Pengaruh Media Sosial terhadap Perilaku Konsumtif Remaja
Gaya Hidup | 2025-10-02 19:04:13
Pada era modern ini, teknologi yang merupakan segala sesuatu yang digunakan sebagai alat penunjang keberlangsungan hidup manusia. Perkembangan teknolologi yang pesat membawa perubahan signifikan dalam berbagai aspek kehidupan. Teknologi memudahkan manusia untuk terhubung dengan cepat, serta meningkatkan aksesbilitas informasi dan layanan. Dengan kemajuan teknologi yang terus berkembang dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas dalam berbagai bidang, seperti halnya media sosial.
Perkembangan media sosial yang pesat telah memberikan remaja akses tak terbatas ke berbagai informasi dan hubungan sosial. Media sosial telah menjadi bagian penting dari kehidupan sehari hari. Perkembangan media sosial menjadi platform-platform seperti Instagram, TikTok, Telegram, YouTube dan masih banyak lagi yang dapat memungkinkan remaja untuk terhubung dengan berbagai teman dan kenalan baru yang bisa juga digunakan untuk berbagi pengalaman, dan menemukan informasi-informasi tentang produk dan jasa. Akan tetapi, jika remaja terus menerus terkena paparan iklan di media sosial tersebut, dapat mempengaruhi perilaku konsumtif remaja.
Satu diantara masalah utama yang sering timbul dari penggunaan media sosial di kalangan remaja adalah pengaruh iklan yang ditargetkan bagi remaja. Algoritma media sosial yang canggih dapat melacak kebiasaan penelusuran dan preferensi individu, kemudian menampilkan iklan yang sangat relevan dengan minat pengguna. Bagi remaja yang umumnya masih dalam proses pembentukan identitas dan preferensi konsumsinya, eksplorasi terusmenerus terhadap iklan yang ditargetkan dapat mempengaruhi keputusan pembelian remaja secara signifikan. Iklan tersebut umumnya dirancang untuk menarik perhatian dan mendorong pembelian secara impulsif, yang pada akhirnya dapat mengarah pada perilaku konsumtif yang berlebihan (Rahmatullah, 2021).
Intensitas pengguna media sosial, dapat meningkatkan perilaku konsumtif remaja karena didalamnya terdapat banyak iklan dan promosi yang menarik. Pengaruh konformitas terhadap teman sebaya juga dapat membuat perilaku konsumtif remaja, karena mereka cenderung ingin menyesuaikan diri dengan tren dan gaya hidup yang sedang popular. Oleh karena itu, pentingnya memahami teknologi yang berkembang seperti media sosial ini telah mempengaruhi kehidupan sehari-hari terutama pada kalangan remaja.
Memahami pengaruh media sosial terhadap perilaku konsumtif remaja sangat penting untuk mengelola perilaku konsumtif mereka dan menghindari dampak negatif. Dalam hal ini, peran orang tua, pendidik dan remaja atau anak anak itu sendiri perlu bekerja sama untuk memahami pengaruh media sosial dan mengembangkan stategi untuk mengelola perilaku konsumtif pada remaja.
Disclaimer
Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.
