginya menjadi dua skenario utama:

1. Situs Anda Dihukum/Kehilangan Peringkat

Biasanya, dalam kasus yang paling signifikan di mana penggunaan taktik pembuatan tautan manipulatif berlebihan, ada kemungkinan situs Anda akan dihukum dan dipukul dengan tindakan manual .

Tapi apa ini? Membaca pedoman Google tentang ini, kita dapat melihat bahwa "Google mengeluarkan tindakan manual terhadap sebuah situs ketika peninjau manusia di Google telah menentukan bahwa halaman di situs tersebut tidak sesuai dengan pedoman kualitas webmaster Google. Sebagian besar tindakan manual mengatasi upaya untuk memanipulasi pencarian kami indeks. Sebagian besar masalah yang dilaporkan di sini akan mengakibatkan halaman atau situs berperingkat lebih rendah atau dihilangkan dari hasil pencarian tanpa indikasi visual apa pun kepada pengguna."

Singkatnya, jika situs Anda menerima tindakan manual, ini akan menghasilkan peringkat yang lebih rendah baik untuk halaman tertentu atau seluruh situs.

Dalam kasus yang paling ekstrem, tindakan manual dapat membuat seluruh situs Anda dihapus dari indeks. Paling umum, jika tautan adalah penyebab tindakan, ini akan memicu satu untuk ' Tautan tidak wajar ke situs Anda .

Untuk memulihkan dari tindakan manual, Anda harus memperbaiki masalah (hapus tautan atau kirimkan file penolakan) dan ajukan permintaan pertimbangan ulang .

Bahkan jika ini berhasil, tidak mungkin peringkat Anda akan kembali ke posisi sebelumnya, mengingat tautan yang tidak wajar menopang mereka secara artifisial.

Tautan tidak wajar juga dapat memicu penyesuaian algoritme , di mana algoritme mendeteksi bahwa tautan tidak boleh berkontribusi terhadap peringkat situs. Dalam kebanyakan kasus, terutama pada tahun 2020, kemungkinan besar tautan diabaikan oleh algoritme daripada secara langsung menghasilkan penyesuaian algoritme.

Sebelumnya, filter Penguin Google diperbarui secara berkala dan menyebabkan situs kehilangan peringkat karena tautan yang tidak wajar. Pada Penguin 4.0 , ini sekarang menjadi bagian dari algoritma inti.

2. Tautan Diabaikan

Untuk sebagian besar SEO yang menggunakan jaringan blog pribadi, kenyataannya adalah bahwa tautan yang dianggap tidak wajar oleh algoritme Google cenderung diabaikan, daripada memicu tindakan manual.

Saat ini, tindakan manual biasanya hanya terlihat ketika ada penggunaan taktik manipulatif yang berlebihan yang memicu peninjauan situs oleh tim spam web Google. Tetapi apa artinya jika Google mengabaikan tautan yang mengarah ke situs Anda?

Singkatnya, itu berarti mereka sama sekali tidak berdampak pada peringkat. John Mueller dari Google sebelumnya telah mengkonfirmasi bahwa mereka mengabaikan tautan yang tidak mungkin alami. Dan jangan lupa bahwa Google sekarang memiliki data dari sejumlah besar file yang ditolak. Selama bertahun-tahun sekarang, SEO telah membantu mesin pencari lebih memahami sumber tautan tidak wajar.

Jaringan blog pribadi masih ada hingga hari ini karena satu alasan sederhana:

Itu karena mereka bekerja.

Backlink adalah salah satu faktor peringkat terkuat di Google . Mereka adalah cara jujur untuk memberi tahu mesin telusur bahwa halaman web itu berharga dan memberikan jawaban yang bermanfaat.

PBN dapat membantu situs web utama meningkatkan peringkatnya dengan melewati otoritas tautan. Variasi domain otoritatif memberi tahu Google bahwa situs pusat dapat dipercaya.

Itulah yang memberi situs web utama dorongan dalam SERP.

Namun, satu hal yang perlu diingat adalah bahwa Google selalu mencari PBN. Setiap situs web yang ketahuan melakukan ini akan dihukum berat dan cenderung kehilangan semua peringkatnya.

Tidak mungkin situs web yang menemukan kesuksesan dengan mengikuti taktik teduh ini akan bertahan lama. Jaringan blog pribadi mungkin berfungsi untuk waktu yang singkat, tetapi semuanya menghilang dalam jangka panjang.

Demikian ulasan mengenai PBN, untuk kamu yang butuh Jasa PBN Berkualitas hub WA: 0831-4949-4844

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image