Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Anthony Tumiwa

Jin Yong, Pengarang Novel Wuxia Legendaris

Gaya Hidup | Thursday, 03 Mar 2022, 12:09 WIB
sumber: Pandadaily

Bagi para penggemar cerita silat mandarin (wuxia), pasti sudah tidak asing dengan nama Jin Yong atau yang di Indonesia lebih dikenal dengan nama logat hokkien, Chin Yung.

Mengutip cerita-silat.net, Jin Yong adalah salah satu seorang penulis dan pengarang novel bertopik cerita silat terbaik yang pernah ada. Gaya penulisannya indah, menceritakan perjuangan para kaum tertindas, sifat ksatria para pendekar, mementingkan detail cerita, dan banyak mengumbar latar belakang sejarah.

Jin Yong lahir di sebuah kota kecil bernama Haining, provinsi Zhejiang, sekitar 125km barat daya dari Shanghai. Haining terkenal akan pemandangan pasang surut dari sungai Yangtze, yang ada diceritakan juga oleh Jin Yong dalam salah satu peristiwa pada cerita silatnya berjudul The Book & The Sword.

Sebenarnya Jin Yong adalah nama pena-nya, sedangkan nama aslinya adalah Louis Cha. Biasa seorang pengarang novel cerita silat suka menggunakan nama pena dibanding nama asli.

Jin Yong meninggal pada tahun 2018 di umur 94 tahun. Semasa hidup, beliau secara keseluruhan mengarang 15 karya cerita silat. Selain novel cerita silat, dia juga mengarang novel bertopik lainnya.

Karya Jin Yong yang paling terkenal adalah 'Pendekar Pemanah Rajawali', yang menceritakan tokoh utama bernama Guo Jing (logat hokkien: Kwee Ceng). Kemudian ada juga novel berjudul 'Kembalinya Pendekar Rajawali' yang merupakan kelanjutannya, serta 'Pedang Langit dan Golok Naga' yang menceritakan petualangan pendekar hebat bernama Zhang Wuji dalam upaya mengusir bangsa Mongol. Ketiga judul novel tersebut sering disebut 'Trilogi Pendekar Rajawali'.

Jin Yong mendapat sangat banyak penghargaan, sebut saja dia diangkat menjadi pejabat the Order of the British Empire (OBE) oleh pemerintahan Inggris pada tahun 1981, kemudian mendapat penghargaan Chevalier de la Légion d'Honneur (1992) dan Commandeur de l'Ordre des Arts et des Lettres (2004 ) oleh pemerintah Prancis

Jin Yong juga mendapat gelar profesor kehormatan dari Universitas Peking, Universitas Zhejiang, Universitas Nankai, Universitas Soochow, Universitas Huaqiao, Universitas Nasional Tsing Hua, Universitas Hong Kong (Departemen Studi Tiongkok), Universitas British Columbia, dan Universitas Sichuan. Jin Yong juga mendapat gelar doktor kehormatan di Universitas Nasional Chengchi, Universitas Hong Kong (Departemen Ilmu Sosial), Universitas Politeknik Hong Kong, Universitas Terbuka Hong Kong, Universitas British Columbia, Universitas Soka dan Universitas Cambridge. Dia juga merupakan rekan kehormatan dari St Antony's College, Oxford dan Robinson College, Cambridge, dan Anggota Waynflete dari Magdalen College, Oxford. Pada tahun 2010, dia memperoleh gelar Doktor Filsafat dalam studi oriental (sejarah Cina) di St John's College.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image