Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Kamar Ketawa

Humor Segar: Ragam Cara Wartawan Nulis Berita Sepak Bola

Curhat | Monday, 21 Feb 2022, 07:59 WIB
Humor untuk menyegarkan perasaan dan pikiran.

Tidak semua peliput event-event olahraga adalah wartawan olahraga. Dalam beberapa event besar seperti Asian Games, Olimpiade, ajang Piala Dunia, dan Piala Eropa, media mengirim wartawan yang sama sekali tidak memiliki background kuat di olahraga.

Ada wartawan ekonomi, pendidikan, dan lainnya yang dikirim. Akibatnya, isi beritanya pun jauh dari konten olahraga yang seharusnya.

Berikut contoh-contohnya:

Wartawan Kriminal

Judul: Final Piala Afrika Sempat Rusuh, 3 Orang Tewas

Final Piala Afrika diwarnai kerusuhan antarsuporter yang menewaskan tiga orang dan melukai sedikitnya 20 lainnya. Polisi telah menahan 200 suporter dari tim Persija dan Persipura yang sampai saat ini masih diinterogasi secara intensif.

Wartawan Ekonomi

Judul: Inflasi Tinggi Ancam Ekonomi Qatar

Ajang Piala Dunia 2022 di Qatar akan memberikan dampak besar bagi ekonomi negara tersebut. Inflasi tinggi siap mengancam.

Wartawan Pendidikan

Mayoritas Pemain Portugal Hanya Lulus SMA

Hampir 60 persen pemain nasional Portugal mengenyam sekolah hanya sampai SMA. Mereka lebih memilih sepak bola dibandingkan melanjutkan studi mereka. Memang, ada 10 persen yang sempat kuliah di beberapa kampus tak begitu terkenal di Portugal.

Dibandiingkan tim nasional Inggris yang hanya 30 persen pemainnya lulus SMA, Portugal termasuk tim terbanyak yang pemainnya tidak berpendidikan tinggi. Inggris memiliki 50 persen pemain yang lulus kuliah strata satu.

Wartawan Politik

Jika Pemilu Sekarang, Orang Belanda Jadi Walikota Bern

Warga Belanda bisa terpilih sebagai walikota Bern, Swiss, jika pemilu digelar bersamaan dengan Piala Eropa 2008. Maklum saja, jumlah penduduk Bern hanya 50 ribu sementara suporter Belanda yang datang ke kota itu mencapai 70 ribu.

Wartawan Hiburan

David Villa Bak Freddy Mercury

David Villa bak Freddy Mercury yang menjadikan panggung sebagai theater, bukan sekadar menyanyi. Villa pun melakukan itu saat membawa Spanyol tampil sebagai juara Eropa 2008. Ia tidak cuma bermain bola, tetapi Villa sedang konser.

Ia tidak hanya menggiring bola dan menendangnya, tetapi juga mengolahnya penuh irama, turun naik seperti Queen membawakan lagu-lagu penggugah hidup. Villa mampu menyihir puluhan ribu suporter di stadion dan jutaan lain di seluruh dunia dengan aksi-aksi teatrikalnya yang mempesona.

Wartawan Agama

Perhatikan Umat Beragama di Setiap Kejuaraan Bola

Ribuan suporter Turki mengeluh tidak adanya tempat ibadah saat mendukug tim kesayangannya tampil di Piala Eropa Swiss-Austria. Mestinya, dengan kehadiran 20 ribu orang Turki, panitia menyediakan mushala atau masjid kecil agar panggilan ibadah agama bisa dilaksanakan karena ini merupakan hak asasi setiap manusia.

Wartawan Lingkungan

Tingkat Kebisingan Capetown Naik 200 Persen

Sebagai akibat pelaksanaan Piala Dunia di Capetown, Afsel, terjadi lonjakan tingkat kebisingan sampai 200 persen. Para ahli menyatakan, kenaikan tajam itu berdampak kuat terhadap kesehatan masyarakat, terutama pendengaran dan kepala. Apalagi, panitia tidak mengantisipasi kenaikan itu dengan menyediakan tempat-tempat yang ramah lingkungan.

Wartawan Gadungan

Federer Siap Kapteni Swiss

Roger Feederer siapa mengapteni kesebelasan Swiss di Piala Dunia 2022. Ia sudah menyiapkan jurus andalan untuk mengalahkan lawan-lawannya, termasuk smash silang dan permainan net yang memukau .

Kamu tipe wartawan apa ya...?

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image