Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Skyfox official

Tips dan Trik Menghemat Kuota Smartphone Android

Teknologi | Sunday, 27 Feb 2022, 09:09 WIB
Tips dan Trik Menghemat Kuota Smartphone Android
Tips dan Trik Menghemat Kuota Smartphone Android

Tips dan Trik Menghemat Kuota Smartphone Android - Tingginya harga kuota internet saat ini, tidak membuat penggunaan internet semakin menurun. Faktanya penggunaan internet dari tahun ke tahun justru malah semakin meningkat. seberapapun kenaikan harga dari kuota internet yang disediakan provider, kamu tidak bisa berbuat apa-apa selain tetap membelinya karena butuh.

Namun sifat konsumtif ini bisa mulai kamu kurangi untuk menghemat pengeluaran uang untuk memeli kuota smartphone. Pastikan kamu hanya menggunakan kuota internetmu untuk hal-hal yang penting dan positif saja. Ada juga beberapa tips dan trik yang bisa kamu gunakan agar terhindar dari tindakan boros kuota smartphone

Baca Juga : Video Bokeh Museum

Berikut adalah tips dan trik menghemat kuota smartphone Android:

1. Memilih browser yang efisien

Biasanya browser default yang merupakan fitur bawaan dari smartphone bisa mengonsumsi kuota smartphone lebih banyak. Sangat dianjurkan bagi kamu yang ingin menghemat kuota smartphone untuk mengunduh browser seperti opera mini, google chrome dan yang lainnya, karena browser ini dipercaya akan bisa menghemat kuota smartphone.

Hal tersebut diatas dapat terjadi karena pada browser ini memiliki fitur yang mampu mengompres website yang dikunjungi dan juga memiliki fitur data saving “video boost” yang mampu mengurangi proses buffer dan mengoptimalkan kualitas gambar tanpa banyak mengonsumsi data.

2. Mengubah fitur maps ke mode offline

Tips dan trik menghemat kuota smartphone Android lainnya adalah dengan cara mengubah fitur maps ke mode offline. Maps yang terus menerus pada kondisi online dapat menguras baterai dan menguras kuota smartphone, karena

maps akan terus melakukan update location setiap beberapa waktu sekali.

Hal ini tentunya bisa dengan mudah kamu atasi, caranya adalah kamu bisa membuka aplikasi maps, kemudian menyentuh Search Bar di atas aplikasi Maps, lalu menggesernya kebawah sampai terlihat pilihan `Save map to use offline’. Dari sini kamu bisa memilih pilihan save untuk berubah ke mode offline.

3. Membatasi penggunaan data dan mengaktifkan peringatannya

Memanfaatkan fitur “Data Usage Warning” dan “limit System” adalah pilihan yang bijak dalam menghemat kuota smartphone kamu. fitur ini akan memberikan peringatan saat pemakaian data sudah melampaui batas pemakaiannya. Aktifkan fitur ini dengan cara masuk ke Setting > Data usage > Celular data > Set cellular data limit dan tentukan limit sesuai keinginan.

Mengaktifkan peringatan penggunaa data ini tentu harus di sertai dengan komitmen, bahwa kamu aka segera mengurangi penggunaan data saat peringatan telah ditampilkan.

4. Menggunakan Aplikasi `Mailbox` Untuk Keperluan Email

Penggunaan fitur email juga salah satu penyebab yang juga sering membuat kuota smartphone menjadi boros. mulai dari aktivitas menupload dan mendownload file sebagai attachment dari fitur surat menyurat secara elektronik ini tentunya akan membuat kuota akan tersedot dalam jumlah banyak.

Untuk menyelesaikan masalah ini kamu bisa mengunduh aplikasi Mailbox dari Dropbox yang telah tersedia di playstore. Pemanfaatan aplikasi mailbox ini, akan mampu meredam data yang seharusnya tersedot ketika menggunakan fitur email yang bisa berimbas pada penghematan kuota internet.

5. Minimalkan penggunaan aplikasi chatting

Jangan terlalu banyak menggunakan aplikasi chatting, walau sebuah aplikasi chatting hanya akan menggunakan sedikit kuota smartphone, namun terlalu banyak menginstal macam-macam aplikasi chatting juga bisa membuat smartphone menjadi boros.

Gunakan maksimal 3 atau 4 aplikasi chatting saja untuk menghemat kuota smartphone android milikmu.

Berikut itu adalah beberapa tips dan trik yang bisa dilakukan untuk menghemat kuota smartphone android.

Sumber Artikel : Pulpedia.xyz

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image