Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Institut Daarul Quran

Keutamaan Surah Al-Fatihah yang Harus Kamu Ketahui

Eduaksi | Thursday, 10 Feb 2022, 18:16 WIB

Al-Fatihah merupakan surah pertama dalam Al-Qur’an yang memiliki arti “Pembukaan” dan memiliki 7 ayat. Menjadi surah yang selalu dibaca oleh umat muslim setiap hari Al-Fatihah mempunyai beberapa keutamaan. Apa saja keutamaannya? Yuk kita simak bareng-bareng.

1.Induknya Al-Qur’an

Sebagai Ummul Quran dan Ummul Kitab, hal ini sesuai dengan hadits Rasulullah Shallallahu Alaihi Wassalam:

ﺍﻟْﺤَﻤْﺪُ ﻟِﻠَّﻪِ ﺃُﻡُّ ﺍﻟْﻘُﺮْﺁﻥِ ﻭَﺃُﻡُّ ﺍﻟْﻜِﺘَﺎﺏِ ﻭَﺍﻟﺴَّﺒْﻊُ ﺍﻟْﻤَﺜَﺎﻧِﻲ

Artinya: “surah alhamdulillah (yaitu Al Fatihah) adalah ummul quran, ummul kitab dan as sab’ul matsani (tujuh ayat yang berulang-ulang” (HR. Tirmidzi).

2.Sebagai Penyembuh (Obat)

surah Al-Fatihah juga memiliki keutamaan sebagai penyembuh berbagai penyakit, diantaranya kista, kanker, tumor dan beberapa penyakit lainnya. Allah Subhanahu Wa Ta’ala sudah berfirman dalam surah Al-Isra’ ayat 82 :

وَنُنَزِّلُ مِنَ الْقُرْاٰنِ مَا هُوَ شِفَاۤءٌ وَّرَحْمَةٌ لِّلْمُؤْمِنِيْنَۙ وَلَا يَزِيْدُ الظّٰلِمِيْنَ اِلَّا خَسَارًا

“Dan Kami turunkan dari Al-Qur'an (sesuatu) yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang yang beriman, sedangkan bagi orang yang zalim (Al-Qur'an itu) hanya akan menambah kerugian” (QS. Al-Isra’ : 82).

3.Dimudahkan dalam Belajar

surah Al-Fatihah menjadi surah yang pertama ketika kita membuka Al-Qur’an. Ketika kamu membacanya sebelum belajar maka Allah akan melancarkan segala niat baik, dimudahkan mencapai tujuan, serta dijauhkan dari hambatan.

4.Surah yang Mulia

Dalam sebuah riwayat bahwa Abu Sa’id bin Mu’alla berkata, “pada suatu hari, aku sedang shalat di Masjid. Selesai shalat, aku dipanggil Rasulullah. Kemudian Rasulullah pun bersabda, ‘Aku akan mengajarkanmu sebuah surah yang teragung di dalam alquran sebelum engkau keluar dari masjid.’

Kemudian Abu Sa’id bertanya, ‘Surah apakah itu wahai Rasulullah?’. Rasulullah SAW kembali bersabda, ‘(Ia adalah surah) Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam. Ia adalah tujuh ayat yang diulang-ulang (dalam setiap rakaatnya) dan al-Qur’an yang agung yang diberikan kepadaku’,” (HR Bukhari, Abu Dawud, dan Nasa’i).

5.Bacaan Ruqyah

Keutamaan lainnya dari surah Al-Fatihah yang tidak kalah penting adalah surah ini bisa dijadikan sebagai bacaan Ruqyah. Maka dari itu sangat penting untuk mengetahui makna yang terkandung dalam surah Al-Fatihah.

Hal ini tercantum dalam hadis Rasulullah Shallallahu Alaihi Wassalam yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim yang berbunyi sebagai berikut :

"Wahai Rasulullah, aku tidaklah meruqyah kecuali dengan membaca surah Al Fatihah." Rasulullah SAW lantas tersenyum dan berkata, "Bagaimana engkau bisa tahu Al Fatihah adalah ruqyah (bisa digunakan untuk meruqyah)?"

Itulah beberapa keutamaan surah Al-Fatihah, hanya dengan izin Allah maka semua itu akan tercapai, jangan lupa terus berusaha dan berdoa. Setelah mengetahui keutamaan Al-Fatihah semoga bisa membuat kita semakin rajin beribadah dan jauhi dari larangan-Nya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image