Pengaruh Media Sosial Terhadap Pertumbuhan dan Perkembangan Usaha PKL
Info Terkini | 2024-11-04 14:51:49Media sosial merupakan platform online yang biasanya digunakan untuk berinteraksi, membagikan ide atau bahkan berkomunikasi. Tapi, media sosial tidak hanya digunakan untuk hiburan atau komunikasi pribadi melainkan bisa digunakan sebagai alat promosi. Sementara itu, menurut RRI, jumlah pengguna media sosial di Indonesia pada tahun 2024 sebanyak 191 juta orang, dengan pengguna aktif sejumlah 167 juta orang. Apakah ada kaitannya dengan usaha Kecil atau pedagang kaki lima? Tentu ada.
Studi terbaru menunjukkan bahwa media sosial tidak lepas dari usaha kecil dan mikro. Usaha kecil dan pedagang kaki lima (PKL) memiliki peran yang penting dalam mendukung ekonomI Indonesia dengan menyediakan barang dan jasa kepada masyarakat serta menciptakan kesempatan kerja yang baru.
Dalam jurnal ‘Peran Media Sosial dalam Meningkatkan kinerja Usaha Kecil Selama Pandemi’ Doe dan Smith menyatakan bahwa aktivitas usaha kecil yang memiliki media sosial dan aktif di dalamnya pada saat pandemi berpengaruh terhadap kinerja usaha tersebut. Li dan Wang dalam jurnal ‘Strategi Pemasaran Digital untuk Usaha Mikro’ berpendapat bahwa pemasaran media sosial yang berkualitas dapat menjadi cara bagi usaha mikro dalam menarik lebih banyak pelanggan dan lebih dikenal. Selain itu, Hernandez dalam jurnalnya ‘Pengaruh Media Sosial Terhadap PKL Lokal’ menambahkan bahwa PKL yang bergerak dibidang media sosial mampu menarik perhatian masyarakat di daerah perkotaan.
Peningkatan penjualan paling banyak dirasakan UKM sebesar 10-50%. Konsisten menjadi tantangan para generasi muda yang menggunakan media sosial sebagai media promosi. Apalagi mereka mengharapkan hasil yang instan tanpa memikirkan berapa lama proses yang dibutuhkan agar usahanya berkembang. Hal tersebut dirasakan langsung oleh saya Ketika ingin mengguanakan media sosial sebagai media promosi.
Konsisten merupakan hal yang cukup mudah dikatakan namun sulit untuk dilakukan karena harus memiliki kesadaran yang tinggi mengenai suatu proses. Jika ingin proses berjalan dengan lancar konsisten merupakan salah satu kuncinya.
Selain konsisten, sabar merupakan point penting dalam memulai usaha. banyak orang bisnis atau pengusaha mengakui bahwa waktu dan keterampilan untuk memproduksi konten yang berguna menjadi tantangan bagi mereka. Bisnis yang dilakukan secara konsisten dalam mengunggah konten seperti gambar produk dan interaksi dengan klien secara konsisten memiliki keterlibatan pelanggan yang tinggi.
Secara keseluruhan, pengaruh media sosial terhadap Usaha Mikro dan PKL sangat besar. Terutama peran dari para generasi muda yang mulai merintis usaha dari media sosial. Dengan memanfaatkan media sosial dengan bijaksana, Usaha Mikro atau PKL dapat meningkatkan resolusi merek mereka, membangun hubungan yang lebih dekat dengan costumer, memasarkan produk atau layanan mereka dengan efektif. Hal ini membantu Usaha Mikro untuk bertahan atau bahkan memperkuat posisi mereka di pasar, meningkatkan penjualan, dan mencapai kesuksesan yang berkelanjutan dalam era digital ini.
Disclaimer
Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.