Tanpa Kabel, Tanpa Batas: Masa Depan Pengisian Kendaraan Listrik Nirkabel
Teknologi | 2025-05-26 09:11:19
Bayangkan Anda cukup memarkir mobil listrik, lalu langsung meninggalkannya—tanpa perlu mencolok kabel. Begitulah cara kerja Wireless Power Transfer (WPT), teknologi nirkabel yang mengubah cara kita mengisi daya kendaraan listrik (EV). Di balik inovasi ini, terdapat peran penting dari teknik elektro yang terus mengembangkan sistem efisien, aman, dan kompatibel.
Wireless Power Transfer (WPT)
WPT menggunakan induksi magnetik untuk mengirimkan energi dari pad pengisi ke kendaraan, tanpa sentuhan fisik. Sistem ini telah berkembang dari daya 3 kW hingga 300 kW, dan bisa mengisi bus listrik hanya dalam satu jam.Perusahaan seperti Momentum Dynamics dan WiTricity bahkan telah mencapai efisiensi lebih dari 90% dengan jarak celah udara hingga 30 cm.
Kelebihan sistem ini bukan hanya pada kenyamanan. Teknologi ini juga menghilangkan risiko tersandung kabel atau terkena kejutan listrik saat hujan. Saat WPT diterapkan secara dinamis di jalan, kendaraan bisa mengisi daya sambil melaju—artinya tidak perlu lagi menunggu di SPBU listrik
Namun, pengembangan WPT tidak mudah. Para insinyur elektro harus merancang kumparan dan jaringan kompensasi dengan presisi tinggi. Efisiensi sistem sangat bergantung pada kualitas induktansi, koefisien kopling, dan keselarasan antara pengirim dan penerima. Standar internasional seperti SAE J2954 dan ICNIRP 2010 memastikan bahwa sistem ini aman untuk manusia, bahkan saat digunakan di ruang publik.
Masa depan WPT juga mencakup integrasi dengan jaringan pintar (smart grid) dan vehicle-to-grid (V2G), memungkinkan EV berkontribusi dalam menyimpan energi terbarukan. Dengan terus mendorong efisiensi dan penyesuaian standar, teknik elektro memainkan peran utama dalam revolusi mobilitas tanpa kabel.
Kini, tantangan terbesar bukan lagi teknologi, tapi kemauan dan investasi untuk mengadopsi WPT secara luas. Jika berhasil, kita tidak hanya memutus kabel—kita juga memutus ketergantungan pada energi fosil.
Terima Kasih
Referensi;
- Li, S., & Mi, C. C. (2015). Wireless Power Transfer for Electric Vehicle Applications. IEEE JESTPE.
- Mahesh, A. et al. (2021). Inductive Wireless Power Transfer Charging for Electric Vehicles: A Review. IEEE Access.
Disclaimer
Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.
