Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Institut Daarul Quran

Nama-Nama Surga yang Terkandung dalam Al-Qur’an

Eduaksi | Saturday, 05 Feb 2022, 21:06 WIB

Dalam Islam, surga merupakan tempat di alam akhirat yang diciptakan Allah Subhanahu Wa Ta’ala untuk orang-orang yang beriman dan bertakwa. Sebagai umat beriman kita harus meyakini adanya surga sebagai balasan-Nya atas amal sholeh yang dilakukan manusia.

Penjelasan tentang pintu surga itu termaktub dalam surat Az-Zumar ayat 73,

وَسِيقَ الَّذِينَ اتَّقَوْا رَبَّهُمْ إِلَى الْجَنَّةِ زُمَرًا ۖ حَتَّىٰ إِذَا جَاءُوهَا وَفُتِحَتْ أَبْوَابُهَا وَقَالَ لَهُمْ خَزَنَتُهَا سَلَامٌ عَلَيْكُمْ طِبْتُمْ فَادْخُلُوهَا خَالِدِينَ

Artinya: "Dan orang-orang yang bertakwa kepada Tuhannya diantar ke dalam surga secara berombongan. Sehingga apabila mereka sampai kepadanya (surga) dan pintu-pintunya telah dibukakan, penjaga-penjaganya berkata kepada mereka, "Kesejahteraan (dilimpahkan) atasmu, berbahagialah kamu! Maka masuklah, kamu kekal di dalamnya," (QS. Az-Zumar : 73).

Berikut ini nama-nama surga beserta penghuninya berdasarkan firman Allah Subhanahu Wa Ta’ala :

1. Surga Fidaus

Tingkatan surga Firdaus adalah yang paling utama dan paling tinggi derajatnya bagi umat Muslim. Penjelasan tentang surga firdaus telah disinggung dalam surat Al-Kahfi ayat 107 yang berbunyi,

إِنَّ الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ كَانَتْ لَهُمْ جَنَّاتُ الْفِرْدَوْسِ نُزُلًا

Artinya: "Sungguh, orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan, untuk mereka disediakan surga Firdaus sebagai tempat tinggal," (QS. Al-Kahfi : 107).

Adapun calon penghuni surga ini adalah orang beriman yang khusyu dalam sholat, menunaikan zakat, menjaga diri dan menghindari zina, dan senantiasa menaati perintah-perintah Allah.

2. Surga ‘Adn

Surga 'Adn adalah surga yang Allah ciptakan dari intan putih dan menjadi surga bagi orang-orang yang mukmin, baik laki-laki maupun perempuan. Firman Allah mengenai surga Adn dapat disimak dalam surat As-Shaff ayat 12,

يَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ وَيُدْخِلْكُمْ جَنَّاتٍ تَجْرِي مِنْ تَحْتِهَا الْأَنْهَارُ وَمَسَاكِنَ طَيِّبَةً فِي جَنَّاتِ عَدْنٍ ۚ ذَٰلِكَ الْفَوْزُ الْعَظِيمُ

Artinya: "niscaya Allah mengampuni dosa-dosamu dan memasukkan kamu ke dalam surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, dan ke tempat-tempat tinggal yang baik di dalam surga 'Adn. Itulah kemenangan yang agung."

3. Surga Na'im

Surga Na'im penuh dengan kenikmatan dan keberkahan bagi para penghuninya, karena mereka bisa meminta makanan, minuman, pakaian, tempat tinggal, serta kebahagiaan lahir dan batin. Ini sesuai dengan firman Allah dalam surat Luqman ayat 8,

إِنَّ الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ لَهُمْ جَنَّاتُ النَّعِيمِ

Artinya: "Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal-amal saleh, bagi mereka surga-surga yang penuh kenikmatan," (QS. Lukman : 8).

4. Surga Ma’wa

Surga Ma'wa adalah tingkatan surga yang ditujukan kepada umat Muslim yang selalu takut kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Hal ini dijelaskan dalam surah An-Naziat ayat 40 dan 41.

وَاَمَّا مَنْ خَافَ مَقَامَ رَبِّهٖ وَنَهَى النَّفْسَ عَنِ الْهَوٰىۙ

Dan adapun orang-orang yang takut kepada kebesaran Tuhannya dan menahan diri dari (keinginan) hawa nafsunya,

فَاِنَّ الْجَنَّةَ هِيَ الْمَأْوٰىۗ

maka sungguh, surgalah tempat tinggal(nya).

5. Surga Darussalam

Yang artinya rumah keselamatan dan akan menjadi tempat tinggal yang kekal bagi penghuninya. Yaitu orang-orang yang beriman dan bertakwa kepada Allah, merenungkan tanda-tanda kebesaranNya, dan orang yang selalu mengakui kebesaran Allah.

Allah berfirman dalam surat Al An'am ayat 127,

لَهُمْ دَارُ السَّلَامِ عِنْدَ رَبِّهِمْ ۖ وَهُوَ وَلِيُّهُمْ بِمَا كَانُوا يَعْمَلُونَ

Artinya: "Bagi mereka (disediakan) tempat yang damai (surga) di sisi Tuhannya. Dan Dialah pelindung mereka karena amal kebajikan yang mereka kerjakan."

6. Surga Darul Muqomah

Surga Darul Muqomah memiliki arti kekal dan abadi. Allah akan menghilangkan duka cita para penghuni surga ini, yaitu umat Muslim yang kerap berbuat kebaikan dan jarang melakukan maksiat. Keberadaan pintu surga ini dijelaskan dalam surat Fathir ayat 35,

ٱلَّذِىٓ أَحَلَّنَا دَارَ ٱلْمُقَامَةِ مِن فَضْلِهِۦ لَا يَمَسُّنَا فِيهَا نَصَبٌ وَلَا يَمَسُّنَا فِيهَا لُغُوبٌ

Artinya: "Yang menempatkan kami dalam tempat yang kekal (surga) dari karunia-Nya; didalamnya kami tiada merasa lelah dan tiada pula merasa lesu."

7. Surga Maqamul Amin

Salah satu nama-nama surga Maqamul Amin diperuntukkan Allah Subhanahu Wa Ta’ala untuk hambaNya yang benar-benar bertakwa. Allah berfirman dalam surat Adh-Dhukhan ayat 51,

إِنَّ ٱلْمُتَّقِينَ فِى مَقَامٍ أَمِين

Artinya: "Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa berada dalam tempat yang aman."

8. Surga Khuldi

Penghuni surga khuldi adalah orang yang taat menjalankan perintah Allah sebagaimana yang termaktub dalam surat Al Furqan ayat 15,

قُلْ أَذَٰلِكَ خَيْرٌ أَمْ جَنَّةُ الْخُلْدِ الَّتِي وُعِدَ الْمُتَّقُونَ ۚ كَانَتْ لَهُمْ جَزَاءً وَمَصِيرًا

Artinya: "Katakanlah (Muhammad), "Apakah (azab) seperti itu yang baik, atau surga yang kekal yang dijanjikan kepada orang-orang yang bertakwa sebagai balasan, dan tempat kembali bagi mereka?"

Nah itu dia nama-nama surga dan penghuninya nama-nama surga yang disebutkan di Al-Qur’an. Semoga berguna untuk meningkatkan iman, ibadah dan taqwa pada Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image