Sedekah dalam Sudut Pandang Tasawuf dan Fiqih

Image
Institut Daarul Qur'an
Eduaksi | Tuesday, 15 Feb 2022, 15:05 WIB

Seperti yang kita ketahui saat ini bersedekah merupakan salah satu instrumen yang ada di dalam masyarakat dan sering terjadi perdebatan. Ada banyak sekali cara untuk mengajarkan seorang muslim bersedekah. Nah menurut sudut pandang ilmu tasawuf maupun fiqih sendiri, bagaimana cara melihat hal tersebut?

Ada beberapa tingkatan dalam fiqih, Fiqih ialah aturan atau standar menurut agama islam, tetapi apabila lebih baik dari aturan maka akan masuk ke ranah tasawuf.

Sedekah dalam ilmu fiqih tentu saja sudah ada aturan yang mengatur berapa jumlah harta yang harus disedekahkan, baik itu sedekah yang baik maupun yang sunnah. Kalau menurut ilmu tasawuf maka sedekah itu sudah lebih dari yang dibahas dalam ilmu fiqih.

Salah satu bedanya Rasulullah dalam bersedekah dibanding umatnya jaman sekarang ialah, apabila Rasulullah selalu gelisah apabila masih mempunyai uang di tangannya. Coba dibandingkan dengan umat jaman sekarang, apakah ada orang yang gelisah karena masih punya uang?

Kita juga seringkali kesulitan untuk meniru 100% sunnah yang dilakukan Nabi, maka dari itu kita coba mulai perlahan dengan mengikuti fiqih.

Ingin tahu jawaban lebih lengkap? Ditambah pembahasan tentang tingkatan-tingkatan keimanan seseorang bisa langsung simak acara kita “Ngopi” episode 2 di channel youtube Institut Daqu atau langsung klik disini.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

0

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Lapas Permisan Nusakambangan Diserbu Lanal Cilacap

Image

Membangun ekosistem industri halal yang kuat dan merata di indonesia

Image

Bantuan Pendanaan Startup Oleh Pemerintah Indonesia Untuk Para Mahasiswa

Image

Ceramah Agama Habib Hadi Asegaf di Ponpes AT-TAUBAH LAPAS KELAS I MALANG

Image

Esay APBN 2022

Image

Black Market Polemik Pengusaha Elit

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image