Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Andi Rahmadi

Beras Kancur, Jamu Tradisional yang Kaya Khasiat

Kuliner | Monday, 14 Feb 2022, 21:05 WIB

Jamu tradisional merupakan pilihan yang sangat populer bagi masyarakat Indonesia, terlebih di daerah pedesaan yang kental dengan berbagai macam jamu herbal. Salah satunya adalah beras kencur, jamu ini terkenal berkahsiat mulai dari peningkat nafsu makan hingga menjaga kadar gula darah tetap normal.

Kandungan gizi beras kencur tergolong lengkap, dalam 100 gramnya terdapat Kalori : 250 kalori, Lemak : 0,4 gram, Karbohidrat : 45 gram, Protein : 4,3 gram, Serat : 0,6 gram, Natrium, Kalium, Zat Besi, Kalsium, Ethyl-p-methoxycinnamate, hingga Eucalyptol.

Manfaat Beras Kencur

https://www.pooc.org/beras-kencur/" />
khasiat beras kencur - sumber foto : https://www.pooc.org/beras-kencur/

1. Meningkatkan Nafsu Makan

Bagi masyarakat pedesaan pastinya tidak asing dengan beras kencur yang sering dijadikan peningkat nafsu makan bagi anak. Khasiat ini sangat penting bagi orang yang sering kehilangan nafsu makan, padahal tubuh memerlukan banyak asupan gizi untuk tetap terjaga kesehatannya.

2. Menjaga Gula Darah Tetap Normal

Menurut hasil penelitian departemen farmasi Universitas Tanjungpura, beras kencur dapat membantu menurunkan kadar glukosa darah kemudian mempertahankannya ke tingkat yang normal. Karena itu konsumsi jamu beras kencur sangat berkhasiat bagi orang yang mengalami masalah kadar gula darah tinggi.

3. Menurunkan Stres dan Depresi

Aktivitas dan pekerjaan berat harian terkadang membuat kita mengalami tekanan emosional yang kuat hingga mengalami depresi dan stres. Ada berbagai cara untuk menurunkan stres, salah satunya meminum jamu tradisional seperti beras kencur.

Beras kencur memiliki sifat antidepresan yang efektif dalam menenangkan saraf pusat otak. Hal ini membuat stres dan depresi kita dapat turun dengan cukup signifikan.

4. Mengatasi Diare

Khasiat selanjutnya dari jamu beras kencur adalah dapat mengatasi masalah diare yang biasa disebabkan oleh infeksi pada saluran pencernaan. Nah beras kencur merupakan bahan alami yang bersifat sitotoksik dan antibakteri yang efektif dalam membantu meredakan diare. Manfaat ini bisa didapatkan dengan konsumsi satu porsi (satu gelas) jamu beras kencur.

Efek Samping Konsumsi Berlebihan

Walaupun kaya akan manfaat, konsumsi beras kencur yang berlebihan dapat menimbulkan berbagai efek negatif seperti sering buang air kecil, menurunkan energi, hingga masalah sakit perut. Jadi sebaiknya konsumsi jamu ini dalam porsi yang tepat dan jangan berlebihan.

Sumber : https://www.pooc.org/beras-kencur/

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image