Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Endar Julian

Jarang Diketahui!, Inilah 7 Manfaat Terapi Pijat Untuk Wanita

Gaya Hidup | Wednesday, 23 Feb 2022, 09:01 WIB
Sumber gambar: pexels.com/Arina-Krasnikova - Diedit oleh Endar Julian

Manfaat pijat bagi wanita dapat dirasakan dengan baik jika dilakukan secara rutin atau sesuai kebutuhan. Badan yang pegal-pegal setelah beraktivitas memang paling enak jika dipijat. Nah, Anda yang ingin mengenal macam-macam pijat beserta manfaatnya wajib membaca informasi berikut ini dengan lebih lanjut.

Pijat adalah salah satu terapi yang sangat sering dijadikan pilihan oleh banyak orang untuk memulihkan tubuh dari kelelahan setelah beraktivitas panjang, tidak terkecuali kaum hawa.

Namun tidak banyak yang mengetahui bahwa selain mengembalikan kebugaran tubuh, terapi pijat juga memiliki banyak manfaat lainnya untuk kesehatan. Namun apa saja manfaat pijat bagi wanita tersebut?

Berikut adalah beberapa manfaat pijat bagi wanita tersebut yang mungkin belum anda ketahui.

1. Mempercepat Pemulihan Cedera

Jenis yang cocok untuk manfaat pijat bagi wanita ini adalah pijat swedia. Anda yang mengalami nyeri tubuh ringan bisa mencobanya. Pijat swedia akan menggunakan teknik memijat panjang, melingkar, menekan sendi di seluruh bagian tubuh, hingga memberi getaran.

Tidak salah jika jenis ini populer sebab dapat membantu untuk mengendurkan otot-otot tubuh yang tegang. Dengan begitu, pemulihan akan cedera dapat menjadi lebih cepat.

Sebelum memulai, therapist biasanya akan meminta Anda untuk melepas baju terlebih dahulu. Setelah itu, menutupi bagian tubuh dengan kain.

2. Meringankan Gejala PMS

Siapa yang tidak mengenal pijat aromaterapi? Sebetulnya, jenis ini merupakan penyebutan lain dari pijat swedia. Nah, mirip seperti penyebutannya, therapist akan menggunakan minyak esensial alias minyak beraroma untuk membantu proses pemijatan.

Minyak esensial ini tidak hanya memberikan aroma saja, tetapi berguna untuk membuat tubuh menjadi lebih rileks. Berbagai penyakit pun bisa disembuhkannya, bahkan gejala PMS dapat menjadi lebih ringan.

Tidak hanya bisa dibalurkan ke tubuh, tetapi Anda juga dapat menghirup minyak esensial ini. Biasanya, bantuan diffuser akan tersedia di ruang spa maupun pijat. Anda yang siap meluangkan waktu selama 60-90 menit wajib mencobanya.

3. Mengurangi Ketegangan Otot

Anda sedang mengalami nyeri otot hebat di seluruh tubuh? Coba pijat hot stone massage saja. Seperti namanya, batu panas yang digunakan saat pijat dapat membantu meningkatkan aliran darah. Therapist akan memijat tubuh Anda sembari menggenggam batu tersebut, sehingga suhunya bisa menjalar sampai ke seluruh bagian tubuh.

4. Menyembuhkan Osteoporosis

Selain hot stone massage, Anda juga dapat mencoba yang namanya deep tissue massage. Jenis pijat ini lebih banyak memberikan tekanan pada tubuh dan bermanfaat bagi Anda yang memiliki permasalahan pada otot.

Selain cedera atau carpal tunnel syndrome, Anda dapat mengobati masalah osteoporosis, lho. Pijat jaringan dalam ini akan dilakukan secara perlahan dan lebih dalam, hingga menyentuh lapisan dalam jaringan ikat maupun otot.

5. Meningkatkan Aliran Energi

Manfaat pijat bagi wanita lainnya yang sangat dibutuhkan oleh tubuh adalah mengembalikan keseimbangan tubuh dan meningkatkan aliran energi. Jenis pijat yang dimaksud adalah pijat shiatsu dan membutuhkan keahlian jari jemari, siku, maupun tangan saat melakukannya.

6. Mengobati Migrain

Anda sering stress dan mengalami migrain? Kondisi ini tentunya membuat aktivitas sehari-hari jadi terganggu dan terasa kurang nyaman. Nah, ada pijat thai yang dapat mengatasinya. Jenis pijat ini merupakan perpaduan unik antara yoga dan terapi.

Pijat thai akan memberikan tekanan di sepanjang garis energi tubuh. Selama pijat ini berlangsung, therapist akan menyarankan beberapa posisi untuk melakukannya. Anda bisa duduk, membusungkan dada, atau mengambil posisi peregangan.

7. Mengurangi Stres Saat Hamil

Ketegangan otot, nyeri tubuh, kaki bengkak, dan stress umumnya akan terjadi saat Anda hamil. Pijat saat hamil pun sebetulnya boleh-boleh saja dilakukan, asalkan dengan therapist khusus yang telah memiliki lisensi pijat prenatal.

Oleh karena itu, tekanan yang diberikan akan lebih lembut layaknya pijat swedia. Bagian tubuh yang lebih difokuskan adalah punggung, pinggul, dan kaki yang sering mengalami pegal-pegal.

Setiap jenis memang bisa memberikan manfaat pijat bagi wanita tersendiri. Dengan begitu, Anda bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan dan berkonsultasi terlebih dahulu untuk lebih memperhatikan kondisi tubuh.

Saat ini sendiri, layanan pijat bukan hal yang sulit untuk ditemukan di Indonesia. Anda dapat menawarkan layanan terapi ini di hampir semua kota besar di Indonesia. Bahkan anda dapat menemukan jasa pijat ini melalui pencarian internet menggunakan sejumlah keyword yang spesifik dengan area dimana anda berada, misalnya seperti jasa pijat panggilan Surabaya, pijat terdekat dan lainnya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image