School Strategic Discussion (SSD) Sekolah Alam, Gebrakan Mutu Pendidikan SD Muhammadiyah Kedundang d

Image
nuril khomsiyati
Eduaksi | Sunday, 06 Mar 2022, 09:25 WIB

Gebrakan dalam dunia pendidikan sangat dibutuhkan. Hal ini karena kualitas pendidikan di Indonesia masih kurang. Gebrakan ini sangat luas tentunya salah satunya adalah program untuk memajukan sekolah. School Strategic Discussion atau lebih dikenal dengan SSD merupakan salah satu program yang berisi masukan dari kumpulan orang yang memiliki pikiran terbuka dan ide cemerlang. Kegiatan ini bertujuan untuk merancang program-program yang akan dilakukan oleh sekolah selama 1 tahun ke depan.

Materi disampaikan oleh konsultan MT School yaitu tentang sekolah alam. Sekolah alam adalah sekolah yang memadukan antara kurikulum sekolah dengan kurikulum alam. Kurikulum alam memuat beberapa kurikulum diantaranya kurikulum kepemimpinan (leadership), kurikulum akhlak, kurikulum bisnis dan kurikulum logika. Pemaparan materi berlangsung selama 15 menit kemudian dilanjutkan dengan diskusi. Semua orang yang hadir dibagi menjadi 4 kelompok dan masing-masing kelompok membahas tentang program kerja, sasaran dan rencana pelaksanaan masing-masing kurikulum sekolah.

Pada hari Selasa, 22 Februari 2022 kemarin, SD Muhammadiyah Kedundang telah melaksanakan salah satu program dari Moral Technology School atau biasa disingkat MT School yaitu SSD. Tema SSD kali ini adalah “MT Scholl 2022 Menuju Sekolah Eduwisata Berwawasan Lingkungan”. Kegiatan ini diikuti oleh 31 orang yang terdiri dari tokoh masyarakat, wali siswa, guru, karyawan dan stakeholder sekolah. Kegiatan ini diawali dengan pembukaan dilanjutkan kegiatan inti yaitu pemaparan materi dan diskusi dan diakhiri dengan penutup.

Setelah selesai diskusi, setiap kelompok bergantian maju untuk mempresentasikan hasil diskusi lalu kelompok lainnya menanggapi. Seluruh peserta sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Hal tersebut dibuktikan dari hasil diskusi yang sangat memuaskan. Program kerja tiap kelompok sangat menarik dan update terutama yang diusung oleh kelompk kurikulum logika dan bisnis. Hampir 85% mereka mencetuskan ide program kerja yang belum pernah dilakukan oleh sekolah kami, seperti membudidayakan tanaman Aloe vera, membuat diorama air, berdagang dan membuat hasta karya dari sampah.

Penutup kegiatan SSD ini diakhiri dengan pembagian doorprize, komitmen bersama, doa penutup dan tidak lupa foto bersama. Semua orang yang hadir dalam forum ini melakukan komitmen bersama dengan mengucapkan teks komitmen dilanjutkan tanda tangan secara bergantian. Selesai doa penutup dilantunkan kami lalu melakukan foto bersama sebagai kenang-kenangan. Wajah ceria dan bersinar terlihat ketika hasil jepretan kamera keluar. Alhamdulillah acara SSD kali ini berjalan dengan lancar dan sesuai harapan. Semoga SD Muhammadiyah Kedundang dapat melaksanakan program kerja yang telah dirancang.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Duka Menyapa Dunia Sepak Bola Indonesia

Image

Klub-klub Liga Inggris Sampaikan Belasungkawa Atas Tragedi Stadion Kanjuruhan

Image

Sepakat, TNI-Polri Kuat dan Tangguh Jaminan NKRI

Image

Kakanwil Kemenkumham Sumsel Pimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila di LPKA Palembang

Image

Kakanwil Kemenkumham Sumsel Hadiri Rakernis Fungsi Reserse Narkoba Polda Sumsel

Image

Cara Membeli Antivirus Resmi SMADAV Pro

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image