Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Herawati Fithiyani

Peran Youtube Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika

Sekolah | 2024-12-06 07:02:51

Perkembangan teknologi yang sangat pesat telah membawa kemajuan hampir setiap aspek kehidupan manusia. Salah satu perkembangan yang kita ketahui adalah internet, yaitu teknologi yang memungkinkan kemudahan komunikasi di seluruh dunia dan memungkinkan perolehan dan pertukaran informasi secara cepat.

Dalam dunia pendidikan, internet dimanfaatkan sebagai sumber pengetahuan. Baik di tingkat sekolah maupun perguruan tinggi. Pemanfaatan internet dalam dunia pendidikan ini diterima dengan baik karena memudahkan dalam menerima informasi dengan cepat, sehingga banyak yang tertarik untuk memanfaatkannya sebagai referensi belajar. Terdapat banyak aplikasi yang menyediakan akses yang mudah untuk pembelajaran matematika, salah satunya adalah Youtube.

Youtube adalah salah satu media sosial yang paling banyak diminati oleh masyarakat mulai dari kalangan dewasa hingga anak-anak. Youtube dapat dimanfaatkan sebagai salah satu media pembelajaran. Dalam pembelajaran, media pembelajaran mempunyai peran penting untuk meningkatkan minat belajar siswa serta memberikan gambaran yang jelas kepada siswa agar dapat memahami materi yang disampaikan oleh guru.

Minat belajar sangat penting untuk dikembangkan. Karna minat yang rendah dapat menyebabkan siswa tampak kurang bersemangat dalam mengikuti pembelajaran, kurangnya respon saat guru memberikan pertanyaan di kelas, kurangnya minat baca siswa untuk mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh guru dan menjadikan siswa kurang paham dalam memahami konsep pembelajaran matematika.

Minat adalah rasa suka dan ketertarikan seseorang pada suatu hal atau aktivitas tanpa adanya paksaan dari orang lain. Salah satu alasan youtube banyak diminati adalah youtube dianggap sebagai sosial media yang dapat memberikan segala informasi mengenai perkembangan ilmu dan teknologi. Youtube menyediakan akses mudah untuk menonton ataupun mengunggah video terkait materi yang ingin disampaikan oleh guru.

Persoalan kesulitan siswa dalam memahami pelajaran matematika sudah tidak asing lagi didengar dalam dunia pendidikan. Hal ini juga termasuk tugas guru untuk mengatasi terjadinya masalah ini. Salah satunya guru bisa menggunakan youtube sebagai penunjang pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar siswa. Media pembelajaran ini dapat menciptakan suasana kelas yang menyenangkan. Ketika siswa senang dan nyaman itu akan menimbulkan ketertarikan siswa dalam proses belajar.

Penggunaan video tutorial di youtube yang dijadikan sebagai media ajar dapat memaksimalkan peran guru ke arah yang lebih positif dan produktif. Dengan itu, guru dapat berbagi peran dengan media tersebut sehingga guru akan memiliki banyak waktu untuk memberi perhatian pada aspek-aspek edukatif lainnya pada siswa, seperti membantu kesulitan siswa saat proses belajar, memotivasi belajar, dan pembentukan kepribadian siswa.

Peran guru yang dilakukan dalam pembelajaran menggunakan media pembelajaran youtube yaitu, guru dapat merekomendasikan video yang berkualitas sesuai dengan materi serta memastikan siswa mendapatkan informasi yang tepat. Selain itu, guru dapat menjelaskan terkait materi yang ingin disampaikan dengan membuat video sendiri lalu mengunggahnya di youtube, sehingga siswa dapat lebih mudah memahami materi karna youtube bisa dijadikan sebagai alat bantu visual dalam pembelajaran di kelas.

Setelah guru memberikan materi menggunakan youtube, guru bisa memberikan tugas kepada siswa dan melakukan diskusi dengan teman- temannya di kelas, sehingga guru dapat melihat sejauh mana tingkat pemahaman dan ketertarikan siswa dalam materi tersebut jika menggunakan media pembelajaran youtube.

Selain itu, terkadang guru sudah menggunakan youtube sebagai media pembelajaran namun masih ada siswa yang masih belum paham terkait materi yang disampaikan. Dengan itu, youtube juga bisa memudahkan siswa dalam mengulas materi yang telah disampaikan karena youtube lengkap dengan video langkah-langkah penyelesaiannya, penulisan simbol atau rumusnya, dan video dapat diputar berulang-ulang sesuai dengan kebutuhan siswa.

Marinda, R., Santy, M., Rosyadah, S., & Manurung, A. S. (2022). Penggunaan Media Youtube untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika Kelas V di Sekolah Dasar Kecamatan Cengkareng Jakarta Barat. In Seminar Nasional Ilmu Pendidikan dan Multi Disiplin (Vol. 5, No. 01).

Aswasulasikin, A., Hadi, Y. A., Ibrahim, D. S. M., Suhirman, S., & Pujiani, S. (2021). Penggunaan Video Tutorial dalam Pembelajaran Matematika Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Didika: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 96-110.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image