Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Roihan Rikza

Tiga Fungsi Masjid untuk Kemaslahatan Umat dan Berdampak Positif Bagi Masjid

Agama | 2024-05-11 21:00:27
Sumber Foto: Takmir Masjid Ar-Raudhah

Bertambah tahun, manajemen masjid di berbagai daerah semakin menunjukkan Kualitas nya. Salah satunya adalah Masjid Ar-Raudhah, Kraksan, Probolinggo, Jawa Timur.

Hari ini. Takmir Masjid Agung Ar-Raudlah Kraksaan menggelar Musyawarah Kerja yang berlangsung di Pantai Bohay, Paiton, pada Sabtu (11/5/2024). Acara ini menjadi forum penting bagi para pengurus masjid untuk membahas strategi dan pelatihan terkait manajemen masjid.

Materi pelatihan manajemen masjid disampaikan secara lugas oleh KH Ahmad Barzan Ahmadi, yang mewakili Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Probolinggo. Dalam penyampaiannya, KH Ahmad Barzan Ahmadi menyoroti pentingnya pengelolaan yang baik dalam menjaga keberlangsungan dan kebermaknaan masjid dalam kehidupan masyarakat.

Kiai Barzan menyoroti tiga komponen pokok sebuah masjid yang menjadi kunci keberhasilannya dalam mewujudkannya sebagai sumber kemaslahatan bagi umat. Komponen ketiga tersebut adalah fungsi idaroh atau manajemen masjid, fungsi imaroh atau memakmurkan masjid, dan fungsi riayah atau pemeliharaan masjid.

“Ketiga fungsi tersebut menjadi fondasi utama bagi keberlangsungan dan kebermaknaan sebuah masjid dalam kehidupan umat,” ujar KH Ahmad Barzan Ahmadi dalam petikan pelatihan yang disampaikannya.

Dalam musyawarah yang berlangsung penuh antusiasme tersebut, peserta dibimbing untuk memahami betapa pentingnya menjaga agar fungsi ketiga utama masjid tersebut dapat berjalan dengan baik. Dengan demikian, masjid tidak hanya menjadi tempat ibadah semata, tetapi juga menjadi pusat kegiatan yang memakmurkan dan mewujudkan kemaslahatan bagi seluruh umat.

Musyawarah Kerja Takmir Masjid Agung Ar-Raudlah Kraksaan ini diharapkan dapat menjadi momentum untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat akan pentingnya peran masjid dalam kehidupan sehari-hari. Melalui kolaborasi yang kuat antara takmir masjid, masyarakat, dan pemerintah, diharapkan masjid dapat terus menjadi tempat yang memberi manfaat luas bagi umat dan menjadi wahana pelatihan spiritual serta sosial yang berkelanjutan.

Disadur dari Tim Media Remas Masjid Agung Ar-Raudlah, Kraksan Probolinggo

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Terpopuler di

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image