Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Hamdani

Pengumuman! DPMPTSP Aceh Buka Program Partners Up bagi UKM, Segera Daftar Sebelum Ditutup

Info Terkini | Wednesday, 09 Feb 2022, 20:26 WIB
Flayer Informasi Program Partners Up DPMPTSP Aceh. (Dok DPMPTSP)

Banda Aceh - Pemerintah Aceh melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Aceh membuka kembali program kemitraan investasi UKM atau Program Partners-Up (Investment Partneship for SMEs Scaling Up).

Program ini menyasar Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang ada di Aceh ini diharapkan dapat meningkatkan kelas usaha. Ada beberapa kriteria UKM yang memiliki kesempatan naik kelas lewat kemitraan investasi ini.

Diantaranya, UKM yang melakukan usahanya di wilayah Provinsi Aceh, memiliki legalitas usaha yang diwajibkan sesuai dengan bidang usahanya seperti Nomor Induk Berusaha (NIB), izin usaha dan izin komersial. Memiliki laporan keuangan sesuai dengan standar akuntansi yang berlaku. Serta memiliki semangat dan tekad untuk memajukan usahanya.

UKM yang terpilih nantinya akan mendapatkan pendampingan penyusunan laporan keuangan. Penyusunan analisis pasar. Penyusunan business plan (rencana bisnis) dan pemasaran. Kemudian, penyusunan prospectus usaha. Pelatihan cara investor pitching dan partisipasi dalam business matching UKM dan investor potensial dalam dan luar negeri.

Adapun syarat ketentuannya, melampirkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) berdomisili di Aceh. Melampirkan perizinan usaha (NIB, PIRT, Halal, dil). Melampirkan laporan keuangan tiga tahun terakhir. Menyerahkan rancangan proposal bisnis. Terpenting belum pernah mengikuti program Partners-Up ini pada tahun 2021.

Konsultan UMKM Aceh, Hamdani, mengatakan program kemitraan investasi untuk UKM naik kelas atau Investment Partnership for SMEs Scalling Up ini merupakan kesempatan bagi pelaku UMKM untuk mengembangkan bisnis.

"Ini kesempatan bagus bagi UMKM yang ingin berkembang dan membuka diri untuk bermitra," kata Hamdani.

Kepala DPMPTSP, Marthunis, menyampaikan program Partners Up akan berlanjut di tahun 2022, tentu dengan menambahkan hal-hal baru dari sebelumnya.

"Tahun ini tahun pertama pelaksanaan. Ada pembelajaran disana, yang mungkin akan diperbaiki di tahun depan. That’s how we progress or innovate," sebutnya.

"Sepakat, kita ingin agar UKM Aceh bisa menjadi perusahaan yang seharusnya sebagai pelaku bisnis. Melakukan kemitraan adalah salah satu strategi supaya UKM menjadi lebih mandiri secara bisnis," ungkap Marthunis.

Untuk diketahui, pendaftaran dibuka mulai 8-16 Februari 2022. Pengumuman UKM terpilih minggu kedua bulan Maret 2022. Daftar melalui link pendaftaran: http://bit.ly/seleksi_partners-up_2022 atau hubungi 0813 6269 6878.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image