Pentingnya Peran Orang Tua dalam Mendukung Atlet eSport Meraih Prestasi

Image
Si Klimis
Olahraga | Friday, 25 Feb 2022, 15:26 WIB

Mempunyai hobi yang bisa memberikan penghasilan pastinya menjadi impian semua orang. Dan di era digitalisasi seperti saat ini banyak sekali hobi yang bisa menghasilkan uang, diantaranya hobi fotografi, videografi dan yang mungkin masih banyak orang belum tahu yaitu hobi bermain game online.

Karena saat ini dunia game online terutama eSport sangat berkembang pesat. Dan banyak sekali kompetisi eSport yang dilaksanakan setiap tahunnya, bahkan setiap kompetisi eSport juga hadiah yang sangat banyak.

Orang Tua Harus Berperan Aktif Mendukung Hobi Anaknya

Peran orang tua memang sangat dibutuhkan dalam mengarahkan hobi anaknya agar bisa menjadi sebuah prestasi bahkan bisa menghasilkan pundi-pundi cuan. Apalagi buat para orang tua yang mempunyai anak yang hobi main game. Jangan dilarang ketika anaknya mempunyai hobi yang positif, Hal yang perlu dilakukan orang tua yaitu memperhatikan dan memberikan dukungan jika memang anak tersebut mempunyai tekat yang kuat dalam meraih mimpinya menjadi atlet eSport, karena kalau dilarang takutnya anak malah akan semakin memberontak.

Langkah yang perlu dilakukan orang tua yaitu lewat pendekatan secara intens, berikan sedikit kebebasan berekspresi namun harus juga diberikan konsekuensi. Misalnya anak boleh bermain game namun jangan lupa belajar, dengan cara ini perlahan anak akan mulai mengerti dan mempunyai jiwa tanggung jawab yang tinggi. Karena bagaimana pun pendidikan adalah yang paling utama.

Dalam hal ini memang orang tua harus mengarahkan anaknya agar bisa membagi waktu dengan baik, karena dengan itu anak pasti akan merasa nyaman karena mendapatkan dukungan penuh dari orang tuanya. Salah satu hal kecil dukungan orang tua kepada anaknya terhadap dunia eSport yaitu dengan menyediakan internet andal di rumah, karena dengan internet cepat sangat berperan penting untuk menunjang performa dalam berlatih eSport dan tak lupa juga harus berlatih tanpa batas.

Jangan Anggap Sebelah Mata Atlet eSport Indonesia

Meskipun cabang eSport masih belum begitu banyak mendapat dukungan oleh masyarakat Indonesia, namun nyatanya atlet-atlet eSport Indonesia mampu bersaing dengan atlet eSport luar negeri, hal ini terbukti dengan banyaknya prestasi yang telah diraih oleh atlet eSport Indonesia, diantaranya yaitu ONIC Esport, Bigetron Esport, BOOM Esport. EVOS Esports, REX Regum Qeon (RRQ).

Seharusnya media-media di Indonesia harus lebih sering mengabarkan ketika atlet eSport Indonesia meraih juara tingkat dunia, supaya masyarakat Indonesia lebih tahu dan memberikan banyak dukungan terhadap cabor eSport di Indonesia.

Dukungan IndiHome Kepada Atlet eSport Lewat Program LEAD

Melihat perkembangan dunia eSport di Indonesia yang sangat signifikan, membuat IndiHome sebagai BUMN Indonesia yang bergerak di bidang jasa layanan teknologi dan informasi juga ikut berpartisipasi meramaikan industri eSport dengan menghadirkan beberapa produk supaya para atlet eSport semakin lancar dalam berlatih dan bertanding.

Tak hanya orang tua saja yang berperan penting dalam mendukung anaknya menjadi atlet eSport, namun pemerintah juga harus mendukung anak muda di seluruh Indonesia supaya bisa berprestasi di dunia eSport, karena pergaulan saat ini sangat mengkhawatirkan sehingga diperlukan wadah bagi anak-anak yang tertarik di dunia eSport.

Salah satu pihak yang sangat mendukung untuk mencetak atlet-atlet eSport yang profesional dan berprestasi yaitu IndiHome yang mana saat ini sedang mengadakan event Limitless Esport Academy by IndiHome (LEAD by IndiHome) yang mana ini merupakan pusat pengembangan atlet eSport untuk komunitas dan antusias eSport Indonesia.

LEAD by IndiHome kali ini mengusung konsep Athlete Enablement yang mana lebih fokus pada proses pendidikan player dari yang dahulu hanya sekedar bermain kemudian menjadi sebuah hobi lalu menjadi sebuah player yang bermain secara profesional dan mempunyai mental juara.

Akademi eSport LEAD by IndiHome sudah dimulai sejak September 2021, dan tak terasa sekarang sudah masuk pada fase puncak inagurasi. Sebelumnya para akademia sudah melewati rangkaian fase kualifikasi dan pembinaan dari para mentor profesional, secara resmi IndiHome mengumumkan 14 akademia yang lulus sebagai atlet eSport Indonesia di Inagurasi LEAD by IndiHome.

Pada saat karantina semua akademia dibina dengan penuh disiplin, baik secara mental dan fisik. Kemudian para akademia juga diuji dengan mengikuti berbagai turnamen eSport tingkat Asia Tenggara, salah satunya adalah Wild Rift Champion SEA (WCS). Tak disangka pada kompetisi yang sangat bergengsi ini, perwakilan akademia LEAD by IndiHome berhasil mendapatkan hasil yang cukup bagus yaitu masuk di enam besar di Indonesia.

Pasti penasaran kan siapa saja sih para akademia yang lolos sebagai atlet eSport binaan LEAD by IndiHome. Ini dia para akademia yang lolos : Henry Nathaniel Reynard, Harry Nathanael Rainier, Muhammad Sholeh Salamudin Putra Pratama, Dewa Fabian, Michael Daniel Tabaraka, Tedy Prihanto, Steven Verdianta, Andrew Kusuma, Justin Welly Panvito, Farid Andika, M Bevi Arianda Anwar, Sultan Yudha Patra, Hizkia Noel Songgigilan dan Muhamad Tabina Widyatna.

Harapannya para akademia lulusan dari LEAD by IndiHome bisa lebih percaya diri karena sudah mempunyai bekal dan mental yang kuat sehingga bisa meraih prestasi setinggi mungkin dan mengharumkan nama Indonesia di ajang eSport dunia.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

0

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Kemenkumham Jateng Gelar Rapat Koordinasi tentang Pengesahan Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2022

Image

Sosialisasi M Paspor Kantor Imigrasi Cilacap Di Tiga Kecamatan Di Kabupaten Banyumas

Image

Tekad KLHK Bangun Hutan Tropis Lewat Indonesia's FOLU Net Sink 2030

Image

Buka Pertandingan Futsal Bulutangkis HDKD ke-77, Kakanwil Pesan Utamakan Sportivitas

Image

Waktu Yang Pas Untuk Ganti Oli Motor Matic

Image

Kemenkumham Jateng Gelar Rapat Koordinasi tentang Pengesahan Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2022

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image