Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image taufik sentana

Penting, Membangun Audiens di Retizen

Gaya Hidup | Tuesday, 08 Mar 2022, 21:29 WIB
Dok. Retizen. Tampilan flayer penghargaan Bulanan dari Republika. Edisi Februari. 2022.

Membangun Audiens Di Retizen

******

Anggaplah ini sebagai catatan harian. catatan kecil tentang pengalaman kecil sejak beberapa pekan bergabung di Retizen, Grup Blog Repulika. Atau Retizen itu semakna dengan: warga Republika. atau tepatnya, secara marketing, usaha Republika untuk terhubung dengan sebanyak mungkin warganya"/audiensnya.

Konektivitas tidak bisa kita hindari lagi. era digitalisasi memaksa kita untuk berada dalam pola terkoneksi selalu. Konon pula, entitas Bisnis Media sebesar Republika, tentu sangat perlu untuk membangun audiensnya dengan optimal.

Begitupun Retizener yang terlibat dalam komunitas Blog yang terbuka ini, sangat memerlukan pertimbangan "melek audiens dalam pendekatan karya tulisnya. Yah, tentu dengan model masing masing. karena, yang saya tahu Republika hanya memastikan semua karya sesuai prinsip jurnalisme warga yang bertanggung jawab dan modern.

Maka dalam membangun audiens versi Retizen ini, ada dua bentuk yang dapat dilakukan.

Pertama, secara internal: Yaitu membangun satu pola, atau ragam pola interaksi sesama Retizener agar selalu terhubung lewat dialog dan apresiasi karya.

Dalam poin ini juga, setiap karya yang dihasilkan adalah sebagai wujud informasi, edukasi, dan rekreasi bagi audiens serta pertambahan nilai lainnya sesuai perkembangan pengetahuan.

Di bagian internal ini, saya mencoba memberikan tanda like dan komen pada beberapa karya yang sempat saya baca dan perhatikan. walau belum banyak yang membalasnya. tapi ini adalah sebuah upaya budaya antar-Retizener.

Adapun bentuk kedua, membangun audiens secara eksternal. agaknya ini termasuk positioning tertentu yang diperlukan Republika untuk memperluas jaringan.

Dari sini juga akan terbentuk segmentasi dan mempermudah Republika dalam menganalisa kecenderungan audiens, mengenal kebutuhan mereka baik moril atau materiil.

Maka, tidak ada salahnya bila Blogger Retizen sesekali bersikap Generalis dalam mengisi konten/karya di Retizen, sehingga memperluas potensi jangkauan ke audiens.

Diantara cara standar yang mungkin dapat dilakukan di bagian ini adalah, 1. memastikan materi tulisan yang KHAS dan dibutuhkan audiens. 2. menggunakan prinsip SEO, trend Google, atau Keyword dan semacamnya yang memungkinkan tertaut pada laman pencarian bebas. 3. memperluas komunitas baca dan share atas karya di Retizen. 4. membangun relasi kopi darat dan even even lokal dengan audiens di tiap daerah. dst.

Penutup:

Bagi pembaca baru, yang ingin bergabung bisa langsung KLIK di Halaman Kanan Atas, lalu ikuti tautannya dengan link email pribadi. Atau bisa akses langsung ke mesin pencari, tulis Daftar Retizen,....

Semoga bermanfaat. Mari bersama kita nikmati kegairahan sebagai Bloger di Retizen.

*****

Taufik Sentana. Retizsner Pemula, 199 Artikel sejak medio Januari 2022.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image