Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ifaturochmah

QRIS Bikin Mudah, Aman, dan Efisien

Eduaksi | Thursday, 03 Mar 2022, 23:57 WIB
sumber: https://www.bi.go.id

Ditengah perkembangan teknologi yang semakin maju, penggunaan dompet digital dengan berbagai macam aplikasi menjadi pilihan masyarakat di era pandemi saat ini.

Pada tanggal 17 Agustus 2019 lalu tepatnya Bank Indonesia meluncurkan metode pembayaran bernama Quick Response Indonesia Standard atau dikenal sebagai QRIS. QRIS merupakan alat pembayaran berbasis QR Code yang bisa discan dengan berbagai aplikasi di e-wallet maupun m-banking. Hingga saat ini sudah sebanyak 13,4 juta merchat menggunakan QRIS sebagai metode pembayaran.

Masyarakat secara umum dapat menggunakan QRIS hanya dengan menggunakan smartphone dengan kamera dan koneksi data dan aplikasi pendukung agar dapat melakukan pembayaran melalui QRIS seperti m-banking, LinkAja, ShopeePay, Gopay, OVO, dan lain sebagainya. Selain itu, transaksi menggunakan QRIS tidak perlu menambah biaya admin, karna QRIS ini tidak terdapat biaya tambahan untuk setiap transaksinya.

Adapun cara melakukan pembayaran menggunakan QRIS yang sudah di sosialisasikan oleh Bank Indonesia, konsumen dapat memilih dan mengunduh aplikasi pembayaran yang terpasang pada ponsel mereka. Selanjutnya konsumen melakukan registrasi ke salah satu Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) dan memastikan tersedianya saldo untuk melakukan transaksi. Melalui aplikasi, selanjutnya konsumen melakukan scan QRIS pada merchant, memasukkan nominal transaksi, melakukan otorisasi transaksi dan kemudian melakukan konfirmasi pembayaran kepada penyedia barang dan/atau jasa.

QRIS juga menjadi metode yang efisien karna bisa ditemukan dimana saja, selama pedagang tersebut menerima pembayaran melalui QRIS dan memiliki logo QRIS di toko mereka. Bukan hanya masyarakat lokal saja, turis juga bisa menggunakan QRIS apabila sudah memiliki aplikasi yang telah mengadopsi standar EMVCo dapat menggunakan QRIS di semua merchant yang sudah menggunakan QRIS.

Ifaturochmah
STEI SEBI

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image