Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Institut Daarul Quran

Sedekah dalam Sudut Pandang Tasawuf dan Fiqih

Eduaksi | Tuesday, 15 Feb 2022, 15:05 WIB

Seperti yang kita ketahui saat ini bersedekah merupakan salah satu instrumen yang ada di dalam masyarakat dan sering terjadi perdebatan. Ada banyak sekali cara untuk mengajarkan seorang muslim bersedekah. Nah menurut sudut pandang ilmu tasawuf maupun fiqih sendiri, bagaimana cara melihat hal tersebut?

Ada beberapa tingkatan dalam fiqih, Fiqih ialah aturan atau standar menurut agama islam, tetapi apabila lebih baik dari aturan maka akan masuk ke ranah tasawuf.

Sedekah dalam ilmu fiqih tentu saja sudah ada aturan yang mengatur berapa jumlah harta yang harus disedekahkan, baik itu sedekah yang baik maupun yang sunnah. Kalau menurut ilmu tasawuf maka sedekah itu sudah lebih dari yang dibahas dalam ilmu fiqih.

Salah satu bedanya Rasulullah dalam bersedekah dibanding umatnya jaman sekarang ialah, apabila Rasulullah selalu gelisah apabila masih mempunyai uang di tangannya. Coba dibandingkan dengan umat jaman sekarang, apakah ada orang yang gelisah karena masih punya uang?

Kita juga seringkali kesulitan untuk meniru 100% sunnah yang dilakukan Nabi, maka dari itu kita coba mulai perlahan dengan mengikuti fiqih.

Ingin tahu jawaban lebih lengkap? Ditambah pembahasan tentang tingkatan-tingkatan keimanan seseorang bisa langsung simak acara kita “Ngopi” episode 2 di channel youtube Institut Daqu atau langsung klik disini.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image