Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Mukaromah_MTsN 3 Bantul

MTsN 3 Bantul Gelar Wisuda Tahfidz, Kakanwil Kemenag DIY Hadiri dan Serahkan Syahadah Langsung

Info Terkini | Saturday, 26 Feb 2022, 15:50 WIB
Kepala Madrasah Sugeng Muhari, S.Pd.Si bersama Kakanwil Kemenag DIY, Kakankemenag Bantul, Kasi Dikmad Bantul beserta Jajaran dan 32 wisudawan/ti Tahfidz Kelas IX MTsN 3 Bantul

Bantul (MTsN 3 Bantul). Salah satu rangkaian dalam menyemarakkan HAB -54 MTsN 3 Bantul menggelar Wisuda Tahfidz pada Sabtu (26/02/2022) yang diikuti oleh 32 siswa kelas IX MTsN 3 Bantul. Wisuda Tahfiz yang dihadiri oleh Dr. H. Masmin Afif, M.Ag (Kakanwil Kemenag DIY), H. Aidi Johansyah, S.Ag., M.M (Kakankemenag Bantul), Slamet Santosa, S.IP, (Panewu Imogiri), Susilo Hapsoro, S.E (Lurah Wukirsari), Ahmad Musyadad, S.Pd., M.S.I (Kasi Dikmad Bantul), Drs. H. Mugiyanta, M.S.I (Pengawas MTsN 3 Bantul), Wali murid para wisudawan/ti kelas IX, dan seluruh civitas akademika MTsN 3 Bantul.

Acara dibuka dengan penampilan hadrah MTsN 3 Bantul dibawah bimbingan Suroto, S.Pd kemudian dilanjut dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Pembacaan ayat suci Al Quran, Sambutan dari Kepala Madrasah MTsN 3 Bantul, Prosesi Wisuda Tahfidz, Sambutan Kakanwil Kemenag DIY, Pembagian sembako, Do’a khatmil Quran, dan Penutup.

Sugeng Muhari, S.Pd.Si selaku Kepala Madrasah MTsN 3 Bantul mengapresiasi penuh kegiatan Wisuda Tahfidz yang dilaksanakan bersamaan dengan acara HAB -54 MTsN 3 Bantul. “Wisuda Tahfidz menjadi bukti terealisasinya Program Mandatori Kemenag DIY di MTsN 3 Bantul”, ujar Sugeng. Dalam sambutannya, Sugeng Muhari juga menyampaikan rasa haru dan bahagia kepada wisudawan/ti Tahfidz kelas IX MTsN 3 Bantul yang telah bersungguh-sungguh menghafal Al Qur’an, terbukti dengan capaian hafalan siswa yang tidak sedikit.

Adapun capaian juz para wisudawan/ti Tahfidz kelas IX ialah 1 juz (13 siswa), 2 juz (5 siswa), 3 juz (2 siswa), 4 juz (4 siswa), 5 juz (4 siswa), 7 juz (1 siswa), 9 juz (1 juz), 12 juz (1 juz), dan 16 juz (1 siswa) dengan total sebanyak 32 siswa.

Dr. H. Masmin Afif, M.Ag yang merupakan Kakanwil Kemenag DIY menyematkan samir dan memindahkan tali toga kepada 4 Wisudawan/ti terbaik dengan jumlah hafalan juz terbanyak, yakni diantaranya: Najma Lailatus Shofiyyah (16 juz), Adelia Putri Hariyono (12 Juz), Muhammad Roikhan Ihwan (9 juz), Diyah Bening Nur Hidayati (7 Juz). Kemudian dilanjutkan oleh H. Aidi Johansyah, S.Ag., M.M selaku Kakankemenag Bantul yang mewisuda 4 Wisudawan/ti kategori 5 juz, yakni: Alifah Nur Aini, Hanasah Aulia, Muhammad Alfan Syafi’i, dan Mukhlisin Dawan.

Seusai penyematan samir dan pemindahan toga oleh Dr. H. Masmin Afif, M.Ag dan H. Aidi Johansyah, S.Ag., M.M kepada 8 wisudawan/ti dengan hafalan terbanyak, kemudian dilanjutkan oleh Sugeng Muhari, S.Pd.Si selaku Kepala Madrasah MTsN 3 Bantul yang didampingi oleh Siti Chairul Hidayah, S.Pd yang merupakan Kepala TU MTsN 3 Bantul mewisuda 24 siswa dengan kategori hafalan 4,3, dan 1 juz.

Kemudian setelah itu dilanjutkan dengan menjawab pertanyaan yang diajukan oleh Dr. H. Masmin Afif, M.Ag (Kakanwil Kemenag DIY) berupa sambung ayat dan menebak surat. Seluruh Wisudawan/ti Tahfidz menyambut dan menjawab dengan sangat antusias. “Al Quran akan menjadi hiasan terbaik bagi yang menjaganya, oleh sebab itu tugas penghafal Al Quran adalah muraja’ah dan terus muraja’ah agar hafalan Al Quran semakin kuat (dhabit), papar Kakanwil.

Sebelum acara ditutup dengan doa Khatmil Quran, Dr. H. Masmin Afif, M.Ag memberi motivasi dan mauidzah hasanah kepada seluruh para tamu dan undangan untuk mencintai Al Quran dengan semangat membaca, menghafal, dan mengamalkan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara dengan selalu mempupuk keislaman yang moderat dan toleran serta menjunjung tinggi falsafah Pancasila, Bhineka Tunggal Ika.

KH. Masyrukhan, S.Pd dan Widiastuti, SQ yang merupakan pengampu mata pelajaran Tahfidz MTsN 3 Bantul juga mengapresiasi suksesnya Wisuda Tahfidz ini. “InsyaAllah kedepan, kita akan terus berbenah dan melakukan inovasi terbaik untuk mencetak penghafal Al Quran yang disamping memiliki kuantitas hafalan yang banyak dan dhabit juga berjiwa nasionalis”, terang KH. Masrukhan, S.Pd. (muk)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image