Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Drajad Dwi

Jarang Diketahui, Inilah Manfaat Mengkonsumsi Bawang Putih Bagi Kesehatan

Eduaksi | Tuesday, 08 Feb 2022, 15:58 WIB

Penggunaan bawang putih dalam masakan untuk meningkatkan aroma dan citarasa tentu sudah tidak asing lagi khususnya bagi masyarakat Indonesia. Selain sebagai bumbu dapur, ternyata bawang putih juga digunakan sebagai obat tradisional yang aman untuk dikonsumsi karena mengandung lebih dari 100 metabolit sekunder. Oleh karena itu, banyak manfaat mengkonsumsi bawang putih bagi kesehatan, penyembuhan penyakit, dan meningkatkan stamina tubuh.

Bawang putih memiliki bau yang cukup menyengat karena sebagian besar mengandung senyawa belerang yang akhirnya berpengaruh pada aroma dan rasanya. Bagi sebagian orang, aroma yang dihasilkan bawang putih sangat mengganggu sehingga penggunaannya sebagai obat tradisional sering diabaikan. Meskipun bawang putih memiliki aroma yang cukup menyengat, berikut ini segudang manfaat dari bawang putih bagi kesehatan yang tidak boleh diabaikan.

1. Menurunkan Kadar Gula Darah

Diabetes merupakan penyakit kronis yang ditandai dengan tingginya kadar gula di dalam darah akibat tidak diserap tubuh dengan baik. Penelitian yang telah dilakukan menyebutkan bahwa bawang putih dapat menurunkan kadar gula dalam darah karena mengandung senyawa allisin dan alliin. Kedua senyawa tersebut dipercaya dapat merangsang pankreas untuk mengeluarkan insulin lebih banyak sehingga tubuh dapat menyerap gula dengan baik.

2. Mengendalikan Tekanan Darah

Hipertensi merupakan penyakit kardiovaskuler yang ditandai dengan naiknya tekanan darah penderita melebihi batas normal yang biasanya menyerang pria dan wanita dewasa. Untuk mengendalikan tekanan darah, penderita hipertensi disarankan untuk mengkonsumsi bawang putih sekitar 134 gram per bulan. Penderita hipertensi tidak perlu mengkonsumsinya secara langsung karena penggunaan bawang putih sebagai bumbu masakan sudah terbukti mampu menekan peluang terjadinya hipertensi.

3. Menurunkan Kadar Kolesterol

Seseorang yang mengalami masalah kegemukan rentan terkena hiperkolesterolemia yaitu suatu keadaan dimana kadar lemak dalam darah mengalami kenaikan. Tingginya kadar kolesterol dalam darah dapat menyebabkan penyakit kardiovaskuler yang apabila tidak ditangani secara cepat dapat membahayakan keselamatan penderitanya. Kelompok senyawa alil sulfida yang terkandung dalam bawang putih dapat menurunkan kolesterol dalam darah sehingga baik dikonsumsi secara rutin.

4. Mencegah Pembentukan Sel Kanker

Manfaat mengkonsumsi bawang putih secara rutin yang dapat dirasakan oleh tubuh manusia yaitu mencegah pembentukan sel kanker khususnya kanker lambung dan usus. Bawang putih bersifat anti-kanker karena dapat menghambat dan menyebabkan kematian sel kanker sehingga pembentukan sel kanker dapat dicegah. Organosulfur dan selenium merupakan dua senyawa yang diduga mampu mengikat senyawa karsinogen penyebab munculnya sel kanker dalam tubuh.

5. Meredakan Infeksi

Sebagai obat tradisional, bawang putih banyak digunakan untuk meredakan infeksi karena sifatnya sebagai agen anti mikroba yang mampu menghambat pertumbuhan mikroba. Pertumbuhan mikroba yang dapat dihambat bawang putih sangat luas mencakup virus, bakteri, protozoa, dan jamur. Sehingga tidak mengherankan apabila bawang putih digunakan untuk meredakan infeksi dan mengobati radang serta pilek bahkan bisa meningkatkan daya tahan tubuh.

6. Mencegah Penyakit Jantung

Senyawa allicin dan adenosin yang terkandung dalam bawang putih dapat mengurangi penumpukan plak pada arteri koroner. Selain itu, senyawa tersebut juga dapat mengurangi pembekuan darah dan menstabilkan tekanan darah sehingga penting bagi penderita kardiovaskuler. Dengan rutin mengkonsumsi bawang putih, seseorang yang bermasalah pada jantung dan sistem metabolisme tidak lagi perlu khawatir terjadi penumpukan plak pada arteri koroner.

BACA JUGA: manfaat jus seledri bagi kesehatan

Demikianlah beberapa manfaat mengkonsumsi bawang putih secara rutin untuk kesehatan, penyembuhan penyakit, dan daya tahan tubuh yang tidak boleh diabaikan. Karena berasal dari alam, penggunaan bawang putih sebagai obat herbal tentu lebih aman apabila dikonsumsi dalam jumlah sewajarnya. Jika tidak ingin mengkonsumsinya secara langsung, penggunaan bawang putih sebagai bumbu masakan juga terbukti efektif untuk mengobati penyakit. Mengkonsumsi bawang putih dengan madu bisa juga di lakukan agar rasanya agar lebih enak

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image