Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Hidayatulloh

Membeli Daging Halal di Islamic Mosque Miskolc, Hungary

Gaya Hidup | Saturday, 12 Feb 2022, 22:18 WIB

Meskipun tinggal di Hongaria, Eropa Tengah yang penduduknya mayoritas memeluk agama Katolik, saya bersyukur karena kota Miskolc memiliki masjid. Setiap Jumat saya dan kawan-kawan mahasiswa internasional yang beragama Islam dapat mengunjungi masjid yang berjarak sekitar lima kilometer dari kampus Universitas Miskolc. Dengan bus 20 jurusan Miskoltapolca-Repülőtér/BOSCH, saya berangkat dari Egyetemi Kollégium/halte dekat kampus menuju jalan Huba yang merupakan lokasi masjid.

Sebagai muslim, mengonsumsi daging halal merupakan salah satu keyakinan ajaran agama yang saya anut. Oleh sebab itu, saya selalu berusaha hati-hati dalam belanja makanan dan minuman di negara yang mayoritas penduduknya non-muslim. Dalam tulisan ini, saya menceritakan pengalaman belanja daging halal di masjid sebagai referensi pembaca muslim yang akan memilih studi di Universitas Miskolc.

Saat masuk ke gerbang bangunan masjid, saya melewati ruang dapur di sebelah kiri. Dalam dapur, saya mendapatkan mesin freezer besar tempat penyimpanan daging ayam potong segar, nugget ayam, dan/atau daging kalkun. Saya dapat mengambil sendiri dan membayarnya kepada pegawai masjid atau imam masjid yakni Syeikh Najih. Transaksi pembelian daging halal dilakukan setelah tiap shalat Jumat. Saya dan kawan-kawan mengambil daging sesuai pilihan lalu membayarnya secara tunai. Sayang sekali tidak tersedia pembayaran dengan kartu debit/kredit. Jadi saya harus siapkan uang tunai forint jika ingin belanja.

Saya pernah beli satu ekor daging ayam segar seberat kurang lebih dua kilogram dengan harga 2.070 forint. Saya bayar dengan uang tunai pecahan 5.000 forint. Lalu diberikan uang kembalian 3.000 forint. Sehingga saya punya utang belanja 70 forint. Syeikh Naijh sampaikan bayar kemudian hari. Memang sudah jadi tradisi dan saling percaya diantara jamaah, jika ada kurang bayar dapat dilaksanakan Jumat berikutnya. Suasana kekeluargaan lebih nampak dalam transaksi di masjid.

Dalam kesempatan lain, saya pun pernah beli dua bungkus nugget ayam dengan harga 1.800 forint per kilogram. Dibandingkan dengan daging ayam utuh yang harus diolah terlebih dahulu, nugget ayam jadi alternatif instan menikmati daging ayam di rumah. Kelebihan lainnya adalah masa penyimpanan nugget lebih lama di kulkas.

Sebelumnya saya pernah menulis tentang pengalaman mencari daging halal di kota Miskolc. Silakan baca juga disini https://retizen.republika.co.id/posts/15355/berburu-daging-halal-di-kota-miskolc-hongaria. Adapun cerita tentang masjid sudah dapat dibaca juga disini https://retizen.republika.co.id/posts/31093/shalat-jumat-di-masjid-kota-miskolc-hongaria.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image