Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ary Gunawan

SMPN 3 Ngaglik Gelar Workshop AI dalam Pembelajaran

Eduaksi | 2024-10-23 10:38:18
Dokumentasi Kegiatan (Dok. Pribadi)

Komunitas Belajar (Kombel) SMP Negeri 3 Ngaglik Sleman melaksanakan workshop berbagi praktik baik pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) dalam pembelajaran pada Selasa (22/10) bertempat di Laboratorium IPA sekolah. Bertindak sebagai narasumber dalam kegiatan ini Ary Gunawan, Koordinator Kombel Kopi Pagi SMP Muhammadiyah 3 Depok (SMP Mugadeta).

Kegiatan dimulai dengan informasi kegiatan sekolah oleh wakil kepala sekolah dilanjutkan dengan acara workshop berbagi praktik baik. Kegiatan diikuti sekitar 20 guru SMP Negeri 3 Ngaglik.

Narasumber menyampaikan praktik baik pemanfaatan AI dalam pembelajaran, dimulai dari asisten guru dalam penyusunan modul ajar maupun media dan evaluasi pembelajaran. Beberapa aplikasi AI dikenalkan oleh narasumber yang berbasis chatbot, diantaranya ChatGPT, Gemini, Copilot dan Claude AI. Selain itu, narasumber juga mengajak peserta praktik langsung menggunakan MagicSchool AI untuk efektivitas pembelajaran.

"Dengan bantuan AI, kita dapat menjadikannya sebagai asisten guru dan memperkaya inspirasi maupun sumber belajar. AI memudahkan tetapi jangan sampai ketergantungan karena guru yang sebenarnya tetaplah guru yang tidak tergantikan AI." Demikian disampaikan Ary.

Foto bersama (Dok. Pribadi)

Peserta juga mencoba mengembangkan latihan soal berbasis literasi numerasi menggunakan AI. Dikenalkan pula aplikasi AI berbasis WhatsApp yang dengan mudah dapat digunakan oleh guru.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Terpopuler di

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image