Tes Mandalika: Panduan Tes Pabrik demi Pabrik
Olahraga | 2022-02-11 00:13:51Apa yang kita pelajari dari Sepang dan apa yang bisa kita harapkan dari Indonesia?
Para pebalap MotoGP™ siap untuk melanjutkan tes pramusim 2022 dan akan datang tiga hari ini di Sirkuit Pertamina Mandalika yang baru di Indonesia. Ini akan menjadi waktu yang penting bagi para pebalap untuk tidak hanya mempelajari tata letak – yang akan menjadi tuan rumah Putaran 2 musim ini – tetapi juga memastikan apa yang berhasil pada motor mereka, dan apa yang tidak.
Jadi mari kita lihat apa yang kita pelajari dari Tes Sepang dua hari dari masing-masing pabrik, dan apa yang bisa kita lihat di Tes Mandalika.
Ducati
Ducati meninggalkan Tes Sepang di kaki depan pada timesheets berkat Enea Bastianini (Gresini Racing MotoGP™), dengan sophomore menempatkan di lap tercepat yang pernah di Sepang di GP21-nya. GP22 baru juga berhasil dengan baik, dengan mesin baru menunjukkan peningkatan dalam kecepatan tertinggi dan aero baru dan asupan udara yang diperbarui tetap menjadi perlengkapan. Namun, umpan balik dari para pebalap di Sepang menunjukkan bahwa masih ada margin untuk perbaikan dan pabrikan Borgo Panigale akan bersemangat untuk menyelesaikan segalanya di depan Qatar. Perangkat ride-height Ducati yang diperbarui – yang tampaknya sekarang menurunkan bagian depan dan belakang mesin – kemungkinan akan mencuri lebih banyak headline di Mandalika juga.
Aprilia
Pabrik Noale adalah salah satu pencuri utama Tes Sepang. Setelah 1-2 pada Hari 1, mereka mengakhiri tes kedua dan kelima masing-masing – dengan Aleix Espargaro dan Maverick Viñales terdengar positif tentang mesin 2022 baru yang lebih sempit. Espargaro memuji peningkatan dalam kecepatan berbelok dan menikung, meskipun ia masih belum memutuskan sasis mana yang terbaik. Aprilia telah mengatakan sejak Tes Jerez bahwa Mandalika akan menjadi tempat mereka akan menyelesaikan mesin. Akankah mereka memiliki kecepatan yang sama dengan kita menuju Indonesia? Dan apakah ada lebih banyak inovasi di loker?
Suzuki
Suzuki juga menjadikan perbaikan mereka sebagai tindakan utama. Pabrikan Hamamatsu mengkonfirmasi bahwa mereka telah meningkatkan mesin mereka dalam mencari kecepatan tertinggi tanpa mengorbankan aset GSX-RR yang sudah mapan, dan ada riak minat naik turun pitlane di step forward yang dipamerkan di Sepang. Dilaporkan ada beberapa komentar yang lebih bervariasi dari pengendara mengenai pembaruan aero dan sasis, tetapi dengan banyak hal yang berhasil. Bagaimana tarif Suzuki di sekitar 17 puncak Mandalika?
Yamaha
Marque Iwata menginginkan kecepatan tertinggi menuju 2022 dan dilaporkan ada langkah kecil ke depan, tetapi tidak cukup. Manajer Tim Monster Energy Yamaha Maio Meregalli mengakui bahwa mereka mengharapkan peningkatan yang lebih besar dan sebagai gantinya, pekerjaan difokuskan untuk menemukan lebih banyak keuntungan melalui aero. Meregalli juga mengatakan bahwa “ujian sesungguhnya” akan ada di Mandalika, jadi hampir waktunya bagi Yamaha untuk memilih arah mereka setelah tiga hari mencoba dan memaksimalkan YZR-M1 2022.
Honda
RC213V baru adalah salah satu atraksi paling menarik dari pra-musim sejauh ini, seperti kembalinya Juara Dunia delapan kali Marc Marquez (Tim Repsol Honda). Nomor 93 pulih dan bersemangat untuk beranjak, meskipun merasa cukup lelah setelah kembali ke medan pertempuran, dan merupakan Honda tercepat di Sepang. Dia mengatakan dia perlu menemukan batasannya, tetapi positif tentang paket itu. Honda akan terus menyempurnakan mesin baru di Mandalika, dengan semua pembalap – Marc Marquez, Pol Espargaro dari Repsol Honda, Alex Marquez (LCR Honda Castrol) dan Takaaki Nakagami (LCR Honda Idemitsu) – mengerjakan motor 2022.
KTM
Banyak yang akan memberikan lebih dari sekadar pfennig untuk pemikiran KTM karena pabrik Austria terus membuktikan malu-malu. Manajer Tim Balap Pabrik KTM Red Bull baru Francesco Guidotti memang mengkonfirmasi rencana keseluruhan di Sepang, bagaimanapun, dengan KTM mencari untuk menemukan dasar yang kuat untuk memulai musim dan kemudian menggunakannya sebagai batu loncatan pengembangan setelah tahun 2021 yang lebih sulit. Mengevaluasi suku cadang baru dan memeriksa kembali banyak hal dari tahun lalu, semuanya sudah siap untuk Miguel Oliveira dan Brad Binder dari Red Bull KTM Factory Racing, bersama pembalap penguji Mika Kallio dan Legenda MotoGP™ Dani Pedrosa – dengan rookie Tech3 Remy Gardner dan Raul Fernandez, tentu saja , lebih fokus pada mesin dan adaptasi mereka sendiri.
(sumber: motogp.com)
***
Solo, Jumat, 11 Februari 2022. 12:13 am
'salam olahraga penuh cinta'
Suko Waspodo
Disclaimer
Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.