Membanggakan, Dua Siswa STP Khoiru Ummah Jember Ini Lulus Tasmi' dengan Nilai Mumtaz

Image
Santuso
Eduaksi | Friday, 11 Feb 2022, 17:21 WIB
Salah satu siswa Sekolah Tahfizh Plus Khoiru Ummah Jember, Abdul Qodim Zallum lulus tasmi' juz 29 dengan nilai mumtaz pada Sabtu (29/1)

Sebagai sekolah tahfizh, STP Khoiru Ummah Jember mengadakan tasmi Al-Qur’an setiap bulannya. Agenda ini berupa siswa membacakan hafalannya sebanyak satu juz kepada guru penguji. Jika hafalan tersebut memenuhi syarat, maka siswa yang bersangkutan dinyatakan lulus dan boleh lanjut hafalan ke juz berikutnya.

Tasmi Al-Qur’an di awal semester genap ini telah dilaksanakan pada Sabtu (29/1/2022). Agenda ini dilaksanakan secara langsung di sekolah.

Koordinator Tahfizhul Qur’an STP Khoiru Ummah Jember tingkat SD, Ustad Abu Kayyis mengatakan, ada 15 siswa yang ikut tasmi kali ini. Semua siswa tersebut lulus tasmi dan dua di antaranya lulus dengan predikat memuaskan. “Alhamdulillah, saya bangga karena pada tasmi kali ini ada dua siswa yang lulus dengan predikat mumtaz,” terangnya.

Ada dua poin penilaian tasmi yaitu durasi yang dibutuhkan dan jumlah kesalahan dalam membacakan hafalan satu juz. “Kedua siswa yang lulus tasmi dengan predikat mumtaz itu bernama Sa’ad Abdul Majid dari kelas 2 dan Abdul Qodim Zallum dari kelas 3,” tuturnya. Mereka berdua mampu membacakan hafalannya juz 29 di hadapan guru penguji dalam kurun waktu kurang dari 1 jam dan dengan 0 kesalahan.

Sa'ad Abdul Majid, satu siswa lainnya di STP Khoiru Ummah Jember yang juga lulus tasmi' juz 29 dengan nilai sempurna

Ustad Abu Kayyis juga menyampaikan, selain tasmi-nya mendapat nilai sempurna, Saad Abdul Majid juga termasuk siswa yang hafalannya cepat. Itu karena ananda sudah mampu menghafal juz 29 saat masih kelas 2. Padahal target yang dicanangkan oleh sekolah, siswa kelas 2 mampu menghafal satu juz awal yaitu juz 30.

Adapun urutan hafalan di STP Khoiru Ummah tingkat SD, lanjut dia, dimulai dari juz 30, 29, 28, 1, 2, dan 3. Target hafalan di setiap jenjang kelas berbeda-beda. Secara akumulatif, siswa kelas 1 ditarget mampu menghafal setengah juz, kelas 2 ditarget hafal satu juz, kelas 3 ditarget hafal dua juz, kelas 4 ditarget hafal tiga setengah juz, kelas 5 ditarget hafal lima setengah juz, dan terakhir kelas 6 ditarget hafal hingga enam juz secara mutqin atau sempurna.

Lebih lanjut, Kepala STP Khoiru Ummah Jember, Yuniar Firdaus turut mengucapkan bangga atas prestasi yang diraih oleh para siswa. “Selamat untuk ananda Sa’ad dan Zallum yang berhasil memberikan persembahan terbaik untuk ayah bunda. Selamat juga kepada semua anak sholih-sholihah yang lain yang telah lulus tasmi hari ini. Semoga Allah menjaga semangat dalam menghafal dan mengamalkan Al-Qur’an,” tutupnya.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

teacher, reporter, blogger - mistertuso.my.id

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Pecah Rekor! Pegawai Bapas Lahat Kemenkumahm Sumsel Tembus 7,7 KM

Image

Meriahkan HDKD ke-77, Lapas Sekayu Gelar Fun Bike dan Virtual Run

Image

Aktivitas Gunung Merapi Sepekan: Terjadi Pertumbuhan Kubah Lava Barat Daya

Image

PKKMB Universitas Indonesia 2022, Aditya Yusma: Diplomasi Budaya Cegah Tumbuhnya Paham Radikalisme d

Image

Jelang Kesiapan Piala Kasad Liga Santri PSSI Tahun 2022, Kajasdam XII/Tpr Pimpin Technical Meeting

Image

Krisis Berlarut, Partai Baru Punya Peluang Besar Lolos dan Memenangi Pemilu 2024

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image