Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image rizki Doel

Mengintip Ramuan Mbah Uti minuman Berkhasiat dari Cakung

Kuliner | Tuesday, 22 Feb 2022, 20:44 WIB

Ramuan Mbah Uti merupakan salah satu produk minuman botanical di wilayah Cakung, Jakarta Timur yang sudah berdiri sejak tahun 2019. Berawal dari keresahan Ibu Lilik Rahayu atau yang akrab disapa Mbah Uti, akan banyaknya daun asam jawa di sekitar rumahnya membuat ia berinisiatif untuk memanfaatkan daun tersebut. Daun asam jawa atau Tamarindus indica L.. diketahui memiliki manfaat dalam menjaga daya tahan tubuh, meredakan kram perut karena menstruasi, dan mencegah diabetes. Hal itu membuat produk Mbah Uti biasa dikonsumsi untuk keperluan kesehatan atau sekedar mempertahankan imun tubuh. Berkat inisiatifnya, ia pun melahirkan usaha rumahan yang berkembang hingga saat ini.

Awal mula usahanya, Mbah Uti yang juga dibantu oleh anaknya hanya memproduksi 3 jenis minuman, yaitu sinom, beras kencur, dan bir pletok. Pemasarannya pun hanya sebatas orang-orang yang ia kenal sehingga omset yang dihasilkan belum maksimal. Namun, kuatnya keinginan Mbah Uti dalam mengembangkan usahanya, kini ia memiliki konsumen yang lebih luas dan sudah berkerja sama dengan Pos Indonesia Rawamangun sebagai penyetok produk tetap. Produknya pun telah mengalami peningkatan dari segi omset, varian rasa, dan label produk.

Tak hanya itu, sejak usahanya terdaftar sebagai binaan Jakpreneur Sudin KPKP JT di Kecamatan Cakung tahun 2021, produk Mbah Uti sudah memiliki izin usaha sehingga ia dapat aktif dalam mengikuti program-program yang tersedia, salah satunya ialah bazar. Tahun 2021, produk Mbah Uti telah mengikuti Bazar PPKUM di Kecamatan Cakung dengan omset penjualan Rp. 500.000. Tahun 2022 pun ia juga turut mengambil peran dalam keikutsertaan pengisi Bazar Jakpreneur KPKP ft Pasar Tani dengan omset Rp. 1.000.000.

Menurut Mbah Uti, seorang wirausaha perlu memiliki komitmen yang kuat dalam mengembangkan usahanya. Kritik dan saran sangat dibutuhkan oleh seorang wirausaha demi meningkatkan kualitas produk dan kualitas pelayanan. Menjaga relasi antar sesama wirausaha dan konsumen pun perlu dilakukan. Ia berharap, produknya bisa lebih dikenal dan memiliki dapur khusus produksi agar mendaptkan izin edar BPOM MD. Selain itu, ia juga berharap dapat membuka lapangan pekerjaan untuk orang-orang yang ada di sekitarnya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image