Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Deffy Ruspiyandy

Cari Tahu Cara Menikmati Tahu

Kuliner | Monday, 21 Feb 2022, 18:56 WIB

Tahu, penganan yang terbuat dari kacang kedelai. Selain murah harganya, ternyata tahu dapat dibuat menjadi berbagai olahan untuk camilan atau teman nasi. Tak mengherankan jika kemudian kita pun begitu mudah membeli di jalanan atau para pedagang keliling yang masuk gang. Sungguh hal ini adalah kenikmatan yang tiada duanya karena tak perlu jauh-jauh pergi karena setiap hari berseliweran para pedagang makanan apapun asalkan kantong kita saja yang tebal.

Bagi mereka yang tinggal di Tatar Pasundan, tahu bukanlah makanan yang asing di mata dan telinga mereka. Dengan tekstur yang lembut serta rasanya yang gurih membuat selera kita untuk menikmatinya menjadi tergerak. Semua itu dapat dinikmati sendiri dan juga bisa dinikmati secara bersama-sama. Itulah tahu yang kini menjadi makanan primadona dengan harga yang relatif murah meriah. Tahu kendati terbilang murahtetapi rasanya lebih memasyarakat dan dapat dinikmati oleh siapa saja.

Kali ini memang tidak sepenuhnya menerangkan keseluruhan penganan tahu baik cemilan maupun teman nasi tetapi setidaknya kali ini kita bisa mencari tahu cara menikmati tahu yang mudah dan harganya murah tetapi nikmathnya luar biasa.

Goreng Tahu Cibuntu

Kalau mereka yang suka datang ke Bandung kalau menyebut tahu Cibuntu tentu mereka sudah mengenalnya. Cibuntu adalah kawasan yang menjadi sentra pembuatan tahu. Selain harganya relatif murah walaupun beberapa waktu lalu agak sulit bahan yang menyebabkan kenaikan harga. Cara penyajiannya bregitu mudah karena tinggal digoreng dengan waktu sekitar lima menit saja, tahu kemudian bisa dinikmati.

Tahu Cibuntu dominan berwarna kuning karena sewaktu pembuatan menggunakan pewarnanya adalah kunyit dan berbentuk kotak dan dibeli dengan menggunakan plastik. Memiliki uang sepuluh ribu npun cukup untuk membeli tahu yang satu ini. Karena dekat pasar makanyabisa membeli pada malam hari dan tahu yang dibeli dalam keaaan baru.

Tahu Cibuntu paling mudah digoreng menggunakan mintyak kelapa, dan setelah matang enak dinikmati dalam keadaan panas. Tanpa kecap pun dinikmati langsung tahu tersebut enak apalagi memakai kecap. Terutama bagi yang suka pedas kecapnya tinggal diberi cabai rawit saja. Uh pasti Yummy rasanya.

Goreng Tahu Sumedang

Tahu Sumedang yang siap disantap (FOTO https://pabriktahu-sumedang-mbu)

Goreng tahu Sumedang merupakan penganan yang enak dinikmati ketika tahu sedang hangat atau panas. Banyak orang yang memakannya dengan lontong atau malah dimakan dengan cabai rawit. Tak sedikit pula ada yang memakainya dengan kecap yang dicampur cabai rawit. Hal ini menunjukkan jika makanan khas Kota Sumedang ini menjadi makanan favorit banyak orang.

Ternyata untuk mendapatkan tahu Sumedang tak pertlu datang ke tempat itu karena sekarang sudah banyak yang berjualan di mana-mana bahkan ada juga yang menjualnya sekarang keliling dan masuk pula ke gang. Dengan harga relatif murah, tak mengherankan banyak oarng membeli dan poensial penjualnya mendapatkan keuntungan.

Penganan yang terbuat dari kacang kedelai ini memangmemiliki tekstur tahu yang lembut dan jika digoreng maka akan terlihat kecoklatan tetapi ketika dimakan sungguh terasa renyah di lidah ketika mengigitnya. Harganya cukup murah hanya Rp 500,-/buah. Kalau beli di Sumedang biasanya pakai wadah anyaman bamboo sedang di tempat lain bisa dibeli dengan menggunakan kantung kertas.

Goreng Tahu Bulat

Jenis makanan yang satu ini tren dan menjadi makanan favorit di Kota bandung dalam lima tahun terakhir ini. Disebut tahu bulat karena bentuknya yang bulat dan tidak persgi Panjang. Biasanya tahu yang satu ini dijual di gerobak atau dijual dengan menggunakan mobil pick up dengan promo iklan melalui lagu yang khas menggunakan Bahasa Sunda. Harganya relatif murah Rp 500,-/buah.

Tahu Bulat digoreng dadakan 500an,anget-anget,gurih-gurih Enyooooiiii. Inilah liri kyang biasa kita dengar kalau ada yang jualan tahu bulat. Tahu bulan merupakan satu fenomena tersendiri di mana tahu ternyata bisa menjadi makanan favorit orang-orang tanpa melihat kasta.

Tahu bulat sebenarnya jika dimakan rasanya ya seperti tahu pada umumnya namun agak sedikit kenyal. Enak dinikmati panas-panas dan bisa dimakan dengan menggunakan toping garam atau keju. Tahu ini enak dinikmati dan memasyarakat.

Tahu Gejrot

Tahu gejrot siap dinikmati (FOTO : Deffy Ruspiyandy)

Salah satu makanan yang bahannya tahu adalah tahu gejrot. Makanan ini asli makanan khas Cirebon dengan menggunakan wadah khusus yang terlebih dahulu bawang merah, gula merah dan cabai rawit diuleg ringan seperti membuat sambal lalu diberi cairan seperti kecap untuk menambah arsa nikmat saat tahu gejrot itu dinikmati.

Bagi mereka yang suka pe]das maka bisa ditambah cabai rawitnya sedang kalau tanpa menggunakan cabai raiwt maka rasanya terasa manis. Bagi mereka yang suka bawang merah mentah maka makan tahu gejrot akan terasa sensasi tersendiri jika memakan bawangnya tapi hati-hati bisa menimbulkan bau di mulut.

Dengan lima ribu rupiah saja kitab isa menikmatinya dan itu terbilang murah karena rasa nikmat yang diberikan mungkin jauh dari harga itu. Menikmati tahu gejrot bisa kapan saja apalagi saing hari dan memakai cabai rawit maka nikmatnya akan luar biasa menyegarkan.

Goreng Tahu Crispy

Goreng tahu jenis ini ada yang mengatakan tahu Sumedang KW. Jadi ada jenis tahu yang dibaluti tepung crispy sehingga mirip dengan tahu Sumedang yang dijual Rp 500,_/buah. Rasanya gurih karena memakai tepung crispy itu dan rasa tahu seperti tahu pada umumnya.

Namun untuk cemilan di waktu senggang tahu ini enak juga untuk dinikmati. Tahu jenis ini memang enaknya untuk dimakan langsung. Tak mengherankan juika banyak ana-anak pun suka menikmati jenis tahu yang satu iniapalgi mereka bisa membelinya karena harganya murah.

Memang tahu ini bisa dibuat sendiri dengan bahan-bahan yang ada tetapi untyuk memudahkan kita menikmatinya, ya belilangsung saja karena saat ini banyak juga yang berjualan masuk ke gang-gang.

Sekali lagi, walaupun tahu itu harganya murah tetapi rasanya tidak murahan. Dan perlu diketahui pula jika tahu adalah makanan yang merakyat sehingga siapapun dapat menikmatinya tanpa harus merogoh kocek dalam-dalam.***

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image