Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ropiyadi ALBA

Perkalian Unik Angka 11

Eduaksi | Monday, 28 Feb 2022, 12:02 WIB

Matematika menyimpan banyak keunikan, salah satunya adalah perkalian unik angka 11. Sebagai contoh perkalian dua bilangan, yaitu 36 dengan 11. Hasilnya adalah cukup kita menyisipkan hasil jumlah bilangan pertama dan kedua di antara dua bilangan tersebut. Karena 3 + 6 = 9, maka hasil kali dari 36x11 =396. Begitu juga dengan 62 x 11 hasilnya adalah 682, angka 8 berasal dari penjumlahan angka 6 dan angka 2, begitu seterusnya.

Namun, jika hasil penjumlahan antara kedua buah bilangan melebihi sepuluh, maka cukup ditulis angka satuannya, sementara angka puluhannya disimpan, untuk kemudiaan dijumlahkan dengan angka selanjutnya. Contoh, 28 x 11 hasilnya bukan 2108. Ini merupakan jawaban yang salah. Hasil yang benar dari 28 x 11 adalah angka terakhirnya 8, kemudian angka 8 dijumlahka dengan angka 2, hasilnya 10. Namun yang ditulis hanya angka 0 (nol) saja, sementara angka 1 (satu) disimpan untuk kemudian dijumlahkan dengan angka selanjutnya, yaitu angka 2. Sehingga angka 2 ditambah 1 hasilnya 3. Sehingga hasil perkalian yang benar dari 28 x 11 adalah 308.

Terimakasih.***

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image