Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ade Sudaryat

Kriteria Generasi Qurrata A’yun

Agama | Wednesday, 02 Mar 2022, 06:19 WIB

Secara bahasa qurrata a’yun berarti penyenang hati; penyejuk mata hati. Dalam al-Qur’an, kata qurrata a’yun ini diulang sebanyak tiga kali dalam tiga surat, yakni dalam surat as-Sajdah : 17; surat al-Qashash : 9; dan surat al-Furqan : 74 (Muhammad Fu’ad Abdul Baqi, al Mu’jam al Mufahras li alfaadh al Qur’an al Kariim, halaman 688).

Surat as Sajdah : 17 berkenaan dengan berbagai macam nikmat yang diberikan kepada kaum mukminin. Allah akan menyediakan berbagai nikmat yang dapat menjadi penyejuk hati bagi mereka yang benar-benar beriman. Sementara seorang mukmin tak bisa menduga-duga nikmat mana yang akan menyenangkan hatinya.

Surat al Qashash : 9 berkenaan dengan kisah Nabi Musa a.s. ketika masih bayi. Karena hasutan ramalan para ahli dukun, hampir-hampir saja Nabi Musa a.s. ketika bayi dibunuh Fira’un. Hatinya luluh ketika mendengar permohonan istrinya untuk mengadopsi sang bayi, semoga kelak akan menjadi sebagai penyenang hati.

Sedangkan surat Q. S. al Furqan : 74 adalah permohonan setiap mukmin sejati agar diberi pasangan dan keturunan yang dapat menyejukan hati yang kelak diharapkan akan menjadi pemimpin orang-orang yang bertakwa.

Apabila kita melakukan analisa sederhana terhadap kriteria qurrata a’yun dari ketiga surat tersebut, di dalamnya kita akan mendapatkan nilai-nilai keyakinan dan keberanian, keteguhan, nilai-nilai kehidupan, kekuatan, dan keteladanan.

Keyakinan atau keimanan yang kuat dalam jiwa seseorang akan menjadikan dirinya yakin akan segala pemberian nikmat dari Allah. Ia tak akan memperdulikan besar dan kecilnya suatu pemberian, namun ia akan melihatnya kepada Dzat yang memberi kenikmatan tersebut.

Karenanya, ia senantiasa bersyukur atas segala pemberian nikmat dari-Nya. Ia sangat yakin, nikmat yang telah diberikan-Nya merupakan bagian dari ukuran kehidupan dari-Nya. Nikmat apapun yang diberikan-Nya akan berharga bagi kehidupan di dunia dan akhirat manakala diterima dengan sepenuh hati, disyukuri, dan dipergunakan untuk mengabdi kepada-Nya.

Sifat lainnya dari seorang yang menjadi qurrata a’yun adalah memiliki sifat pemberani.

Istri Fir’aun berani mengemukakan pendapatnya untuk mengadopsi bayi laki-laki, padahal suaminya seorang otoriter. Pada waktu, Fir’aun memiliki kebijakan yang tak bisa ditawar siapapun, setiap bayi laki-laki harus dibunuh.

Sang istri berhasil membujuk suaminya, dan bayi laki-laki itu pun selamat. Bayi tersebut tiada lain adalah Nabi Musa a.s yang kelak akan mengalahkan Fir’aun sang otoriter.

Dalam kehidupan kesehariannya, seorang yang menjadi qurrata a’yun memiliki keyakinan akan kebenaran aturan Allah dan rasul-Nya. Karena keyakinannya akan segala ketentuan Allah dan kebenaran terhadap aturan-Nya tersebut, ia tak memiliki rasa takut kepada siapapun.

Ia hanya takut kepada-Nya. Buah dari ketakutan-Nya adalah keberanian bertindak tegas dalam menyampaikan kebenaran tanpa meninggalkan tata krama, akhlak yang baik dalam melakukannya.

Ia berpegang teguh kepada nilai-nilai kehidupan hakiki yang telah Allah gariskan. Keimanan yang terpatri di hatinya membuahkan hasil akhlak yang mulia.

Ia sangat yakin sekali kesempurnaan keimanan akan terpancar dalam akhlak yang baik. Kejujuran, keistikamahan, kesabaran, pantang mencerca dan menghina, menegakkan kebenaran dan keadilan selalu menghiasi kehidupan kesehariannya.

Seorang yang berkarakter qurrata a’yun akan menjadi dambaan setiap orang. Ia diharapkan menjadi pelopor dan pemimpin bagi orang lain. Kepemimpinannya diharapkan membawa diri setiap orang, lebih jauhnya lagi umat yang ada di sekitarnya dapat menjalankan ketaatan dan kebaikan menuju rida-Nya.

Untuk dapat memimpin setiap orang atau umat menuju kepada kebaikan, seorang yang berkarakter qurrata a’yun akan menjadikan dirinya cermin bagi orang lain. Dalam arti, ia akan memberikan keteladanan kepada orang lain. Ia pantang menyuruh orang lain melakukan perbuatan baik, sementara dirinya tenggelam dalam kubangan kejelekan.

Seorang yang berkarakter qurrata a’yun akan pantang menjadikan dirinya sebagai sarang kebohongan dan ketidakadilan. Karenanya, ia merupakan orang yang memiliki quwwah atau kekuatan dalam memegang prinsip-prinsip kehidupan. Ia memiliki kekuatan untuk melaksanakan segala perintah Allah dan Rasul-Nya.

Kekuatan, keistikamahan, dan berbagai prinsip hidup yang dimilikinya tak menjadikan dirinya sombong, tak merasa lebih baik dari orang lain. Namun dirinya merupakan orang yang tengah berusaha menjadi lebih baik. Fastabiqul khairat, orang yang sedang berlomba-lomba menuju kepada kebaikan. Ketawadukan dan ketabahan menjadi sikap yang menyertai dalam setiap langkah perbaikan diri.

Kebahagiaan sudah pasti akan kita raih manakala kita memiliki pasangan hidup dan keturunan yang berkarakter qurrata a’yun. Suatu kebahagiaan yang tak akan bisa dibandingkan dengan apapun jika pasangan hidup dan keturunan kita menjadi penyejuk hati di dunia dan akhirat.

Ilustrasi : Membentuk Karakter Anak (sumber gambar : muslimahtimes.com)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image