Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Rangga Sahputra

Pembentukan Komcad Sudah Tepat, Perkuat TNI Jaga Kedaulatan Negara

Info Terkini | Monday, 07 Mar 2022, 18:56 WIB

Perang antara Rusia dan Ukraina berdampak luas pada dunia dan kapan saja perang bisa terjadi. Langkah Pemerintah dalam membentuk Komponen cadangan (Komcad) di masa tenang atau damai sudah tepat.

Komcad diperlukan pada saat negara sedang genting atau berperang. Dengan adanya personil atau SDM yang kuat dalam militer negara Indonesia akan disegani negara lain.

Dalam sejarah Indonesia sendiri juga telah mengenal Komcad dan diperingati setiap 6 Maret. Apalagi, wilayah Indonesia yang begitu luas dan menjadi incaran asing dalam sumber daya alam.

Belum lagi, bangsa kita sudah pengalaman menghadapi penjajah. Ingat, kemerdekaan yang kita peroleh saat ini adalah atas perjuangan para pahlawan rakyat Indonesia yang rela mengorbankan jiwa raganya.

Kita percaya dengan kekuatan dan ketangguhan TNI yang menjadi kebanggaan bangsa. Tentunya, dengan adanya Komcad akan memperkuat dalam menjalankan tugas menjaga kedaulatan.

Ingat, ancaman militer bisa terjadi kapan saja mengingat kondisi regional, global, kawasan yang kian memanas. Komcad akan siap diterjunkan pada saat negara sedang diserang negara lain.

Sebagaimana diinformasikan Pengamat militer Nuning Kertopati menilai langkah pemerintah Indonesia sudah tepat, dengan menyiapkan komponen cadangan (komcad) sejak dini di masa damai, yang sewaktu-waktu dapat dimobilisasi oleh negara untuk memperbesar dan memperkuat kekuatan TNI mengingat perang bisa terjadi kapan saja.

Hal ini berkaca dari konflik Ukraina-Rusia, di mana Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky telah resmi menekan dekret mobilisasi Komcad militer untuk menghadapi Rusia. Dengan berlakunya dekret ini, Komcad militer yang berisikan masyarakat sipil berusia 18-60 tahun bisa dipanggil untuk memperkuat militer selama satu tahun ke depan.

“Tentu saja sudah tepat Indonesia memiliki Komcad. Terlebih (Komcad) juga merupakan amanat UU,” kata Nuning dalam keterangannya, Sabtu (26/2/2022).

Jadi, keberadaan Komcad patut diapresiasi dan mendapat dukungan dari seluruh masyarakat. Apalagi, warga negara Indonesia dikenal memiliki jiwa nasionalisme yang tinggi.

Maju terus TNI dengan profesionalisme yang tinggi dalam menjaga tanah air Indonesia.

 

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image