Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Momon Zuherman

Mengapa Menuntut Ilmu dalam Agama Islam Hukumnya Wajib

Agama | Thursday, 24 Feb 2022, 22:39 WIB

Hal yang sering dilalaikan oleh sebagian besar umat Islam, tidak hanya di Indonesia tapi di berbagai negara lainnya, adalah tentang perkara menuntut ilmu.

Banyak dari mereka tidak tahu akan wajibnya menuntut ilmu, walaupun ada yang tahu tapi seakan acuh tak acuh dengan perkara penting ini.

Terdapat banyak hadits yang mengatakan kewajiban menuntut ilmu, salah satunya yang paling terkenal adalah hadits riwayat Ibnu Majah, yang berbunyi:

طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيْضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ

“Tholibul ilmi faridhotan a’la kulli muslimin”

Artinya: “Menuntut ilmu itu wajib atas setiap Muslim” [HR. Ibnu Majah no. 224], dari sahabat Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, dishahihkan Al Albani dalam [Shahiih al-Jaami’ish Shaghiir no. 3913].

Kami hanya menuliskan satu hadis saja, jika ingin membaca semua hadist tentang kewajiban menuntut ilmu, Anda bisa klik link berikut Hadits Tentang Menuntut Ilmu.

Mengapa perkara menuntut ilmu dalam ajaran Agama Islam adalah wajib dan merupakan perkara penting?.

Karena mustahil kita tahu perkara syariat agama ini termasuk didalamnya perihal mana yang halal dan mana yang haram tanpa kita belajar dan bertanya kepada ahlinya (menuntut ilmu).

Padahal ilmu agama ini sangat luas, yang mengatur semua lini kehidupan kita dari bangun tidur sampai tidur kembali, bahkan perihal buang air saja dalam islam di atur bagaimana tata caranya.

Kebanyakan dari kita sudah menganggap bahwa bisa sholat dan ngaji saja sudah cukup dan tidak memperhatikan perihal lainnya yang sangat banyak.

Maka tidak heran jika orang islam saat ini sudah terbiasa dengan perbuatan dosa seperti ghibah, melihat aurat, menyia nyiakan waktu dan lainnya.

Itu semua karena ketidak tahuannya tentang perkara dosa dosa tersebut, dan menganggapnya sebagai hal yang biasa.

Inilah pentingnya kita menuntut ilmu agama dengan menghadiri majelis majelis taklim atau kajian yang saat ini sudah sangat marak ada di setiap kota di indonesia.

Atau kalau alasan kita adalah sibuk, sudah banyak kajian di youtube, artikel di website yang membahas tentang ilmu agama, yang bisa menjadi alternatif untuk belajar agama.

Dan yang terpenting lagi adalah perkara menuntut ilmu ini wajib, artinya jika kita tidak melakukannya maka hukumnya berdosa.

Dan kita harus sadar bahwa waktu yang di berikan oleh Allah kepada kita sehari 24 jam, alangkah tidak beradabnya kita jika tidak bisa meluangkan waktu untuk belajar syariatnya yang mana hal ini adalah sesuatu yang di wajibkan kepada kita.

Ingat hidup di dunia hanya sementara, dan pasti kita akan menghadap ke pada Allah dan menyaksikan alam Akhirat, maka perbanyak amal shalih dengan memulainya dari menuntut ilmu agama.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Jadi yang pertama untuk berkomentar
 

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image