Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image nur salamah

Kakanwil Kemenag DIY Wisuda 78 Penghafal Alquran di MAN 3 Bantul

Eduaksi | Sunday, 27 Feb 2022, 11:17 WIB

Bantul (MAN 3 Bantul) – Program tahfidz Al Quran di MAN 3 Bantul menjadi salah satu program unggulan dan masuk kedalam mata pelajaran intrakurikuler. Dengan 2 jam pelajaran setiap minggunya program tersebut dibimbing ustadz ustadzah MAN 3 Bantul yang juga merupakan pengasuh dari pondok pesantren di sekitar madrasah. Program yang wajib diikuti seluruh siswa kelas XII tersebut merupakan program mandatory dari Kemeneterian Agama yang bertujuan untuk memberikan bimbingan dan membekali siswa dalam menghafal Al Quran.

Berkaitan dengan program tahfidz tersebut, MAN 3 Bantul menyelenggarakan Wisuda Tahfidz, Sabtu (19/2/22) di MAN 3 Bantul. Menurut koordinator keagamaan, Dra. Rusnani, target hafalan bagi siswa kelas XII adalah hafal juz 30 dan juz 2, termasuk beberapa surat pilihan diantaranya Al Waqi’ah, Al Mulk, Ar Rahman, Yaasiin. “Program tahfidz ini telah 4 tahun dimasukkan menjadi mapel intrakurikuler dan pada tahun ini, sebanyak 78 siswa mampu mencapai target yang diharapkan dan berkesempatan mengikuti wisuda. Bahkan ada 3 siswa yang melampaui target, yakni Dian Lintang Sanga, XII Bahasa (hafal 26 juz), Afifatu Fitriyah, XII MIPA 2 (hafal 16 juz) dan Jasmine Sofia, XII IPS 1 (hafal 13 juz),” ungkap Rusnani.

Sementara itu kepala madrasah, Syamsul Huda dalam sambutannya menyampaikan rasa syukur atas tercapainya target yang dicanangkan “Kami tindak lanjuti mandatori Kemenag untuk memberikan pendampingan dan pembinaan dalam menghafal Al Quran, Alhamdulillah berkat kegigihan dan semangat seluruh civitas, kami bisa menghantarkan 78 hafidz-hafidzah yang siap diwisuda hari ini. Semoga capaian ini akan menambah motivasi adik-adik kelas untuk semakin semangat dalam menghafal sehingga capaian target mendatang akan semakin meningkat,” ujar Syamsul.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) D.I.Yogyakarta, Dr. H. Masmin Afif, M.Ag. Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakan Kemenag) Kabupaten Bantul, H.Aidi Johansyah, S.Ag. M.M. Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kantor Kementerian Agama (Kasi Dikmad Kemenag) Kabuaten Bantul, Ahmad Musyadad, S.Ag. M.S.I. seluruh komite madrasah dan guru pegawai MAN 3 Bantul. Dalam sambutannya selepas wisuda khafidz khafidzoh, Masmin menyampaikan apresiasi setinggi tingginya atas pencapaian prestasi yang cukup membanggakan. Dirinya berpesan untuk menjaga dan merawat Al Quran. “Teruslah menjaga dan merawat Al Quran dengan membaca dan menghafalkan. Selamat bagi yang telah menghafal 26 juz, 16 juz, 13 juz dan juga yang sudah hafal 2 juz. Teruslah menghafal sampai kalian hafal 30 juz. Insya Allah dengan hafalan tersebut, Allah akan memngangkat kalian di derajat tertinggi tidak hanya di dunia tapi juga di akherat,” pesannya.

Masmin juga menambahkan selain menjaga Al Quran, juga sangat penting menjaga sholat yang merupakan kewajiban bagi setiap muslim. Sempurnakan sholat, karena sesungguhnya sholat adalah hal yang akan dihisap pertama kali. Dalam mengakhiri sambutan, Masmin menyampaikan pesan dari kementerian agama untuk madrasah yakni pentingnya penguatan moderasi beragama. Kegiatan diakhiri dengan mauidzoh hasanah oleh Muhammad Jawis, S.S.M.S.I yang menguraikan tentang hikmah Isra’ Mi’raj, sedangkan untuk doa wisuda dipimpin KH.M. Zuban,S.H.I. pengasuh Pondok Pesantren Ar-Rusydi Kanggotan Pleret Bantul. (lif)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image