Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image

Kemajuan Pusat Layanan Kesehatan Unair dari Pengalaman Mahasiswa

Info Sehat | 2025-01-09 13:04:25

Klinik Pusat Layanan Kesehatan Universitas Airlangga (PLK) merupakan prasarana penunjang di Universitas Airlangga yang memberikan fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP). Bekerja sama dengan BPJS Kesehatan dan diresmikan pada 1 November 2014. Fasilitas diberikan kepada mahasiswa, dosen, karyawan, dan masyarakat umum. PLK Unair tetap menerima pasien non BPJS, namun ada biaya pemeriksaan dan administrasi yang harus dibayarkan. PLK Unair terdiri dari beberapa fasilitas kesehatan, yaitu unit pemeriksaan umum dan gigi.

Unit umum melayani pelayanan kesehatan tingkat pertama yaitu Riwayat Jalan Tingkat Pertama (RJTP), meliputi : pemeriksaan, pengobatan, konsultasi medis, tindakan medis non spesialistik , baik operatif maupun non operatif, pelayanan obat dan bahan medis pakai serta pemeriksaan penunjang diagnostik laboratorium tingkat pertama (dasar) sesuai dengan Panduan Praktik Klinis (PPK) Dokter Umum. Unit gigi melayani pemeriksaan, pengobatan, konsultasi medis, premedikasi (pemberian obat sebelum induksi anestesi dengan tujuan untuk melancarkan induksi, pemeliharaan dan pemulihan anestesi), kegawatdaruratan oro dental (kumpulan diagnosa yang berpotensi mengancam jiwa dan memerlukan perawatan segera), pencabutan gigi sulung, pencabutan gigi permanen tanpa penyulit, obat pasca ekstraksi, tumpatan komposit, glass ionomer cement dan scaling.

PLK UNAIR menggagas pelayanan baru yaitu konsultasi dokter online gratis sejak pandemi tahun 2020. Hal ini sangat membantu pasien untuk mendapat kemudahan informasi kesehatan. Harapannya semakin banyak pasien yang memanfaatkan konsultasi dokter online ini untuk meningkatkan derajat kesadaran tentang kesehatan, pencegahan penyakit (konsultasi sehat dan sakit) dan literasi tentang prosedur BPJS Kesehatan. Konsultasi online ini dapat dilakukan oleh dokter umum dan dokter gigi PLK Unair. PLK Unair memiliki dua lokasi yaitu Klinik PLK-UA Kampus B UNAIR dan Klinik PLK-UA Kampus C UNAIR. Konsultasi online dilayani oleh 2 dokter umum dan 2 dokter gigi. Konsultasi dilakukan dengan menggunakan aplikasi Whatsapp dan aplikasi JKN mobile. Hal ini sangat memudahkan pasien ditengah kesibukan yang sangat padat.

Dari sudut pandang saya sebagai mahasiswa yang pernah mengunjungi PLK di poli umum dan poli gigi, PLK Unair menawarkan akses yang mudah dan terjangkau terhadap layanan kesehatan. Pada 7 November 2024, saya berkesempatan untuk datang ke PLK Kampus B Unair untuk konsultasi dan berobat. Cara mendaftar sebagai pasien yang pertama kali datang menurut saya cukup mudah. Saat datang anda akan disambut dengan mesin layar sentuh khusus pendaftaran. Cukup masukkan nomor BPJS, namun jika tidak memiliki BPJS bisa memakai data diri lainnya seperti nomor NIK. Setelah mendaftarkan diri dan mendapat nomor antrian, bagi anda yang baru pertama kali datang bisa duduk terlebih dulu sambil menunggu dipanggil petugas PLK Unair untuk mengisi data diri di lembar kertas. Bagi anda yang sudah pernah ke PLK Unair hanya perlu menunggu sampai dipanggil petugas kesehatan untuk masuk ke ruangan poli ataupun bisa melihat nomor antrian di layar TV. Setelah berkonsultasi dengan dokter, pasien diberikan resep obat dan mengambil obat di apotek sebelah PLK. Untuk pasien non BPJS harus membayar biaya konsultasi, administrasi, dan obat jika diresepkan.

Tantangan seperti antrian yang panjang dan ketidakpastian dalam waktu tunggu masih merupakan masalah yang cukup umum di fasilitas pelayanan kesehatan di Indonesia. Menurut saya hal tersebut masih wajar, karena waktu dalam menangani pasien pastinya berbeda-beda. Solusi yang dapat dilakukan adalah sistem antrian digital komprehensif solusi yang paling efektif untuk mengurangi antrian panjang adalah dengan implementasi sistem antrian digital. Sistem ini termasuk dengan sistem janji temu dan pendaftaran online, memudahkan pasien untuk mendaftar dan mendapatkan layanan, serta meningkatkan efisiensi operasional klinik. Pasien dapat mendaftar secara online, menerima notifikasi antrian, dan mendapatkan informasi yang relevan.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image