Terapkan English Fun Learning, PMM UMM Ajak Anak Panti Asuhan Abdul Kadir Kurnia Merancang Notebook

Image
Adila Dima
Eduaksi | Sunday, 06 Mar 2022, 01:59 WIB
Mahasiswa PMM UMM Kelompok 53 Gelombang 2 membuat notebook berisi Descriptive Text bersama anak-anak Panti Asuhan Abdul Kadir Kurnia Kota Malang.

Sekelompok mahasiswa yang tergabung dalam program Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) dari Universitas Muhammadiyah Malang melaksanakan kegiatan edukasi di Panti Asuhan Abdul Kadir Kurnia Kota Malang.

Mahasiswa PMM Kelompok 53 Gelombang 2 dari jurusan Pendidikan Bahasa Inggris menerapkan “English Fun Learning” untuk anak-anak panti asuhan belajar Bahasa inggris dengan cara yang menyenangkan, salah satunya membuat notebook.

Tujuan dari kegiatan ini ialah untuk meningkatkan minat belajar anak-anak panti asuhan dalam memahami materi Bahasa Inggris terutama Descriptive Text. Selain mendalami pelajaran Bahasa Inggris, pembuatan notebook juga dapat mengasah kreativitas anak dalam menuangkan idenya dalam bentuk prakarya.

Proses pembuatan notebook bersama anak-anak Panti Asuhan Abdul Kadir Kurnia

Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 19 Februari 2022 yang diawali dengan penjelasan materi Descriptive Text. Anak-anak diminta untuk mendeskripsikan benda-benda di sekitar mereka menggunakan Bahasa Inggris. Kegiatan ini juga dilanjutkan dengan bermain mini games seperti tebak kata.

Kemudian, mahasiswa PMM mengajak anak-anak panti untuk merancang notebook berisikan teks deskripsi tentang buah-buahan. Pembuatan notebook ini menggunakan kertas manila yang dilipat dan dibentuk seperti buku. Anak-anak diberi kesempatan untuk menggambar buah-buahan yang ingin mereka deskripsikan dengan kertas origami, spidol warna, maupun pensil warna. Mereka juga dibebaskan untuk menghias setiap halaman pada notebook dengan berbagai stiker ataupun gambar yang mereka buat.

Dari kegiatan ini diharapkan dapat bermanfaat bagi anak-anak Panti Asuhan Abdul Kadir Kurnia untuk meningkatkan tingkat kreativitas anak dalam membuat prakarya. Selain itu, anak-anak panti dapat memanfaatkan notebook tentang Descriptive Text sebagai media pembelajaran Bahasa Inggris yang dapat digunakan di masa yang akan datang.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Kesekian Kali

Image

Puskesmas Terbaik DKI Jakarta Berdasarkan Review Terbaru

Image

Ruang Lingkup Morfologi

Image

Pengaruh k-pop terhadap remaja

Image

Prodi Hukum Bisinis Unismuh Makassar Siap Gelar Kuliah Perdana Awal Desember

Image

Video Kreatif Keren Tanpa Asap Rokok Lapas Perempuan Palembang Juara 1 pada HUT Yayasan Jantung Seha

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image