Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Wira Kusumah

Teknis Dasar Bulutangkis dan Manfaat Bermain Bulutangkis Bagi Pekerja

Olahraga | Thursday, 17 Feb 2022, 18:40 WIB
Dokumen Pribadi. Bermain Bulutangkis di Lapangan Upnormal Gorontalo.

Siapa sih yang gak kenal olahraga Bulutangkis? Apalagi nonton serunya pertandingan Bulutangkis Bang Mpin dan Koh Sinyo di tiap pertandingan itu The Minions pada saat ketemu dengan The Two Tower dan atau melawan Benteng Takeshi dari Jepang, yang amat susah di tembus pertahanannya oleh The Minions.

Allright, sebelumnya mari kita bahas sekilas soal teknis dasar bermain bulutangkis terlebih dahulu yah !!!

Pertama-tama soal peraturan bermain bulutangkis itu sendiri, dimana untuk bermain bulutangkis ya sobat harus menyiapkan perlengkapan terlebih dahulu seperti Raket dan Kok serta pastinya sobat musti berada yah di lapangan bulutangkis, jangan di area lapangan yang terdapat hembusan angin (hahahaha).

Selanjutnya jumlah pemain terdiri dari pemain tunggal, ganda putra/ wanita dan ganda campuran. Untuk penentuan awal permain itu di tentukan dengan melempar koin untuk pemain yang melakukan service pertama dan atau dengan cara undian lainnya yang disepakati bersama.

Yang terakhir untuk penghitungan skor bulutangkis, pada match 1 dan 2 berlangsung hingga 21 poin, namun apabila terdapat deuce pada poin 20, maka akan berlanjut terus hingga poin menjadi selisih 2 poin dan poin maksimal pada pemain yang pertama kali mendapatkan poin 30, lalu apabila seri pada match 1 dan 2 maka akan berlanjut ke set ketiga.

Ilustrasi Undian Servis Pertama Dalam Permainan Bulutangkis

Selanjtunya mari bahas soal pelanggaran dalam permainan bulutangkis, diantaranya :
1. Kok menyangkut di net
2. Raket menyentuh net saat memukul kok
3. Saat melakukan pukulan, raket melewati net dan masuk ke area tim lawan
4. Kok sudah di pukul tetapi jatuh di area sendiri (tidak berhasil melewati net)
5. Saat menerima servis, pemain sudah bergerak duluan sebelum kok berhasil dipukul
6. Saat melakukan/ menerima servis, pemain menginjak garis batas lapangan
7. Kok jatuh diluar lapangan atau meluncur lewat bawah net
8. Kok dipukul dua kali, baik oleh satu pemain maupun dua pemain dalam satu tim (terjadi fault)
9. Pemain sengaja mengulur-ulur waktu permainan
10. Pemain secara sengaja melakukan hal yang mengganggu tim lawan.

Selanjutnya, teknik atau cara memegang raket ada 2 macam yakni teknik forehand dimana teknik ini sama halnya ketika sobat memegang benda pada umumnya. Tangan harus menggenggam pegangan raket, sedangkan telunjuk dan ibu jari membentuk sudut atau huruf V. Teknik yang kedua yakni teknik backhand yakni hampir sama seperti forehand, hanya saja posisi ibu jari tidak bertemu dengan ujung jari lainnya, melainkan disejajarkan dengan pegangan raket sehingga mendekati telunjuk.

Gambar Raket dan Kok Bulutangkis

Pada posisi badan atau sikap berdiri sobat, dimana posisi badan sobat harus bertumpu pada kedua kaki, lalu kedua kaki dibuka selebar baru dan agak ditekuk. bisa juga salah satu kaki kedepan dan yang lainnya sedikit ke belakang dan tangan agak diangkat serta ditekuk sehingga raket sejajar dengan dada atau kepala.

Pada kerja kaki atau dalam hal ini footwork, olahraga bulutangkis menuntut para pemain untuk bergerak lincah dan cepat karena peran kinerja kaki ini sangat penting dalam permainan. Kaki tidak hanya untuk memposisikan badan, tetap juga jadi tumpuan sekaligus pusat keseimbangan tubuh.

Pada servis bulutangkis ada beberapa macam servis yang sobat bisa lakukan, diantaranya :
1. Forehand pendek, pemain memukul kok dengan tidak begitu kuat sehingga kok meluncur dan akan jatuh disekitar net.
2. Backhand, dimana servis dilakukan dengan tenaga sedang, tujuannya agar kok bisa jatuh di dekat garis serang lawan dan mendarat setelah sedikit melewati net. Hal ini bertujuan agar lawan kesulitan dalam mengembalikan serangan.
3. Forehand tinggi, dimana teknik ini dilakukan untuk membuat kok melambung tinggi dan jatuhnya cukup jauh dari area net sehingga lawan cukup kesulitan dalam mengembalikan kok.

Gambar Ilustrasi Backhand Servis

Untuk istilah lain dalam memukul kok itu sendiri, ada beragam istilah dan diantaranya :
1. Lob, teknik ini dilakukan dengan cara memukul kok agar bisa terbang setinggi mungkin dan jatuhnya berada di belakang garis lapangan area lawan sehingga lawan menjadi kewalahan dan cepat lelah.
2. Drop Shot, pukulan ini bertujuan untuk mematikan pergerakan lawan dan pukulan ini dilakukan secara lurus serta menggunakan tenaga kecil atau pelan dengan harapan kok jatuh tepat berada di dekat net lawan.
3. Drive merupakan jenis pukulan yang datar. Arah pukulannya pun bisa lurus dan menyilang untuk menyasar sisi samping lawan serta teknik ini dilakukan untuk menyerang maupun bertahan dalam mengembalikan serangan dengan cepat.
4. Netting bertujuan agar kok jatuh tepat di net setelah berhasil melewatinya. Untuk pukulan ini cukup sulit dilakukan, dikarenakan butuh akurasi yang tinggi.
5. Smash, teknik ini dilakukan untuk menyerang dan mematikan gerakan lawan. Pukulan yang dihantarkan sangatlah keras dan menukik kebawah.

Dokumen Pribadi. Lapangan Bulutangkis Upnormal Gorontalo.

Selanjutnya manfaat bermain bulutangkis untuk pekerja apabila sobat rutin menjalankan olahraga ini, yakni diantaranya :
1. Mengurangi resiko serangan jantung, tekanan darah tinggi hingga stroke
2. Tubuh menjadi bugar, berat badan juga bisa susut karena bulutangkis termasuk olahraga yang membakar kalori
3. Otot inti dan persendian jadi lebih kuat dan tidak gampang keropos, khususnya otot betis, paha, panggul, pinggul, lengan hingga punggung.
4. Otak pun menjadi sehat dan akan meningkat fungsi Kognitifnya
5. Stress yang dirasakan saat bekerja seketika hilang dan tidurpun menjadi nyenyak setelahnya
6. Hubungan antara teman dan kolega menjadi makin erat.

Nah itulah penjelasan singkat terkait teknis dasar dalam bermain bulutangkis dan manfaatnya bagi pekerja yah, semoga bermanfaat dan sehat slalu. Go Go Badminton Lovers Indonesia.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image