Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Muhammad Ramadhani Dimyati

Mahasiswa PMM UMM Malang Melakukan Kegiatan Edukasi Branding dan Packaging Online Marketing

Bisnis | Tuesday, 08 Mar 2022, 07:23 WIB

Dalam penjualan suatu komoditas, pemasaran menjadi salah satu aspek penting yang patut untuk diperhatikan. Pengenalan suatu produk kepada konsumen akan menambah nilai keuntungan pada suatu produk, dimana semakin terkenal produk tersebut maka semakin tinggi juga penjualan dari produk tersebut. Sebaliknya semakin tidak dikenalnya suatu produk maka semakin sedikit penjualan dari produk tersebut. Karena pentingnya pemasaran ini merek dan packaging adalah suatu hal yang krusial, terutama dalam pasar digital.

Pada program Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) yang diadakan Universitas Muhammadiyah Malang, kelima mahasiswa yang tergabung dalam PMM kelompok 44 gelombang 01 melakukan kegiatan edukasi branding dan packaging yang baik dan benar sebagai strategi online marketing pada kelompok tani Desa Slamet, Kec. Tumpang, Kab. Malang (03/03/2022).

Kelima mahasiswa ini mengedukasi anggota kelompok tani Desa Slamet tentang bagaimana strategi marketing dalam pasar digital, mengingat para petani sebelumnya hanya mengandalkan pemasaran secara tradisional.

Maulana Sadewa yang merupakaan koordinator dari PMM kelompok 44 gelombang 01 menjelaskan jika program digitalisasi yang mereka laksanakan kemungkinan akan mengalami beberapa kendala mengingat ini adalah pertama kalinya kelompok tani Desa Slamet diajak terjun kedalam pasar digital.

“kemungkinan besar kendala kami dalam mendigitalisasi pemasaran sayuran di Desa Slamet adalah culutural gap, dimana saat pertama kali program ini berjalan masyarakat kebingungan bagaimana optimalisasinya” ucapnya.

“namun, kami akan berusaha mengoptimalkan program ini dengan menggandeng anak muda Desa Slamet agar mereka mampu membimbing para kelompok tani ketika program pengabdian kami telah seselai, kami juga akan mengawasi jalannya program ini sebaik mungkin” tambah Maluana Sadewa.

Program ini mungkin terdengar sulit akan tetapi PMM kelompok 44 gelombang 01 optimis jika digitalisasi marketing ini akan terwujud dengan baik.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image