Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Muhammad Rukhan Asrori, S.S.

Tumbuhkan Jiwa Enterprenuer, SMP DAFI Sidoarjo Luncurkan Ideas Summit 2022!

Eduaksi | Tuesday, 15 Feb 2022, 11:50 WIB
Ustadz Agus Hariadi, S.Pd.I. Al Hafizh tengah menerima gift box usai membuka acara Ideas Summit 2022 dari Ustadz Basuki Rakhmad, M.Pd (Kepala SMP DAFI Sidoarjo) di DAFI Sarirogo (08/02).

Retizen Republika.co.id. SMP Islam Terpadu Darul Fikri Sidoarjo yang berlokasi di Jalan Baitul Mustaqim No. 1 Sarirogo, Kab. Sidoarjo sungguh luar biasa menyelenggarakan berbagai acara untuk para santrinya hingga saat ini. Pada tanggal 08 dan 09 Februari 2022 adalah momen SMP DAFI Sidoarjo mengadakan program sekolah di bawah naungan bidang kesiswaan yang berorientasi pada pengembangan skill / kemampuan santri dalam belajar berwirausaha atau menjadi seorang enterprenuer muda di masa mendatang. Kegiatan ini bernama "Ideas Summit 2022" dengan tema "Raise Your Ideas, Get The Future!".

Direktur DAFI Pesantren Al Quran Science, Ustadz Agus Hariadi, S.Pd.I Al Hafizh menyampaikan pada pembukaan acara bahwa pentingnya ide atau gagasan berwirausaha dimulai dari para generasi muslim yang kreatif dan mampu menciptakan lapangan kerja bagi orang lain adalah pekerjaan yang mulia. Beliau berharap dalam sambutannya bahwa semoga kehadiran dua narasumber muda ini bisa menjadi sumber inspirasi untuk menumbuhkan jiwa enterprenuer di masa yang akan datang.

Kepala SMP DAFI Sidoarjo, Ustadz Basuki Rakhmad, M.Pd. juga turut bangga atas suksesnya penyelenggaraan kegiatan ini yang ditujukan untuk membantu perkembangan minat dan bakat santri dalam berjiwa enterprenuer yang lebih kreatif, inovatif dan bisa menginspirasi. Beliau juga menyampaikan kegiatan Idea Summit ini diperuntukkan menyambut kurikulum merdeka, yang mana siswa diharapkan bisa membuat konsep secara runtut untuk memenuhi tujuan akhir pembelajaran. Sesuai dengan thema yang mengusung ide sebagai kata kunci diharapkan ide dari masing-masing siswa bisa terwadahi disini karena ide itu mahal. Terbukti dengan munculnya ide-ide usaha era digital ini muncul. Luar biasa anak-anak sekarang menjadi pembelajar yang cepat bila kita beri stimulus yang tepat.

Karya Santri Putri berupa ide dalam merancang bisnis atau usaha yang kreatif mendapatkan apresiasi dari narasumber, Kak Fathiya Multazam di SMP DAFI Sarirogo, Sidoarjo.

Alhamdulillah, pihak SMP Islam Terpadu Darul Fikri Sidoarjo mengundang dua narasumber muda yang sangat menginspirasi seluruh santri SMP baik putra maupun putri dimana keduanya memiliki jaringan usaha yang banyak dan sukses di usia muda. Dua narasumber tersebut adalah Kak Hanif Idam Wicaksono (Alumnus DAFI) dan Kak Fathiya Multazam. Mereka berdua adalah wirausaha muda, Kak Hanif (21 tahun) dengan usahanya "Molreng (Cimol Goreng)" dan Kak Fathiya Multazam (24 tahun) dengan usaha bernama "Pathi's Chocolade".

Seperti yang dilansir oleh kontributor, Kak Hanif Idam Wicaksono merupakan alumni sekolah DAFI dimana beliau sangat senang diundang dalam acara spektakuler ini. Kak Hanif ungkapkan perasaannya bahwa saat hari pertama para santri putri sangat heboh, seru dan antusiasnya luar biasa banget minat nya, semua santri putrinya penuh inovasi dan kreatif semua untuk yang putra benar benar tidak sesuai ekspetasi saya bahwa ternyata antusiasnya dan semangatnya membara banget, terlihat banget potensi minat dan planing (perencanaan) yang dibuat semoga santri putra dan santri putrinya bisa menjadi enterpreneur yang soleh dan solehah yang berlandasakan agama Islam.

Kak Hanif sedang foto bersama dua santri putra yang terpilih menjadi salah satu ide bisnis atau usaha yang menarik saat presentasi di SMP DAFI Anggaswangi, Kab. Sidoarjo.

Tak kalah juga perasaan yang diungkapkan oleh Kak Fathiya Multazam. Dia menyampaikan bahwa kegiatannya ternyata seru sekali. Ada sesi "sharing-sharing" pengalaman bisnis ke para santri SMP DAFI, semuanya pada antusias. "Kerasa banget Energi positifnya, keceriaannya, dan semangatnya. Jadi bikin kangen sama masa-masa SMP", ungkap Kak Fathiya. Susunan acaranya juga keren banget, dari urutan Talkshow, demo masak, sampai murid2 harus membuat ide bisnis plan yg diprentasikan di depan, sambungnya.

Kak Fathiya Multazam dengan melakukan demo masak membuat coklat bersama para santri putri di SMP DAFI Sarirogo, Kabupaten Sidoarjo.

Waka Kesiswaan juga bertindak sebagai ketua panitia dalam kegiatan ini, Ustadz Lukman Setiawan, S.Pd. menyampaikan kesan dalam acara ini, "Alhamdulillah acara ini bisa berjalan dengan lancar, para santri terlihat sangat antusias dan bahagia, para narasumbernya sangat menginspirasi sekali. Mereka muda tapi sudah punya usaha, Dan yang terpenting mereka dekat dengan Alquran"

Selain itu beliau juga sampaikan pesan yakni semoga para santri dapat mengambil banyak ilmu yang sudah dibagikan oleh narasumber. Sehingga sedini mungkin, mereka mampu merumuskan formula yang tepat untuk melangkah ke tahap/fase selanjutnya, terarah dan terencana dengan baik.

Selain itu, Ustadz Lukman menegaskan bahwa motivasi yang dibangun dalam kegiatan ini bahwa para santri SMP DAFI ini mempunyai potensi-petensi positif yang luar biasa, maka dari itu perlu adanya wadah yang tepat untuk mengembangkan potensi-potensi tersebut. Serta tujuan dari kegiatan ini adalah agar sejak di bangku SMP, mereka sudah punya gambaran ide bisnis/usaha atau bahkan bidang apa yang akan mereka tekuni, kembangkan dan amalkan. Sehingga ketika terjun di masyarakat kelak, mereka sudah siap bersaing secara sehat serta menginspirasi masyarakat luas baik di dalam maupun di luar negeri. Mereka harus menjadi agen-agen Muslim yang berdikari, Mandiri, serta bermanfaat bagi sekitar.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image