EXO, Grup K-Pop Generasi 3 yang Masih Eksis Bersaing Dengan Generasi 4

Image
Ria Rochma
Gaya Hidup | Wednesday, 09 Mar 2022, 10:50 WIB

Sebagai salah satu grup K-Pop generasi 3, EXO masih menjadi grup idol yang layak dipertimbangkan kemampuannya untuk bersaing dengan grup K-Pop lainnya. Saat EXO comeback dengan lagu Don’t Fight The Feeling di tahun 2021 lalu, menjadi bukti bahwa lagu-lagu mereka masih sangat layak didengar.

MV yang menembus 90 juta viewer, album yang terjual jutaan keping, dan 5 lagu yang menunjukkan kekuatan suara masing-masing member. Semua itu ditempuh oleh enam member (Xiumin, Baekhyun, Chanyeol, Lay, D.O., KAI, dan Sehun, minus Suho dan Chen yang sedang melaksanakan wajib militer) tanpa promosi besar dari agensi mereka, SM Entertainment.

Lalu, apa yang membuat EXO masih memiliki banyak penggemar di tengah ramainya bermunculan idol K-Pop baru di Korea Selatan, dan di saat member-nya mulai aktif melaksanakan wajib militer?

1. Masing-masing member memiliki warna suara yang berbeda dan khas

Jika kalian benar-benar jeli saat mendengarkan lagu-lagu EXO melalui WiFi cepat, tanpa perlu menjadi EXO-L pun, kalian bisa dengan mudah membedakan suara masing-masing member. Kenapa?

Karena 9 member ini memiliki warna suara yang berbeda. Tidak ada yang mirip sama sekali. Tetapi, perbedaan warna suara ini malah menjadi harmonisasi yang baik dalam lagu-lagu yang mereka nyanyikan.

Misalkan saja, vocal line yang terdiri dari Chen, Baekhyun, D.O., sebagai main vocalist, yang didukung oleh Suho dan Xiumin sebagai lead vocalist. Chen dengan kemampuan adlib yang dengan mudahnya dia raih dan sering membuat EXO-L serta fandom lain geleng-geleng, Baekhyun dengan suaranya yang merdu dan dreamy, dan D.O. yang memiliki kemampuan bernyanyi di nada rendah dengan suaranya yang lembut. Ditambah dengan suara Suho yang sangat-sangat-sangat khas, serta suara Xiumin yang renyah.

2. Banyak member memberi banyak keunggulan

Betul, keunggulan ini terlihat saat mereka sudah memasuki masa wajib militer. Dengan pembagian yang pas antara vocal, dance dan rap, tidak menjadi sebuah kesulitan saat bergantian melaksanakan wajib militer. Masing-masing member saling mengisi kekurangan.

Dengan kemampuan yang sangat baik, serta usaha yang saya yakin tidak mudah, masing-masing member di masing-masing line berusaha menjadikan lagu mereka tetap memiliki harmonisasi yang berimbang dan indah. Misalkan saja saat Chen dan Suho melaksanakan wajib militer, masih ada Baekhyun, D.O., dan Xiumin yang memegang kendali di vocal line.

Photo concept EXO untuk FLO. Minus Lay karena ada kegiatan di China.

3. Pembagian line sangat sesuai kemampuan

Kita semua tahu, menjadi idol K-Pop harus memiliki setidaknya 3 kemampuan, yaitu bernyanyi, menari dan wajah rupawan. Begitu pula dengan EXO yang memiliki ketiganya. Tapi, kita semua tahu bahwa SM Entertainment selaku agensi yang menaungi EXO, membagi tugas sesuai dengan kemampuan dan meminta mereka juga fokus pada tugasnya.

Semua member EXO bisa menari dengan sangat baik, tapi untuk urusan dance tingkat dewa, serahkan pada KAI, Lay dan Sehun. Begitu pula dengan menyanyi, semua member bisa menyanyi. Tapi untuk mencapai nada tinggi, mari serahkan pada Chen, Baekhyun dan D.O. Sedangkan untuk rap, diambil alih oleh Chanyeol dan Sehun.

4. Seperti tidak beranjak tua

Kemampuan yang juga dimiliki oleh idol K-Pop adalah wajah yang rupawan. Usia mereka sudah akan memasuki 30 tahunan, tapi wajah mereka yang rupawan bisa disandingkan dengan idol K-Pop lain yang usianya jauh di bawah mereka. Lihat saja Xiumin yang jadi fake maknae di EXO, atau Sehun yang wajahnya seperti ditaburi bubuk berlian.

Bahkan saya pernah bilang di beberapa grup EXO-L, kalau mereka ini seperti vampir! Tidak pernah bisa tua!

5. Berani meningkatkan kemampuan di bidang lain

Salah satu alasan mengapa EXO masih memiliki banyak penggemar adalah karena member-nya mau berusaha mengembangkan kemampuan di bidang lain. Misalkan saja D.O. yang semakin banyak tawaran bermain di film/drama, Xiumin yang terus berlatih vocal dengan kegiatan musikal, Sehun yang memanfaatkan ketampanannya dengan menjadi model beberapa brand Internasional, Lay yang menjadi produser untuk studionya sendiri di China, serta KAI yang sering tampil di variety show.

Dengan mereka melebarkan sayap di bidang lain, besar kemungkinan mereka menjaring fans-fans baru untuk mendengarkan musik-musik mereka. Cerdas!

Senyum KAI yang bikin hati adem ayem

Bicara soal variety show, KAI sendiri sekarang sedang memiliki jadwal di slot ini, dengan judul KAI’s Bucket List. Variety show ini hadir sebanyak 5 episode dengan durasi 20 menit, yang ditayangkan sejak 19 Februari 2022 sampai 9 April 2022, setiap hari Sabtu dan Minggu pukul 16.00 WIB. Dan, kabar baiknya, KAI’s Bucket List ini bisa ditonton secara live streaming di channel YouTube IndiHome.

Kalau ingin menonton secara live streaming, lebih baik prepare dengan internet stabil supaya puas menonton variety show ini tanpa buffering. Dengan menggunakan internet stabil dari IndiHome, kita bisa dengan leluasa menonton episode-episode KAI’s Bucket List, yaitu Road, Dear My Friend, Ballader, KAI, It’s KAI Time, dan Thank U. Karena nanti setelah live berlangsung, link di channel IndiHome ini akan di-private dan tidak bisa ditonton di lain waktu.

Kolaborasi apik antara IndiHome dan CXO Media yang berusaha dengan baik mengenalkan EXO disaat masa hiatus ini, bagi saya perlu sekali didukung. Terutama oleh kita yang berdiri di bawah bendera EXO-L. Dengan menonton KAI’s Bucket List, kita mudah mendapatkan konten berkualitas, dan juga mendukung aktifitas member EXO diluar aktifitas bernyanyi mereka.

Happy listening and watching!

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

0

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Beriman Kepada Hari Kebangkitan (Yaumul Bats)

Image

Mushola dan Air Bersih untuk Pengungsi Cianjur

Image

Rekomendasi Restoran Ikan Bakar di Kota Malang, Telap88

Image

Peduli Gempa Cianjur, APPGINDO Bantu Warga Kampung Ciseupan

Image

Wisudawan Hafidz Quran 30 Juz UM Metro Terima Hadiah Umroh ke Baitullah

Image

Tanamkan Peduli pada Bumi Murid Lab School PAUD Ikuti Penanaman Sepuluh Juta Pohon

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image