Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Nur Aisyah Waratama_230

Isu Kemacetan di Bundaran Aloha

Info Terkini | 2024-10-23 17:58:06

Kemacetan merupakan masalah yang sudah sering terjadi di setiap negara salah satunya Indonesia. Kemacetan biasanya tumbuh akibar dari kepadatan penduduk. Jalan raya Aloha adalah jalan utama yang menghubungkan Kabupaten Sidoarjo dengan kota Surabaya, sehingga kawasan Aloha menjadi salah satu titik kemacetan di Sidoarjo. Tepat berada di sisi barat SPBU Aloha atau samping Maspion yang merupakan akses ke bandara Juanda, Sidoarjo. Penyebab kemacetan kronis yang terjadi di Bundaran Aloha, yaitu :

1. Tingginya Volume Kendaraan.

Jumlah kendaraan yang melintas di Bundaran Aloha setiap harinya semakin tinggi karena semakin banyak warga yang membawa kendaraan pribadi dan ada beberapa kendaraan umum. Terutama pada hari kerja di jam-jam sibuk, seperti jam 6-7 pagi dan jam 4-5 sore.

2. Desain Persimpangan yang kompleks

Desain persimpangan yang kurang efektif dan adanya perlintasan kereta api membuat arus lalu lintas menjadi terhambat dan juga terdapat pabrik besar di dekat lokasi dengan ratusan karyawan. Sehingga membuat kemacetan meningkat pada saat jam-jam sibuk.

3. Pergerakan Barang

Aktivitas logistik dan distribusi barang yang semakin tinggi di kawasan tersebut turut berkontribusi pada peningkatan volume kendaraan.

4. Penyempitan Jalan.

Adanya penyempitan jalan akibat pembangungan flyover Aloha yang ditujukan untuk mengurai kemacetan yang sering terjadi di kawasan Aloha.

Kemacetan di Kawasan Aloha tidak hanya menimbulkan ketidaknyamanan bagi pengguna jalan, tetapi juga memiliki dampak negatif dari berbagai aspek kehidupan masyarakat, seperti:

1. Peningkatan Waktu Tempuh

Waktu tempuh menjadi lebih lama, terlebih lagi saat hari kerja di jam-jam sibuk. karena bertepatan juga dengan anak-anak yang berangkat ke sekolah, sehingga mengurangi produktivitas Masyarakat

2. Peningkatan Emisi Gas Buang

Kemacetan menyebabkan kendaraan lebih sering berhenti dan hanya melaju perlahan-lahan, sehingga membuat emisi gas buang jadi meningkat dan memiliki dampak buruk pada kualitas udara, terlebih lagi pada kawasan Aloha.

3. Kerugian Ekonomi

Kemacetan dapat menyebabkan kerugian ekonomi karena produktivitas jadi menurun dan biaya transportasi jadi meningkat.

4. Ketidaknyamanan Masyarakat

Kemacetan yang berkepanjangan ini dapat menimbulkan stress dan frustasi bagi pengguna jalan. Terlebih lagi bagi orang yang berangkat maupun berangkat kerja, karena membuat suasana hati menjadi buruk untuk melanjutkan aktivitas selanjutnya.

Sebagai Upaya untuk mengatasi masalah kemacetan di kawasan Aloha, akhirnya pemerintah memutuskan untuk membangun sebuah flyover di Bundaran Aloha. Pembangunan flyover diharapkan dapat membawa dampak positif bagi masyarakat, seperti memisahkan arus lalu lintas dengan dibangunnya flyover, arus lalu lintas dari berbagai arah dapat dipisahkan, sehingga dapat mengurangi titik pertempuan kendaraan dan meminimalkan potensi terjadinya kemacetan di kawasan Aloha. Kedua, flyover dapat meningkatkan kapasitas menjadi lebih besar sehingga dapat menampung volume kendaraan yang lebih besar. Ketiga, flyover akan menghindari perlintasan kereta api, sehingga tidak ada lagi antrean kendaraan saat kereta api melintas

Dalam sebuah Pembangunan baru tentu saja terdapat tantangan dan peluang. Meskipun pembangungan flyover diharapkan agar bisa menjadi solusi jangka Panjang untuk mengatasi kemacetan di Bundaran Aloha, namun tetap terdapat beberapa tantangan yang perlu dihadapi. Pertama, biaya Pembangunan yang tinggi karena tentunya pembangunan infrastruktur seperti flyover membutuhkan pengeluaran yang sangar besar. Kedua, Pembangunan flyover dapat menyebabkan perubahan pola lalu lintas yang perlu diantisipasi, Ketiga, Pembangunan flyover tentunya membutuhkan perawatan secara berkala untuk menjaga agar fungsinya tetap berjalan dengan baik untuk masyarakat.

Kesimpulan yang dapat diambil dari isu di atas yaitu pembangunan flyover di Bundaran Aloha merupakan langkah yang strategis untuk mengatasi masalah kemacetan di Jalan raya aloha, Sidoarjo, yang telah lama ada. Namun, perlu diingat bahwa kemacetan adalah masalah yang kompleks dan membutuhkan solusi yang menyeluruh. Selain pembangunan infrastruktur, perlu dilakukan langkah-langkah tambahan seperti membangun sistem transportasi publik yang efisien, pengaturan lalu lintas yang lebih baik, dan meningkatkan kesadaran publik akan pentingnya tertib berlalu lintas. Dengan adanya kerja sama antara pemerintah, masyarakat, dan berbagai pihak terkait, diharapkan masalah kemacetan di Bundaran Aloha dapat teratasi dengan optimal dan memberikan manfaat bagi masyarakata yang melintasi wilayah tersebut.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Terpopuler di

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image